Peran Digital Marketing, Daya Tarik, dan EWOM Dalam Meningkatkan Minat Berkunjung ke Taman Ghanjaran Desa Wisata Ketapanrame Trawas

  • Silva Nur Lailatul Fitriyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Dewi Komala Sari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Misti Hariasih Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords:
Digital Marketing, Daya Tarik, Electronic Word of Mouth, Minat Berkunjung

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh digital marketing, daya tarik, dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) terhadap minat pengunjung di Taman Ghanjaran Desa Wisata Ketapanrame Trawas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi yang terdiri dari semua pengunjung Taman Ghanjaran. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling menggunakan purposive sampling, melibatkan 100 responden yang merupakan masyarakat yang telah berkunjung minimal satu kali. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online sebagai data primer. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Penelitian ini menjadi penting mengingat perkembangan teknologi digital yang semakin pesat telah mengubah cara promosi wisata, termasuk di Taman Ghanjaran. Selain itu, daya tarik wisata dan peran Electronic Word of Mouth (E-WOM) semakin signifikan dalam memengaruhi keputusan wisatawan di era digital. Dengan memahami pengaruh ketiga faktor ini, pengelola destinasi wisata dapat merancang strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan, khususnya di tengah persaingan destinasi wisata yang semakin ketat. Hasil penelitian membuktikan bahwa digital marketing, daya tarik, dan E-WOM memiliki pengaruh positif terhadap minat berkunjung di Taman Ghanjaran Desa Wisata Ketapanrame Trawas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adianto, Titania Elga, & Dewi, Komala Sari (2023). The Influence of Digital Marketing, Brand Equity, and Brand Ambassadors on Interest in Buying Skincare. Indonesian Journal of Innovation Studies, 21, 1–19. https://doi.org/10.21070/ijins.v21i.752
Ayu, Jati Paras (2021). Pengaruh Pemasaran Digital dan Citra Destinasi Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Wisata Bahari di Kepulauan Seribu. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 26(3), 223–232. http://jurnalpariwisata.stptrisakti.ac.id/index.php/JIP/article/view/1478
Bolang, Excel Hendri, Lisbeth Mananeke, & Debry Ch A Lintong (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth , Lokasi Dan Harga Tiket Terhadap Niat Berkunjung Wisatawan Pada Makatete Hill’ S Desa Warembungan. Jurnal EMBA, 9(1), 1360–1370.
Cahyani, Fella Ardina, Lucki Al Lukman, Dwi Wahyu Lestari, Ana Naimatul Janah, & Slamet Trimah (2023). the Influence of Tourist Attraction and Service Quality on the Interest of Visiting Tourists on Tkl Ecopark. Journal of Humanities, Social Sciences and Business (JHSSB), 2(2), 401–408. https://doi.org/10.55047/jhssb.v2i2.503
Chaffey, Dave, & Fiona Elllis Chadwick (2019). Seventh Edition Digital Marketing: Strategy, Implementation, and practice. Pearson. Harlow.
Chaffey, Dave, & PR Smith (2013). Emarketing Excellence Fourt Edition. Routledge. London .https://doi.org/10.4324/9780203082812
Chairany, & Prihatin Darsini (2022). Dasar-Dasar Usaha Layanan Pariwisata. Cetakan Pertama. kemendikbud Ristek RI. Jakarta.
Firdaus, Rahma Annisa, & Dewi Komala Sari (2022). Driving Purchasing Decisions: Digital Marketing, Brand Image, and Store Atmosphere at Gazebo Jamur [Academia Open]. In Academia Open (Vol. 7). https://doi.org/10.21070/acopen.7.2022.2922
Florendiana, Tania Rahma, Dewi Andriani, & Misti Hariasih (2023). Pengaruh Customer Satisfaction Digital Marketing dan Brand Trust Terhadap Repurchase Intention. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 9(1), 124–140. https://doi.org/10.35906/jurman.v9i1.1491
Harahap, Syariful Anhar, & Dwita Hadi Rahmi (2020). Pengaruh Kualitas Daya Tarik Wisata Budaya Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Nusantara Ke Kotagede. Gemawisata : Jurnal Ilmiah Pariwisata, 16(2), 118–129. https://doi.org/10.24843/jkh.2020.v04.i01.p02
Hasan, Ahmad (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut Cetakan 1. Yogyakarta: Media Pressindo.
