Live Streaming, Content Marketing, dan Experiential Marketing Tehadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee di Sidoarjo

  • Denata Putri Marlinton Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Dewi Komala Sari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Satrio Sudarso Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Live Streaming; Content Marketing, Experiential Marketing, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live streaming, content marketing, dan experiential marketing terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee di Sidoarjo. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data diperoleh dari 100 responden yang pernah melakukan transaksi di Shopee melalui penyebaran kuesioner secara online. Data dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS) 3.0 untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa live streaming memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara content marketing dan experiential marketing tidak memiliki pengaruh yang signifikan. penelitian ini membuktikan pentingnya fitur live streaming dalam mendukung pengambilan keputusan konsumen, sedangkan strategi content marketing dan experiential marketing memerlukan evaluasi lebih lanjut untuk meningkatkan efektivitasnya. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pelaku bisnis dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdjul, F., Massie, J. D. ., & Mandagie, Y. (2022). Pengaruh Content Marketing, Search Engine Optimization Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Feb Unsrat Di E-Commerce Sociolla. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 225. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41752
Abdurrahman, L., & Mulyana, R. (2022). Pemodelan Nilai Teknologi Informasi Menggunakan Structural Equation Modeling (Sem). JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(2), 469–477. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2825
Aditya Kurniawan, T., & Komala Sari, D. (2024). Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Indonesia: Peran Live Streaming, Pemasaran Viral, dan Dukungan Selebriti. Frontiers in Research Journal, 1, 24–38.
Amin, D. E. R., & Fikriyah, K. (2023). Pengaruh Live Streaming dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Muslim. Jurnal Edunomika, 07(01), 1–11. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/8056
Andrian, et al. (2022). Perilaku Konsumen. In Rena Cipta Mandiri (Vol. 3, Issue 1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Desember, V. N., Pratama, A., & Cahya, P. (2023). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen Pengaruh Konten Marketing dan Diskon Terhadap Keputusan. 3(4), 629–635.
Erwin, E. dkk. (2023). Digital Marketing : Penerapan Digital Marketing pada Era Society 5.0 - Google Books. In PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Erwin, Musmulyadi, Inawati, & Suciati. (2021). Keputusan Pembelian Interaktif B2C - B2B. 62.
Fachmy, R. N., & Rasmini, M. (2023). The Effect Of Content Marketing On Pegipegi Instagram On Purchasing Decisions Title Pengaruh Content Marketing Pada Instagram Pegipegi Terhadap Keputusan Pembelian. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 7552–7560. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Fadhilah, G. G. saputra &. (n.d.). Strategi Pemasaran Melalui fitur Live Streaming Instagram.
Falah, F., Welsa, H., & Cahyani, P. D. (2023). Pengaruh Experiential Marketing dan Desain Produk terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Smartphone Xiaomi di Yogyakarta. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(2), 1646. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i2.1435
Falah, H. (2024). Promotion on Consumer ’ S Purchase Interest in Crinkle Fabric At Markectplace Shopee. 7, 229–247.
Handayani, A. and. (2023). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 5(2), 78–83. https://doi.org/10.31849/jmbt.v5i2.14231
Hariyanto, D. (2016). Buku Komunikasi Pemasaran. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August).
Hermaningtyas. (2022). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Pengaruh Experiential Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada HI COFFEE Surabaya) 1. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(1), 98–105. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index
Hossain, A., Kalam, A., & Kim, M. (2023). Kekuatan Streaming Langsung di Keputusan Pembelian Konsumen. 0, 1–18.
Illahi, U. N., Sari, D. K., Ambarwati, R., & Alimova, M. T. (2024). Influencing Generation Z’s Green Purchase Intention: Roles of Awareness and Eco-Labels. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 13(1), 13–29. https://doi.org/10.22202/mamangan.v13i1.7790
Indriyani, R., & Yani, M. (2023). Impact of Green Attitude, Green Satisfaction, Green Purchase Intention on Green Loyalty (Study on EIGER Adventure Store Sidoarjo consumers. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo., 1–15.
Islam. (2023). Buku Strategi Komunikasi Pemasaran: Membangun Kesan Dan Keterlibatan Konsumen. 5.
