APLIKASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DI SMK TAKHASSUS KALIBEBER WONOSOBO

  • Adi Suwondo Program Studi Teknik Informatika Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
Keywords:
perpustakaan, sirkulasi, sistem informasi

Abstract

Sirkulasi buku pada perpustakaan adalah kegiatan rutin yang membutuhkan pencatatan pada setiap transaksinya, didalam catatan tersebut anggota maupun buku-buku perpustakaan akan berbeda identitas dan riwayat tanggal pinjam kembalinya, sehingga terjadi tumpukan transaksi sirkulasi yang cukup banyak. Histori transaksi ini setiap saat harus dapat dibuka kembali untuk melakukan proses apakah pengembalian atau peminjaman. Sebagai akibatnya petugas perpustakaan harus benar-benar membuka dan mengingat kembali untuk tiap-tiap transaksi sirkulasi, belum lagi harus menghitung lama pinjam, apakah telat mengembalikan, apakah anggota tersebut masih aktif dan lain sebagainya. sehingga dibutuhkan suatu sistem automasi untuk membantu transaksi sirkulasi, membuka histori dengan cepat, dan melakukan perhitungan-perhitungan yang diperlukan.
Era sekarang telah muncul berbagai brand software aplikasi yang terpaket dengan aplikasi-aplikasi lain, di dalam paket tersebut sudah terdapat banyak aplikasi untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya mulai dari pengolah kata, angka, data, presentasi, surat elektronik dan lain sebagainya. Dengan aplikasi tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antony Pranata, 2003, Pemrograman Delphi 6 edisi 4, Andi Yogyakarta,
Kendal, Keneth E., Analisis dan Perancangan Sistem, PT. Prenhallindo, Jakarta, 2003
Kristanto, Harianto, Konsep dan Perancangan Database, Andi Yogyakarta, 2000.
Leod, Raymond MC., Sistem Informasi Manajemen, PT. Prenhallindo, Jakarta, 2003
Sutrisno, Hadi, Metodologi Research Jilid 2, Andi Offset, Yogyakarta, 2000.
Published
2014-01-02
How to Cite
SuwondoA. (2014) “APLIKASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DI SMK TAKHASSUS KALIBEBER WONOSOBO”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 1(1), pp. 31-39. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v1i1.231.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 172 times
PDF downloaded = 199 times