Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk pada Produk Erigo di Sidoarjo
Abstract
Saat ini, masyarakat memperhatikan tren saat membeli produk fashion, dan umumnya lebih menyukai gaya busana yang simpel dan kasual. Selain itu, mereka cenderung lebih memilih produk dalam negeri dan lebih memilih membeli produk merek lokal dibandingkan merek global ketika berbelanja karena mereka yakin produk merek lokal dapat menandingi kualitas merek internasional. Pernyataan tersebut merupakan fenomena dalam penelitian ini. Salah satu brand fashion lokal adalah Erigo. Tujuan pada riset ini ialah guna mengetahui adanya pengaruh variabel Citra Merek, Harga juga Kualitas Produk terhadap Keputusan pembelian produk Erigo. Dalam riset ini memakai metodologi penelitian kuantitatif dengan sampel yang digunakan dalam riset ini ialah purposive sampling juga pengambilan data kuesioner melalui google form. Dan sampel yang ditentukan dalam riset ini berjumlah 96 yang dibulatkan oleh peneliti 100 reponden. Orang yang telah membeli produk Erigo adalah respondennya. Data primer yang dikumpulkan dari instrumen angket itulah yang digunakan dan pengolahan data memakai aplikasi smartPLS 3.0. Hasil dari riset ini menunjukkan bahwa variabel citra merek dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel harga memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk Erigo di Sidoarjo.
Downloads
References
Afifa, F. Z., & Ambarwati S, R. (2024). ANALISIS BEAUTY VLOGGER, PRODUK HALAL DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI KOSMETIK MUSLIMAH DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 2077–2094. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3924
Alfiah, A., Suhendar, A., & Yusuf, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco di CV Indosanjaya Kota Bandung. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 492–503. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3926
Ayub, M., Ayubi, A., & Sari, D. K. (2022). Pengaruh Product Quality , Brand Image dan Promotion terhadap Purchasing Decisions pada Batik Tulis Al Huda Sidoarjo. 3, 1–18.
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE : KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN ( LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN ). 3(1), 211–224.
Darmayanti, I. D., & Indayani, L. (2024). Pengaruh Brand Image, Cita Rasa, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Momentum Coffee di Sidoarjo. Innovative Technologica: Methodical Research Journal, 1(4), 11. https://doi.org/10.47134/innovative.v1i4.43
Dr. M. Anang Firmansyah, SE., M. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 1–337.
Dr. Rokhmat Subagiyo, M. E. I., & Ahmad Syaichoni, M. S. (2022). PELATIHAN SMARTPLS 3.0 UNTUK PENGUJIAN HIPOTESIS (M. E. l. Dr. Budi Kolistiawan, SP.d (ed.)).
Duyadi, D. (2021). Metode Penelitian Ilmiah (J. T. Santoso (ed.)).
Eldiansyah, R., & Suwarni, E. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Hybrid Toyota Kijang Innova Zenix. Jurnal Administrasi Bisnis, 13(2), 130–138. https://doi.org/10.35797/jab.13.2.130-138
Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663
Fahrezi, A., & Sukaesih, U. (2021). PEMBELIAN PRODUK MEREK ALDO ( STUDI KASUS DI PONDOK INDAH MALL JAKARTA ). 189–199.
Kusumasari, R. D. A., Zailani, A., & Suharyoko. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Gb Fashion Di Cv Busana Indah Karanganyar. Edunomika, 07(02), 2023.
Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 128–136.
Laura Theodora Loviga, M. T. F. (2023). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap pembelian produk erigo. 3(1), 341–355.
Lestari, D. P., & Widjanarko, W. (2023). PENGARUH CITRA MEREK , PERSEPSI HARGA DAN E-WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION JINISO . ID DI MARKETPLACE SHOPEE. 2.
Lestari, M., & Wismantoro, Y. (2024). Pengaruh Brand Image, Harga, Brand Trust Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Wardah Di Kota Semarang. Jurnal Maneksi, 13(1), 233–241. https://doi.org/10.31959/jm.v13i1.2188
Maharani, R. A., & Achmad, N. (2024). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bening’s Skincare Dengan Trustworhtiness Sebagai Variabel Intervening. Jesya, 7(1), 1037–1052. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1529
Marcelina, P. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Konsumen Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 252–262. https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1805
Masnun, S., Makhdalena, M., & Syabrus, H. (2024). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3736–3740. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4280
Meliani, A., Kosim, A. M., & Hakiem, H. (2021). Pengaruh Religiusitas, Gaya Hidup, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim di Marketplace. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(3), 174–186. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i3.535
Muhtarom, A., Cholidah, L. N., Priambodo, W., Husen, H., & Ningseh, D. W. A. (2022). Pengaruh Komunikasi Word of Mouth, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Konsumen dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan dimediasi Kepuasan Pelanggan UMKM. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 7(2), 115–127.
