PENGARUH ORIENTASI PASAR, INOVASI DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN (STUDI EMPIRISDI UMKM BATAKO KECAMATAN KEPIL KABUPATEN WONOSOBO)
orientasi pasar, inovasi, orientasi kewirausahaan, kinerja pemasaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar inovasi, orientasi kewirausahaan terhadap strategi bersaing dan pengaruh pengalaman terhadap strategi bersaing. Untuk menganalisis pengaruh strategi bersaing terhadap kinerja pemasaran pada UMKM batako di Kecamatan Kepil. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo. Dalam penelitian ini, pengambilan sampel menggunakan teknik sensus sampling yaitu teknik mengambil sampel dengan mengikut sertakan semua anggota populasi untuk dijadikan sampel. Jadi jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 UMKM Batako. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Orientasi Pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran (H1 diterima). Artinya bahwa pengusaha yang berorientasi untuk memperluas jangkauan pemasaran akan merencanakan kinerja pemasaran dengan baik. Inovasi berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran (H2 diterima). Artinya bahwa pengusaha yang selau melakukan inovasi dalam berproduksi akan membuat kinerja pemasaran yang dirancangnya menjadi lebih baik. Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran (H3 diterima). Artinya pengusaha yang mempunyai jiwa kewirausahaan akan selalu merancang strategi keunggulan dengan matang.
Downloads
References
Amabile, Teresa M. (1996). Assesing The Work Environment For Creativity. Academy of Management Journal. p.1154-1184.
Bharadwaj, Sundar G, P.R.Varadarajan, & Fahly, Jihn. (1993). SustainableCompetitive Advantage in Service Industries: A Conceptual Model andResearch Propositions. Journal of Marketing. Vol.57,Oktober,p.83-99.
Cooper, Robert G. (2000). Product Inovation and Technology Strategy. Journal Research Technology Management. p.38-41.
Damairia, A., 2013. Determinant of Successful Organisational Innovation: A Review of Current Research. Journal of Management Practice, Vol.3 (1), pp: 95-119
Droge, Cornelia & Shownee Vickrey. (1994). Source and Outcomes of Competitive Advantage: An Explanory Study in The Furniture Industry. DecisionSciences. p.669-689.
Ferdinand, Augusty. (2010). Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategy. Research Paper Series. No.01 Program Magister Manajemen UniversitasDiponegoro.
Ferdinand, Augusty. (2005). Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen. Seri Pustaka Kunci No.06 Program Magister ManajemenUniversitas Diponegoro.
Frees, S. 2002. Manajemen Entrepreneurship: Kiat Sukses Menjadi Wirausaha. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Gatignon, Hubert & Jean Marc Xuerob. (1997). Strategic Orientation of The Firm and new Product Performance. Journal of Marketing Research. p.77-79.
Ghozali, Imam, 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. BP Undip, Semarang.
Ghozali, Imam, 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. BP Undip, Semarang.
Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. BP Undip, Semarang.
Greenley, Hooley,(1995). Strategic Planning Differences Among Different Multiple Stakeholder Orientation Profiles Journal of Strategic Marketing, September,pp:163-182
Hadjimonalis, Anthanasios (2000), An Investig ion of Innovation Atecendent in Small Firms in the Contex of A Small Developing Country , Journal of R&D Management, 30, 3, pp. 235-245
Hart, H. 1992. Competitive Advantage Achievement through Innovation and Knowledge, Journal of Competitiveness, ISSN 1804-171X, Vol.5, No.1.
Indriantoro, Nur & Supomo. (1999). Metodelogi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. BPFE. Yogyakarta.
Kementrian Koperasi dan UMKM. 2014. Kebijakan Pengembangan Dan Pemberdayaan KUMKM
Koh, Hian Chye. (1997). Testing Hypothesis of Entrepreneurial Characteristics: A Study of Hongkong MBA Students. Journal of Managerial Psychology.p.1-11.
Kohli, A.K., & Jaworski, B.J. (1990). Market Orientation: The Construct, Research Proposition, and Managerial Implication. Journal of Marketing. p.1-18.
Kotler, Philip. 2001. Dasar Dasar Pemasaran. Jakarta : Prenhallindo
Kottler, Philip. (1997). Marketing Management. Edisi 8. Prentice Hall International.
