PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE INKUIRI MELALUI WA GROUP PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 SOKOMOYO TAHUN AJARAN 2021/2022

  • Sumarni Sumarni
Keywords:
Hasil belajar, Metode inkuiri, WA Group

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan metode inkuiri dengan WA Group pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Sokomoyo Kapanewon Girimulyo Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas VI yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) tes hasil belajar 2) pengamatan sikap 3) observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata. Indikator keberhasilan siswa yang harus dicapai pada rerata kelas adalah 72 dengan ketuntasannya 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan metode inkuiri pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Sokomoyo. Hasil belajar pada kondisi awal nilai rerata 59,44 tingkat ketuntasan klasikal 27,77%. Pada siklus I pertemuan 1 nilai rerata 61,11 tingkat ketuntasan klasikal 33,33%. Pada siklus I pertemuan 2 nilai rerata 69,44 tingkat ketuntasan 44,44%. Pada siklus II pertemuan 1 nilai rerata 74,44 tingkat ketuntasan klasikal 55,55% dan pada siklus II pertemuan 2 nilai rerata 85,55 dengan ketuntasan klasikal 83,33%. Pada tindakan ini hasil belajar IPA dengan metode inkuiri melalui WA Group pada siswa hingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu dengan rerata 72 dan ketuntasan kelas 80%. Pada siklus I digunakan media gambar bagian-bagian bunga sempurna. Pada siklus II digunakan media pengamatan pada bunga secara langsung yang ada disekitar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-28
How to Cite
SumarniS. (2022, January 28). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE INKUIRI MELALUI WA GROUP PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 SOKOMOYO TAHUN AJARAN 2021/2022. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(1), 58-68. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2489

STATISTICS

Abstract viewed = 182 times
PDF downloaded = 86 times