Mulyana, S. (2021). Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185–195. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v7i2.665
Mursidi, A. (2024). Pengaruh Persepsi Harga , Brand image dan Kualitas Produk Dengan Keputusan Pembelian Konsumen Sebagai Variabel Intervening Terhadap Kepuasan Konsumen. 16(2), 1–21.
Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(2), 1–20.
Nasution, H. H., & Nobelson, N. (2022). Pengaruh Strategi Promosi Media Sosial Instagram, Citra Merek, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hito Coffee Bekasi. Veteran Economics, Management & Accounting Review, 1(1), 19–30. https://doi.org/10.59664/vemar.v1i1.4826
Naufal, M., & Santosa Kramadibrata, B. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Erigo Di E-Commerce Shopee Di Jakarta Barat. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(4), 695–700. https://doi.org/10.59004/jisma.v1i4.226
Norma, A., & Sulistyo, B. (2023). Jurnal Mirai Management Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Mirai Management, 8(2), 327–336.
Nur Rahma, A., Firdaus, V., Komala Sari, D., & Muhammadiyah Sidoarjo, U. (2024). the Influence of Brand Ambassador, Brand Image, and Price on Purchase Decisions on Skincare Product Consumer Scarlett Whitening in Sidoarjo City. COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7(2), 3275–3292.
Octhaviani, & Jonatan. (2021). Pembelian Produk Minuman Kopi Pada Pengguna. Economic, Accounting, Management and Business, 4(3), (hlm.521-528).
Pangestoe, & Purwianti. (2022). Analisa Pengaruh Brand Image , Celebrity Endorser , Attitude , Trust , dan Brand Awareness terhadap Purchase Intention Pada Fashion Sportwear di Kota Batam. SEIKO (Jurnal of Management and Business, 5(1), 137–155.
Pradana, A. R., & Aryanto, V. D. W. (2024). Economics and Digital Business Review Pengaruh Live Streaming , Discount , Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace SHOPEE ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang ). 5(1).
Radika, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Merek Erigo Di Kab. Gresik. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 2(01), 43–59.
Regina Dwi Amelia, Michael, M., & Mulyandi, R. (2021). Analisis Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Kecantikan. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(2), 274–280. https://doi.org/10.36418/jist.v2i2.80
Rizal, M., & Rusli, A. (2023). PENGARUH HARGA, CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ERIGO DI GRAND CITY SURABAYA Yahya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen.
Rozjiqin, M. F., & Ridlwan, A. A. (2023). Journal of Economics and Business Aseanomics. Universitas YARSI, 5(1), 69–85.
Siagian, M., Manajemen, P. S., Batam, U. P., Manajemen, P. S., & Batam, U. P. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Kualitas Produk , Brand Import , Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Thrifting Di Batam. 6(2), 215–225.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Susanti, I., & Handayati, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Produk Batik Jetis Di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Edunomika, 5(02), 842. https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.2748
Thaariq Novandri Ramadhan1, Y. D. (2024). Pengaruh Social Media Marketing , Inovasi Produk , Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Lokal Erigo. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan Dan Informatika (MANEKIN), 3(01), 49–71.
Vauzand, E., & Soliha, E. (2022). Keputusan Pembelian : Peran Kualitas , Produk , Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Sepatu Vans ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Stikubank Semarang ). 7(1), 18–26.
Vijaya Putra, S. A. (2023). KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ERIGO DI SURABAYA ( STUDI KASUS PADA ERIGO DI MALL DELTA PLAZA SURABAYA ) Satria Ananda Vijaya Putra Anton Eko Yulianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia ( STIESIA ) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 12(11).
Walyoto, S., Sujarwati, S., Manajemen, P., Syariah, B., Uin, F., Mas, R., & Surakarta, S. (2022). Pengaruh Pemasaran Syariah Media Sosial, Kualitas Produk, Harga, dan Review Pelanggan Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 2210–2220.
Wijayasari, N., & Mahfudz. (2018). Pengaruh Brand Image, Kualitas, Persepsi Harga Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sarung Gajah Duduk Di Kabupaten Pekalongan. Diponegoro Journal of Management, 7(2), 1–9.
Zusrony, E. (n.d.). Perilaku Konsumen di Era Modern.
Zusrony, E. (2008). Perilaku Konsumen di Era Modern (R. A. Kusumajaya (ed.)).