MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI IN HOUSE TRAINING DI SD NEGERI 3 GLAGAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Kompetensi Guru, Lingkungan Sekolah, In House Training
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui IHT. Mengingat selama ini guru kurang mengoptimalkan penggunaan dan pemanfaatan sumber belajar dari lingkungan sekolah dalam kegiatan pembelajaran. Lingkungan sekolah hanya digunakan sebagai tempat bermain siswa saat istirahat dan kegiatan praktek olahraga. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subyek penelitian adalah guru-guru di SD Negeri 3 Glagah berjumlah 8 guru. Tahapan penelitian melalui 2 siklus yang meliputi antara lain perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan In House Training dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SDN 3 Glagah. Hal ini ditunjukkan dengan data yang diperoleh bahwa 7 orang atau 87,5% mengalami peningkatan pada rata-rata penilaian kompetensi guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yang dikategorikan baik, dilihat dari kompetensi keaktifan, penyusunan RPP, dan pengamatan pelaksanaan pembelajaran. Jadi, indikator keberhasilan minimal 75% guru sudah dapat memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan kategori baik sudah terlampaui. Dan dapat disimpulkan bahwa IHT meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SD N 3 Glagah.