PEMBANGUNAN RUMAH TEMPAT TINGGAL DI TEPI SUNGAI SEBAGAI TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH DENGAN FONDASI BATU KALI (STUDI KASUS: MLANDI SUMBERDALEM KERTEK WONOSOBO)

  • Herlina Susilawati Program Studi Teknik Sipil Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
Keywords: volume, konstruksi, pondasi, aanstamping, spesi, sloof

Abstract

Pegunungan di daerah Wonosobo merupakan daerah yang mempunyai suhu cukup rendah/dingin dibandingkan dengan daerah lain. Suhu udara yang cukup rendah/dingin tersebut mempengaruhi masyarakat dalam mendesain rumah tinggalnya. Beberapa bahan bangunan pilihan dari masyarakat setempat untuk rumah tinggalnya antara lain dindingnya terdiri dari dinding kayu, batu bata, batako, sesuai dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat pegunungan. Penelitian ini merupakan penelitian yang melihat pembangunan rumah tempat tinggal di tepi sungai sebagai tempat pembuangan sampah dengan pondasi batu kali. Study kasus: Mlandi Sumberdalem Kertek Wonosobo. Hasil yang didapat adalah kondisi untuk ruang luar lebih tidak nyaman dibanding dengan ruang dalam untuk rumah tinggal di tepi sungai yang aktif

References

Endang, 2012, Pondasi Batu Kali Rumah Sederhana, Hal: 1-10, Bandung Hermawan, 2014, Karakteristik rumah tinggal tradisional di daerah pegunungan Jawa Tengah, Jurnal PPKM UNSIQ III (2014) 13-20 Prianto, E., 2012, Strategi disain fasad rumah tinggal hemat energi. Riptek Vol.6, No.I, Hal : 55 65 Samodra, FX T.B. dan Santosa, M., 2006, Pola Penghunian dalam Transformasi Altitude dan Kontribusinya dalam Sistem Ventilasi Rumah Tinggal Pedesaan, Seminar Nasional : Transformasi Teknologi untuk Peningkatan Kualitas Hidup Manusia- Universitas Teknologi Yogyakarta.

Selamet, 2012, Materi Pendidikan Bahan Bangunan, Hal: 191-199, Padang, Sumatra Barat
Published
2016-01-30
How to Cite
Susilawati, H. (2016) “PEMBANGUNAN RUMAH TEMPAT TINGGAL DI TEPI SUNGAI SEBAGAI TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH DENGAN FONDASI BATU KALI (STUDI KASUS: MLANDI SUMBERDALEM KERTEK WONOSOBO)”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 3(1), pp. 20-29. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v3i1.331.
Section
Articles