Hidayanti, Anna Apriana, & Lalu Masyhudi (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Daya Tarik Dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Desa Tete Batu Kabupaten Lombok Timur. JIPJurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 129–144.
Indriyani, Novita Eka, & Yessy Artanti (2020). Peran Citra Destinasi, E-Wom, Dan Travel Constraints Pada Niat Berkunjung Wisata Pantai Di Kota Surabaya, Jawa Timur. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 11(2), 260–281. https://doi.org/10.21009/jrmsi.011.2.04
Isdarmanto. (2017). Dasar Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata. Cetakan Pertama. Gerbang Media Aksara. Yogyakarta. http://perpus.univpancasila.ac.id/repository/EBUPT190173.pdf
Kamuri, Klaasvakumok J, & Merlyn Kurniawati (2020). The Influence of Digital Marketing Tools on Tourist Visiting Interest to Fatukopa Hill, TTS Regency. ATLANTIS PRESS, 158, 392–396. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.201212.055
Kotler, Phillip & Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management 15 Global Edition. Pearson Education. Horlow, Essex.
Kotler, Philip, Jhon T Bowen, & James C Makens (2017). Marketing for Hospitality and Tourism, Fifth Edition. In Pearson Education. Boston.
Kotler, Philip, & Kevin Lane Keller (2018). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. PT Indeks. Jakarta.
Kotler, Philip, Kevin Lane Keller, & Alexander Chernev (2022). Marketing Management 16/E. Global Edition. Pearson Practice Hall. London.
Kristia, Erna, & Irmawati. (2024). The Effect Of Electronic Word Of Mouth (E-Wom) And Social Media Marketing (Smm) On Visit Intentions Mediated By Perceived Destination Value: A Case Study Of Sandi Museum, Yogyakarta. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(6), 7490–7507.
Kurniawan, Ramdhan, Faridah Iriani, Asep Parantika, & Octavia Basuki Putra (2024). Pengaruh Brand Awareness dan Product Excellence, Marketing Digital Terhadap Minat Berkunjung pada Pengunjung Desa Wisata Waerebo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 7316–7328. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Larasati, Sri, & Risna Fristica Dewi (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata Malioboro Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Nusantara. Jurnal Nusantara (Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Perhotelan), 6(2), 47–51.
Lupiyoadi, Rambat (2021). Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Yayasan Kita Menulis. Medan.
Madani, Yamul Furqaan Al, & Dewi Komala Sari (2022). Mengembangkan Digital Marketing, Citra Merek dan Brand Awaraness untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian Tas pada Pusat Grosir Tas Tanggulangin Sidoarjo. Innovative Technologica: Methodical Research Journal, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.47134/innovative.v1i1.80
Makarim, Ihsan Adri, & Bayu Ilham Pradana (2022). Pengaruh Pemasaran Digital, Word of Mouth, Dan Online Customer Review Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 1(1), 139–146. http://dx.doi.org/10.21776/jmppk.
Massie, Putri Claudia, James D. D. Massie, & Roring Ferdy (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Rumah Alam Manado. Jurnal EMBA, 10(4), 13–24. https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43646
Mulyana, Hadi (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Minat Berkunjung Di Saung Angklung Udjo Bandung. Manajemen Dan Pariwisata, 2(2), 188–208.
Nurbaeti, Myrza Rahmanita, Heny Ratnaningtyas, & Amrullah. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesbilitas, Harga Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Objek Wisata Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(2), 269–278. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v10i2.33456
Pradini, Gagih, Akristi Eni, & Kumba Digdowiseiso (2022). The Influence of Digital Marketing and Promotion on Visiting Interest in Shangri-La Hotel Jakarta. Budapest International Research and Critics Institute-Journal, 5(2), 12095–12110. https://doi.org/10.55927/ijba.v3i5.5438
Priadana, M Sidik, & Denok Sunarsih (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Edisi Pertama. Pascal Books. Tanggerang Selatan.