Keputusan Pembelian Konsumen, T., Fitriani, R., Aisyah, N., & Pribadi, T. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Experiential Marketing The Effect of Content Marketing and Experiential Marketing on Consumer Purchasing Decisions (Case Study of Consumers in Medan Tembung District). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 4(2), 135–143. https://doi.org/10.31289/jimbi.v4i2.2692
Komalasari, D. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. In Buku Ajar Digital Marketing. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6081-38-9
Kurnia, R., & Khasanah, I. (2022). Analisis Pengaruh Experiential Marketing, Kualitas Pelayanan, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Kembali Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 11(3), 1–15.
Maslucha, L., & Ajizah, N. (2023). Pengaruh Live Streaming Tiktok, Brand Minded, Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scincare Scarlett (Study Pada Followers Tiktok Scarlett Di Indonesia). Mufakat Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 912–922.
Nasution, W., & Sari, D. K. (2021). The Influence of Brand Image, Experiential Marketing and Word Of Mouth on Purchase Decisions at E-Commerce Shopee in Sidoarjo. Academia Open, 4, 1–13. https://doi.org/10.21070/acopen.4.2021.2608
Nuryadin, A., Rusmana, N., Lidinillah, D. A. M., Prehanto, A., & Desmawati, S. A. (2023). Kehadiran Sosial (Social Presence) dalam Pembelajaran Online: Analisis Bibliometrik terhadap Publikasi tahun 2012-2022. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 335–347. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4252
Pine II, & Gilmore. (2019). The Experience Economy: Competing for Customer Time, Attention, and Money.
Pranogyo, D. A. B., & Hendro, J. (2024). Komunikasi Pemasaran Terpadu teori dan praktik efektif (Vol. 19, Issue 5).
Pulizzi. (2021). Epic Content Marketig.
Putri Adilla, & Christiawan Hendratmoko. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pemeblian Barang Thrift Melalui Instagram Di Solo Raya. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 455–466. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.152
Putri Nugraha, J., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Rosmawati, Fathihani, Johannes, R., Kristia, Batin, M., Jati Lestari, W., & Khatimah, HusnilFatima Beribe, M. (2021). Perilaku Perilaku Konsumen Teori.
Putri, R., Ningtias, A., & Sari, D. K. (2024). Keputusan Pembelian E Commerce Mengulas Peringkat dan Duta Merek Korea. 2, 191–203.
Qing, C., & Jin, S. (2022). What Drives Consumer Purchasing Intention in Live Streaming E-Commerce? Frontiers in Psychology, 13, 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.938726
Rahmadani, D., & Eka Febriansah, R. (2024). Pengaruh Content Marketing, Celebrity Endorsement, dan e-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Shopee (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). 1–13.
Sahir, S. H. (2022). Buku ini di tulis oleh Dosen Universitas Medan Area Hak Cipta di Lindungi oleh Undang-Undang Telah di Deposit ke Repository UMA pada tanggal 27 Januari 2022.
Santoso, A. L., Japarianto, E., Tandijaya, T. N. B., & Andreani, F. (2023). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Engagement Sebagai Variabel Intervening Dari Ikea Ciputra World. Jurnal Manajemen Pemasaran, 17(2), 81–89. https://doi.org/10.9744/pemasaran.17.2.81-89
Sari,. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sinaga, S. M., & Rochdianingrum, W. A. (2024). Pengaruh Live Streaming, Online Customer Review, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare di Shopee.
Stephanie. (2022). Digital Marketing All-in-One For Dummies.
Suardana, I. M. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic of Mouth pada Platform TikTok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. 1(4), 178–190.
Sudarso, S. (2022). Analisis Implementasi Segmenting, Targeting Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Abg Sidoarjo. Jurnal Riset Entrepreneurship, 5(1), 7. https://doi.org/10.30587/jre.v5i1.3342
Sugiyono, (2022) “Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d,” Bandung Alfabeta.
Tyas, M. W., & Sari, D. K. (2023). The effect of Digital Marketing, Customer Relationship Marketing and Competitive Advantage in Improving the Marketing Performance of Leather MSMEs in Sidoarjo [Pengaruh Digital Marketing, Customer Relationship Marketing Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Ki. Umsida, 20–21. https://sdgs.un.org/goals/goal
Usman, D. M., Hariasih, M., & Pebrianggara, A. (2024). Peran Influencer, Fitur Live Streaming dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare The Originote pada Aplikasi Tik Tok. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(5), 3750–3765. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i5.2063
Published
2025-08-21
How to Cite
Marlinton, D., Sari, D. K., & Sudarso, S. (2025, August 21). Live Streaming, Content Marketing, dan Experiential Marketing Tehadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee di Sidoarjo. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 8(2), 300-315. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v8i2.8758
Section
Articles