AKSENTUASI GROWTH MINDSET DALAM PENDAMPINGAN PENERAPAN DISIPLIN POSITIF BAGI USTADZ/USTADZAH DI PESANTREN DI JAWA TENGAH
growth mindset, pendampingan, disiplin positif, pesantren
Abstract
Kemampuan mengendalikan pikiran dan keyakinan terhadap potensi
yang dimiliki setiap diri adalah modal utama untuk
mengembangkan pola pikir tumbuh. Namun sayangnya banyak
orang berpikir stangnan atau bahkan mundur. Melalui Kegitan
Penerapan Disiplin Positif Bagi Ustadz/Ustadzah di Pesantren Di
Jawa Tengah, dengan pendekatan kualitatif, menghasilkan
kesimpulan ; bahwa pola pikir berkembang (growth mindset)
membantu meraih kesuksesan. Menanamkan growth mindset,
menjadikan cenderung berpikir positif, memperbaiki kualitas
diri, mampu menikmati segala tantangan hidup terlepas dari
dampak buruk yang akan datang dan menghargai segala proses
yang dilalui. Cara menanamkannya dengan fokus dan hargai
kekurangan, menghadapi tantangan dengan berani, menerima
kritik dengan bijak, perkuat kelebihan perbaiki kekurangan dan
belajar sepanjang hayat.
Downloads
References
Sejarah & Dasar – Dasar Psikologi.
Yogyakarta: Kalimedia.
Alvian. (2022, April 22). interview tentang fokus
dan proses dalam hidup.
Ananda. (2022, Maret 3). Pikiran Negatif:
Penyebab, Efek, dan Cara Mengatasinya.
Retrieved from https://www.gramedia.com/
Arikunto, S. (2017). Manajemen Penelitian (13
ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Dokumentasi Pelatihan Penerapan Disiplin
Positif, 30/1/2022 (Panitia Januari 30,
2022).
Duskin-Feldman, R. (2006). A Child's World:
Infancy Through Adolescence (10nd ed.).
New York: McGraw-Hill.
Dweck, C. (2006). Mindset: The New
Psychology of Success. New York: Random
House Publishing.
Dwiaty, N. (2011). The Miracle of Berpikir
Positif. Jakarta : Laskar Aksara.
Fuad, Z. (2022, April 22). Interviw tentang
Tantangan.
Herabadi , A. (2007). Hubungan Antara
Kebiasaan Berpikir Negatif tentang Tubuh
dengan Body Esteem dan Harga Diri. Jurnal
Makara, 2(1), 18-23.
Indiyana. (2022, April 22). Interview tentang
Belajar Sepanjang Hayat.
Kemkes. (2018, Januari 30). Lupakan Depresi,
Berikut 4 Masalah Kesehatan Akibat
Pikiran Negatif. Retrieved from
https://promkes.kemkes.go.id/
Muzaki. (2022, April 22). Interview tentang
Kritik.
Nawawi, E. (2022, Mei 17). Balik Pesantren;
Semangat Baru dengan Growth Mindset.
Retrieved from https://bata-bata.net/
NCBI. (2004, Jan). Effective Discipline for
Children. Paediatr Child Health, 9(1), 37–
41. doi:10.1093/pch/9.1.37
Nelsen, J. (2006). Positive Discipline. New
York: Ballantine Books.
NSPCC. (2007, Oktober 14). Encouraging
Better Behavior - A Practical Guide to
Positive Parenting. Retrieved April 2, 2022,
from https://web.archive.org/web/
Nugroho. (2017). Melatih Kekuatan Pikiran dan
Daya Ingat Setajam Silet. Yogyakarta:
Araska.
Permana, B. (2021, Apr 21). Growth Mindset
Adalah Pola Pikir Berkembang, Begini
Cara Memilikinya. Retrieved Apr 24, 2022,
from https://www.sehatq.com/
Rosa, M. (2020, December 22). Pengaruh
Berpikir Positif Terhadap Imunitas Tubuh
Selama Masa Pandemi. Retrieved from
https://rdk.fidkom.uinjkt.ac.id/
Shihab, N. (2018). Keluarga Kita : Mencintai
dengan Lebih Baik. Jakarta: Teras Sebelas.
Smenyak, S. (2012). The Difference Between
Discipline and Child Abuse. Los Angeles:
Demand Media.
Sudijono, A. (2017). Pengantar Evaluasi
Pendidikan (15 ed.). Jakarta: Rajawali
Press.
Sugiono. (2021, November 29). Growth Mindset
Pola Pikir Berkembang untuk
Pembelajaran. Retrieved from
https://alfityanmedan.sch.id/
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumardiono. (2007). Homescholling A leap for
better learning (Lompatan Cara Belajar).
Jakarta: Elex Media Komputindo.
Tugino. (2022, April 22). Interview tentang
kekurangan dan kelebihan diri.
Usman, H., & Akbar, P. S. (2017). Metodologi
Penelitian Sosial (3nd ed.). Jakarta: Bumi
Aksara.
Verplanken, B. (2006). Beyond Frequency:
Habit as Mental Construct. British Journal
of Social Psychology.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.