Purba, Elidawati, Bonaraja Purba, Fastabiqul Khairad, & Darwin, Dmanik dan lainnya. (2021). Metode Penelitian Ekonomi. Yayasan Kita Menulis. Medan.
Rauf, Abdul et al, (2021). Digital Marketing : Konsep dan Strategi. Cetakan Pertama. Cirebon: Insania.
Reza, Arief, Catur Kumala Dewi, & Eka Yudhani (2021). Statistik Deskriptif untuk Ekonomi dan Bisnis. Tahta Media. Sukoharjo.
Rohmah, Millatur, & Misti Hariasih (2023). The Impact Of Digital Marketing, Product Quality And Price On Consumer Buying Interest In Luce Coffee Products In Sidoarjo. Edunomika, 07(02), 1–20.
Rolyana, Ferinia et al, (2021). Perilaku Konsumen Kepariwisataan - - Google Books. Yayasan Kita Menulis. Medan.
Rumondang, Astri, Acai Sudirman, & Samsider Sirotus (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. Yayasan Kita Menulis. Medan.
Ryan, Damian, & Calvin Jones (2009). Understanding Digital Marketing: Marketing strategies for engaging the digital generation First Edition. KOGAN PAGE London and Philadelphia. http://faculty.olympic.edu
Salim, Muhammad Nur Mialfi, Indah Dewi Mulyani, & Nur Khojin (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Pada Wisata Hutan Mangrove Kaliwlingi Brebes. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 2(4), 113–126. https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i4.156
Salmah, Salmah, & As’at, Rizal (2022). The Influence of Tourist Attraction, Destination Image and Accessibility on Interest in Visiting Tourist Objects. Indonesian Journal of Cultural and Community Development, 13(1), 1–13.
Sari, Dewi komala, Alshaf Pebrianggara, & Mas Oetarjo (2021). Buku Ajar Digital Marketing. In Buku Ajar Digital Marketing. Cetakan Pertama. UMSIDA Press. Sidoarjo. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6081-38-9
Setyowati, Henny, & Aditya Liliyan (2022). Pengaruh E-WOM, Fasilitas, Daya Tarik Wisata, dan Harga terhadap Minat Berkunjung Taman Satwa Taru Jurug. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(1), 24–31. https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i1.44773
Sugiarto, Eddy (2019). Kamus Istilah Pariwisata Indonesia, Edisi Terbaru Dan Terlengkap. Andi Offset, Yogyakarta.
Sugiharto, Teguh, Nersiwad, & Kasnowo. (2022). Pengaruh Digital Marketing Instagram Dan Cafe Atmosphere Terhadap Minat Kunjungan Pada Cafe Gartenhutte Trawas-Mojokerto. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(11), 3135–3142. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i11.2903
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D Edisi 2. Alfabeta, Bandung.
Supranto, Jajang (2000). Statistik teori dan aplikasi jilid 1. In Edisi 8:a . Jakarta: Erlangga.
Sutiyadi, Muhammad, & Ika Suryono Djunadi (2024). Pengaruh Daya Tarik Objek Wisata terhadap Minat Berkunjung di Gunung Geulis Camp Area Bogor. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(3), 1214–1228. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i3.4811
Yanti, Marisa Saopi, Rusminah HS, & Emilia Septiani (2022). Pengaruh Instagram Marketing Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Di Kinara Sunset Tanjung Bias Beach. JOURNAL Distribusi, 10(2), 177–186. https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i2.270
Yonatan, Rizki, & Rendy Sarudin (2023). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Berbasis Masyarakat Terhadap Minat Berkunjung Di Kampung Keranggan. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(4), 2335–2344. https://doi.org/10.55681/jige.v4i4.1292
Published
2025-02-23
How to Cite
FitriyahS., SariD. K., & HariasihM. (2025, February 23). Peran Digital Marketing, Daya Tarik, dan EWOM Dalam Meningkatkan Minat Berkunjung ke Taman Ghanjaran Desa Wisata Ketapanrame Trawas. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 8(1), 169-186. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v8i1.8949
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times