Tasmiimu Al- Wasaail At- Ta’limiyyah “FM Smart Finger” Fii Darsi Sharf Li-Tsanah At-Tsaaniyyah

Tasmiimu Al- Wasaail At- Ta’limiyyah “FM Smart Finger” Fii Darsi Sharf Li-Tsanah At-Tsaaniyyah

Penulis

  • Neng Rosi Resmalasari Dewi Universitas Darussalam Gontor
  • Agus Yasin Universitas Darussalam Gontor
  • Maulida Sholehati Universitas Darussalam Gontor
  • Mikyal Kaisa Al- Azhar University Cairo, Egypt

DOI:

https://doi.org/10.32699/liar.v8i2.7962

Kata Kunci:

Instructional Design, FM Smart Finger, Shorof

Abstrak

Studi ini meneliti tantangan dalam pembelajaran shorof di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor, Kampus Putri 2, di mana metode pengajaran tradisional menyebabkan hasil belajar siswa yang kurang optimal. Untuk meningkatkan efektivitas pengajaran, sebuah alat inovatif bernama "FM Smart Finger" dikembangkan, yang dirancang khusus untuk mengajarkan fi'il mu'tal kepada siswa kelas 2 KMI. Dengan menggunakan desain penelitian eksperimen, data dikumpulkan melalui kuesioner, tes, dan dokumentasi. Analisis T-test mengungkapkan peningkatan kinerja akademik yang signifikan di antara siswa yang menggunakan "FM Smart Finger" dibandingkan dengan mereka yang menggunakan metode tradisional. Studi ini menyoroti potensi alat bantu pengajaran inovatif dalam meningkatkan hasil belajar shorof. "FM Smart Finger" menawarkan pendekatan baru dalam mengajarkan konsep linguistik yang kompleks, membuka jalan bagi penelitian lebih lanjut dan penerapan yang lebih luas di berbagai konteks pendidikan.

Referensi

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Ahmad Suharto. (2015). Menggali Mutiara Perjuangan Gontor. Namela.
Ahmad Suharto. (2017). Melacak Akar Filosofis Pendidikan Gontor. Namela.
Aini, A. N., Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Negeri, I., Ampel, S., Artikel, I., Learning, A. L., & Learners, B. (2024). Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah sebagai Pembelajar Pemula. 3(3), 288–295. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i3.2692
Akbar, R., Siroj, R. A., Win Afgani, M., & Weriana. (2023). Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(Vol 9 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan), 465–474. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3165
Arsyam, M., & M. Yusuf Tahir. (2021). Ragam Jenis Penelitian dan Perspektif. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 37–47. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.17
Berliani, D., Sutri, E., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2024). Tathwir Mawad al- Ta’lim Maharat al - Kalam ‘ala Assas Afkar Dat Bao. 08(01), 1–4.
Limbong, I. E. (2021). Aspek Finansial Pendidikan Islam. Jurkam: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 1(3), 147–154.
Natsir. (2017). Pendekatan Analisis Morfologi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 1(2), 41–48.
Nisa, R. H., Utami, D., & Ramadlan, F. H. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Ma’had Al-Zaytun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 2942–2952. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11334/8796
Nurhidayati, A. N., Erlina, E., Hijriyah, U., & Kesuma, G. C. (2022). Tathwîr Wasîlah at-Ta’lîm al-Bashariyyah al-Mutaharrikah al-Qâimah ‘alâ Android fî Tadrîs at-Tarkîb. International Journal of Arabic Language Teaching, 4(01), 136. https://doi.org/10.32332/ijalt.v4i01.4670
Robi’ah, S., Shodiq, M. J., Tukimin, T., & Astuti, H. (2023). Development of interactive multimedia for Arabic vocabulary learning through Android applications. International Journal of Arabic Language Teaching, 5(02), 301. https://doi.org/10.32332/ijalt.v5i02.7957
Rudi Susila. (2009). Media Pembelajaran. Wacana Prima.
Salih, Jamaan Alzahrani & Ismaya, I. (2021). Designing Materials for Teaching Arabic to Speakers of Other Languages/تصميم مواد تعليم اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى. Jurnal Al-Maqayis, 8(2), 50–73. http://36.92.225.6/index.php/maqoyis/article/view/5003
Salma Mudjahidah Az-zahra, Aan Hedrayana, & Rudi Hariyadi. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Power Point Dalam Pengajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas Vii Di Smpit Al-Muqorrobin Kota Cilegon. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 799–808. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.1988
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&DN. Alfabeta.
Syamsul Kurniawan. (2011). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Ar-Ruzz.
مسقان, د. (n.d.). علم الصرف مقرر للصف الثاني. دارالسلام.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-10

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Tasmiimu Al- Wasaail At- Ta’limiyyah “FM Smart Finger” Fii Darsi Sharf Li-Tsanah At-Tsaaniyyah: Tasmiimu Al- Wasaail At- Ta’limiyyah “FM Smart Finger” Fii Darsi Sharf Li-Tsanah At-Tsaaniyyah. (2025). Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 254-271. https://doi.org/10.32699/liar.v8i2.7962