PENGGUNAAN MODUL BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER MANDIRI SISWA

  • Siti Sarah Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sains Al Qur‟an (UNSIQ) Wonosobo
  • Siti Ngaisah Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sains Al Qur‟an (UNSIQ) Wonosobo
Keywords: modul berbasis inkuir, hasil belajar fisika, karakter mandiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adakah perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan modul berbasis inkuiri dan siswa yang menggunakan modul konvensional, (2) adakah perbedaan karakter mandiri antara siswa berkemampuan tinggi dan siswa berkemampuan rendah terhadap hasil belajar siswa yang belajar menggunakan modul berbasis inkuiri. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain factorial. Populasi penelitian adalah siswa MAN Wonosobo Kelas X tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 276 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Melalui teknik cluster random sampling, terpilih kelas XE (34 siswa) dan kelas XD (37 siswa) masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi, tes dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji-t dan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar mengunakan modul berbasis inkuiri dan siswa yang belajar menggunakan modul konvensional. Uji gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan modul berbasis inkuiri (64%) lebih besar dibanding siswa yang belajar menggunakan modul konvensional (56%); (2) ada perbedaan pengaruh karakter mandiri siswa dengan kategori kemampuan tinggi dan rendah terhadap hasil belajar siswa yang belajar menggunakan modul berbais inkuiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diknas. 2004. Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikdasmenum.

Direktorat Pembinaan SMA, Dirjen Dikmen. Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Kemendiknas.

Hamalik, O. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Maretasari, E., Subali, B., dan Hartono. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Sikap Ilmiah Siswa. Unnes Physics Education Journal 1 (2): 27-31.

Nasution. 2011. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwadarminta. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajran Yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Sudjana, N. 1991. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengaajar. Bandung: Sinar Baru.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Zaini, H., dkk. Strategi Pembelajaran aktif, Center For Teaching Staff Developmen (CTSD) UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta: Insan Madani.
Published
2016-05-30
How to Cite
SarahS. and NgaisahS. (2016) “PENGGUNAAN MODUL BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER MANDIRI SISWA”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 3(2), pp. 114-120. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v3i2.345.
Section
Articles
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 2 times