Peran Hubungan Komunikasi Pemasaran Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen E-Commerce Shopee

Penulis

  • Agus Yudianto Universitas Wiralodra Indramayu
  • Bahtiar Efendi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo

DOI:

https://doi.org/10.32699/magna.v4i1.9047

Kata Kunci:

Komunikasi, kepercayaan, loyalitas konsumen

Abstrak

Tujuan -  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menjelaskan  penerapan strategi hubungan komunikasi pemasaran dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan  dalam  e-commerce.

Metode – Penelitian Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kausal. Analisis data berupa: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pencatatan dokumen, yang dianalisis menggunakan regresi ganda, uji validitas, uji realibilitas.

Hasil - Hasil menunjukan bahwa perusahaan melakukan strategi komunikasi pemasaran dengan mengacu kepada komunikasi pemasaran terpadu dengan melakukan proses strategi berupa: periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, dan hubungan masyarkat. Dengan adanya proses strategi yang dilakukan selama ini membantu dalam meningkatkan brand awareness masyarakat luas, meningkatkan brand image perusahaan, dan meningkatkan penjualan bagi perusahaan serta kepercayaan pelanggan.

Implikasi -  Meningkatkan brand image dan kepercayaan pelanggan menciptakan hubungan jangka panjang yang lebih kuat dengan konsumen. Dengan menciptakan citra yang positif melalui komunikasi yang konsisten, pelanggan akan lebih loyal dan lebih cenderung untuk melakukan pembelian berulang.

Orisinalitas - yang diterapkan oleh perusahaan merujuk pada cara unik dan inovatif dalam menyampaikan pesan pemasaran yang membedakan perusahaan dari pesaing di pasar. Hal ini berhubungan dengan pemilihan pendekatan, kanal, dan cara menyampaikan pesan yang tidak hanya menarik tetapi juga menciptakan kesan mendalam di benak konsumen.

Diterbitkan

2025-01-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Peran Hubungan Komunikasi Pemasaran Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen E-Commerce Shopee. (2025). Journal of Economics, Management, and Business, 4(1), 75-91. https://doi.org/10.32699/magna.v4i1.9047