SISTEM PAKAR SEBAGAI ALAT BANTU MENGATASI MASALAH (STUDI KASUS KERUSAKAN SEPEDA MOTOR)

  • Adi Suwondo Program Studi Teknik Informatika Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
Keywords: sistem pakar, basis pengetahuan, kerusakan

Abstract

Mekanik sepeda motor dalam menganalisa kerusakannya sampai menentukan solusi yang tepat untuk diterapkan pada sepeda motor melewati langkah yang bertahap, pertama, apa keluhan pengguna akan keadaan sepeda motor, kemudian menganalisa masalah, mengembangkan pengetahuan, penyebab dari masalah yang timbul serta memberikan solusi yang dapat dikerjakan. Hal ini berturut – turut dilakukan oleh seorang mekanik sepeda motor, dengan jumlah kerusakan dan masalah yang timbul baik masalah yang telah hafal diketahuinya maupun masalah baru yang dapat sewaktu – waktu muncul dari permasalahan yang ada, seorang mekanik akan meruntut satu persatu hingga menemukan hasil akhir yang sesuai.
Pengetahuan dan daya ingat dari seorang mekanik dituntut untuk tidak menduplikasi masalah yang sebenarnya sudah dapat diselesaikan pada waktu terdahulu tetapi karena keterbatasan ingatan, masalah yang sebenarnya sudah memiliki dokumen tiba – tiba dapat hilang tanpa ada sedikitpun tersisa, sementara sebenarnya masalah yang ada pada sepeda motor sudah ditemukan solusinya dari kejadian yang pernah dilakukan pula.
Dari ulasan di atas pada penelitian ini akan dibuat sebuah sistem pakar yang memiliki basis pengetahuan dari mekanik yang telah direkam dalam database, sehingga solusi yang dicari dapat dengan cepat di bankitkan kembali melalui sistem yang akan dirancang

References

Kusrini, S.Kom, 2006, Sistem Pakar Teori Dan Aplikasi, Andi Yogyakarta,
Mahyunir, Tavrid, 1989, Analisa dan Perancangan Sistem Pengolah Data, Elexmedia Computindo, Jakarta.
Sutanta Edhy, 2004, Algoritma Teknik Penyelesaian Permasalahan Untuk Komputasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Tim Penerbit Andi, 2003, Pengembangan Sistem Pakar Menggunakan Menggunakan Visual Basic, Andi, Yogyakarta.
Widodo Nugroho, 2003, Pengembangan Sistem Pakar Menggunakan Visual Basic, Andi Yogyakarta
Published
2014-05-01
How to Cite
Suwondo, A. (2014) “SISTEM PAKAR SEBAGAI ALAT BANTU MENGATASI MASALAH (STUDI KASUS KERUSAKAN SEPEDA MOTOR)”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 1(2), pp. 89-101. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v1i2.241.
Section
Articles