MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN
Kemampuan, Membaca Permulaan, Model Pembelajaran Kelompok
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran kelompok untuk: (1) Meningkatkan kemampuan membaca permulaan, (2) Meningkatkan rerata capaian kemampuanan membaca dari siklus I ke siklus II rerata kelas diatas 75% berkembang sesuai harapan atau berkembang sangat baik. (3) Meningkatkan motivasi belajar. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action reseach yang dilaksanakan dua siklus. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Mei 2022 dengan populasi 22 anak kelompok B TK PKK 29 Argomulyo Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data dengan: observasi, LKA, dan tes kemampuan membaca permulaan. Data hasil penelitian dianalis menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan: (1) Terdapat peningkatan kemampuan membaca dari 63,64% pada siklus I menjadi 90,91% pada siklus II, (2) Terdapat peningkatan kemampuan membaca dari Siklus I dengan dengan kategori berkembang sesuai harapan dan Siklus II dengan kategori berkembang sesuai harapan dan atau berkembanga sangat baik, (3) Terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan model pembelajaran kelompok dengan kartu kata bergambar capaian pembelajaran rerata kelas diatas 75% berkembang sesuai harapan dan atau berkembang sangat baik.