IMPLEMENTASI BUDAYA BACA DALAM PENINGKATAN PRESTASI MATA PELAJARAN PAI DI SD N 4 KALIKARUNG WONOSOBO
Budaya Baca, Prestasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui implementasi budaya baca dalam peningkatan prestasi mata pelajaran PAI di SD N 4 Kalikarung Wonosobo; 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi budaya baca dalam peningkatan prestasi mata pelajaran PAI di SD N 4 Kalikarung Wonosobo
Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan penelitian bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentsi. Kemudian, sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder (Wawancara langsung dengan subjek penelitian, serta dokumentasi berupa foto data-data, dan lain sebagainya). Adapun teknik analisis yang digunakan adalah melakukan penelitian langsung terhadap implementasi budaya baca dalam peningkatan prestasi mata pelajaran PAI di SD N 4 Kalikarung Wonosobo. Peneliti membuat catatan lapangan dan catatan wawancara lengkap juga mendeskripsikan hasil wawancara.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) implementasi budaya baca di SD N 4 Kalikarung melalui pembiasaan membaca 15 menit sebelum jam pelajaran, baca nyaring dan pemanfaatan perpustaan efektif dan mampu meningkatkan prestasi peseta didik 2) Faktor pendukung implementasi budaya dalam peningkatan prestasi di SD N 4 Kalikarung yaitu guru yang kompeten, lingkungan sekokah dan keluarga yang mendukung, serta sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambatnya yaitu banyaknya tugas mata pelajaran, jam program baca yang terlewatkan, pengerjaan tugas yang instan, dan penggunaan media teknologi informasi yang belum di manfaatkan sepenuhnya untuk belajar.