Li, Ling X. (2000). An Analysis of Sources of Competitiveness and Performance of Chinese Manufacturers. International Journal of Operation and Production Management. Vol.20,No.3.
Li, Tiger & Roger J. Calantone. (1998). The Impact of Market Knowledge Competence on New Product Advantage: Conceptualization and EmpiricalExam. Journal of Marketing. Vol.62,Oktober,p.13-29.
Lumpkin G.T. & G.G. Dess, (1996), Clarifying the Entrepreneurial Orientation Construct and Linking it to Performance,. Academy of Management Review, 21; 135-172
Wahyono (2013). Orientasi dan inovasi : Pengaruhnya terhadap kinerja pemasaran. Jurnal Manajemen Vol. 12. Maret.
Ferdinand, Augusty (2010) Structural EquationModel dalam penelitianmanajemen bab orientasi pasar, strategi, dan kinerjapasar. Alat analisis yang digunakan adalah Partial Least Squares (PLS).
Setyawati, Harini Abrilia(2013). Pengaruh Adaptabilitas LingkunganDan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kualitas Aliansi UntukMeningkatkan Keunggulan Bersaing (Studi Kasus PT. Pos Indonesia Wilayah Jawa Barat). Economic Journal.Vol. 22. No.8.
Miller, D. (1983). The Correlates of entrepreneurship in three types of firms. Management Science, 29, 770-791.
Morris, H.Michael, dan Pamela S Lewis.(1995). The Determinants of Entrepreneurial Activity, Implication for Marketing. European Journal of Marketing.Vol.29,No.7.
Narver, J.C., & Slater, S.F. (1990). The Effect of Market Orietation on Product Innovation. Journal of Marketing. p.20-35.
Narver, J.C., & Slater, S.F. (1995). Market Orientation and The Learning Organization. Journal of Marketing. p.63-74.
Nasir, Mohamad & Agus Handoyo. (2003). Pengeruh Orientasi Wirausaha Terhadap Kinerja Perusahaan Kecil Dengan Lingkungan dan StrategiSebagai Variabel Moderat. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia.Vol.12,p.89-104.
Neshamba, 2013. Innovation Strategy and Financial Performance in Manufacturing Companies: An Empirical Study, Production and Operation Management, p. 15-37.
Nunnally, J.C. 1967. Psychometric Theory, McGraw-Hill, New York, NY.
Porter, Michael, E. (1990). Competitive Strategy. The Free Press. New York,p.20.
Porter, M.E. (1980), Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors, New York: Free Press.
Purwanti, Ira dan Hudiwinarsih. 2012. Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Strategi Pemasaran guna Meningkatkan Kinerja Perusahaan, Thesis, Universitas Diponegoro, Semarang
Satyagraha, Hadi. (1994). Keunggulan Bersaing dan Aliansi Strategis: Resefinisi SWOT. Usahawan. No.4,Th.XXIII.
Setyawati, Harini Abrilia (2013) yang meneliti tentang Pengaruh Adaptabilitas Lingkungan Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kualitas Aliansi Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing (Studi Kasus PT. Pos Indonesia Wilayah Jawa Barat). Jurnal Strategic Management. No VI
Suci, R. P. (2013). Peningkatan Kinerja Melalui Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis (Studi pada Industri Kecil Menengah Bordir di Jawa Timur). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 11 (1: Maret): 46-58.
Sugiato, 2014. ManagerialEconomics,dalamPerekonomian Global, Edisi Keempat, Jilid I, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Suryana, 2003. Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menunju Sukses, Edisi Revisi, Penerbit: Salemba Empat, Jakarta.
Uncles, Mark. (2000). Market Orientation. Australian Journal of Management. Vol.25,No.2.
Utama, M.Wandra (2012). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Keunggulan Bersaing Dan Persepsi Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Prediksi Variabel Moderasi (Survey pada UMKM Perdagangan di Kabupaten Kebumen).Jurnal Kewirausahaan 7 (Juli): 46-58.
Wahyono. (2013). Orientasi Pasar dan Inovasi: Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol.1,No.1,Mei.
Weerawardena, Jay. (2003). Exploring The Role of Market Learning Capability in Competitive Strategy.European Journal of Marketing. Vol.37,p.407-429.