IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN SELF DIRECTED LEARNING MAHASISWA

  • Hendri Purbo Waseso Universitas Sains Al-Qur'an
  • Salis Irfan Fuadi UNSIQ
Keywords:
Blended learning, Whatsapp, Self Directed Learning

Abstract

Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi pembelajaran berbasis blended learning menggunakan whatsapp dapat meningkatkan self directed learning mahasiswa, mengubah mindset mahasiswa mengenai pentingnya self directed learning yaitu dengan tidak hanya mengandalkan pembelajaran tatap muka di kelas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian adalah Classroom action research model McKernan diadopsi dalam penelitian ini sebagai metode penelitian yang berisi tujuh tahapan yaitu penjabaran masalah, assessment kebutuhan, hipotesis gagasan, action plan, implementasi rencana, evaluasi dan keputusan-keputusan. Tahapan tersebut dilaksanakan setidaknya dalam dua siklus tindakan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, anecdotal record, dan self assessment. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menarasikan setiap hasil analisa data yang telah dilakukan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Berdasar penelitian yang sudah di laksanakan dapat di simpulkan bahwa mahasiswa mereka menjadi lebih siap dalam menerima pembelajaran, kesan teratur dan pendewasaan diri terlihat pada pembelajaran ini. Mahasiswa menjadi dapat mengontrol banyaknya pengalaman belajar yang terjadi dan dimiliki, perkembangan keahlian dan wawasan serta mengkaitkan materi satu sama lainnya, dapat mengubah diri pada kinerja/performansi yang paling baik, manajemen diri mahasiswa, dan motivasi diri dan penilaian diri. Hal ini sesuai dengan tujuan dari Self Directed Learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiharti, Rini dkk. Penggunaan Blended Learning dengan media Moodle untuk Meningkatkan Kemampuan kognitif Siswa SMP, Cakrawala Pendidikan, Tahun XXXIV, Nomor 1, Februari 2015.

Dewi, Citra Ayu, Pengaruh Blended Learning Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Mataram Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Prisma, Vol. 1, Nomor 1, Juni 2013.

Fahrurrozi, Muh. Majid, Muhip Abdul, Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 1 Selong Tahun Pelajaran 2017/2018, JPEK, Vol. 1, No. 1, Juli 2017.

Hadiansyah, Muhammad Haris, Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Kemahiran Menyimak di MAN 1 Tulungagung, Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, Oktober 2017.

Hayat, Muhammad Saipul dkk, Strategi Evaluasi Program Perkuliahan Biologi Berbasis Blended Learning, Jurnal Bioedukatika, Vol. 5, No. 2, Tahun 2017.

Herliana, Fitria, Yetti Supriyati & I Made Astra, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA, Prosiding Seminar Nasional Fisika, Fakultas MIPA Universitas Negeri Jakarta, Oktober 2015.

Hopkins, David, 2011, A Teacher’s Guide To Classroom Research, Terj. Achmad Fawaid, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Katun & Sri Raras Siswandini ASP, Implementasi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS-2 SMA N 5 Jember Semester Gasal Tahun 2015/2016, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 9, No. 2, 2015.

Prajana, Andika, Pemanfaatan Aplikasi Whastapp Dalam Media Pembelajaran di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, Vol. 1, No. 2, Oktober 2017.

Sari, Milya, Blended Learning; Model Pembelajaran Abad ke 21 di Perguruan Tinggi, Ta’dib, Vol. 17, No. 2, Desember 2014.
Published
2020-05-30
How to Cite
WasesoH. and FuadiS. (2020) “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN SELF DIRECTED LEARNING MAHASISWA”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(2), pp. 202-212. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i2.1275.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times