Servicescape, Utilitarian Value dan Variasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen Miniso
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis servicescape, utilitarian value, dan variasi produk terhadap kepuasan konsumen Miniso, di tengah pesatnya pertumbuhan bisnis ritel yang menjawab kebutuhan konsumen yang semakin beragam. Dengan meningkatnya persaingan dalam industri ritel, memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen menjadi sangat penting untuk kelangsungan dan pertumbuhan bisnis. Tujuannya adalah untuk menguji seberapa besar kontribusi ketiga variabel independen ini terhadap kepuasan konsumen. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif, yang melibatkan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden berusia 17-40 tahun yang telah berbelanja di Miniso. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel servicescape tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan variabel utilitarian value dan variasi produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi Miniso dalam upayanya untuk memenuhi ekspektasi konsumen dan meningkatkan kepuasan konsumen.
Downloads
References
Amna Mawardi; M., E. M. D. R. (2024). Pengaruh Servicecsape Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Cangkir Pertama Coffee Kota Purwakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 36–45.
Anggraini, H. J., Sari, D. K., & Nugroho, T. T. (2024). Dapatkah E–Service Quality, E–Trust Dan E–Customer Satisfaction Berpengaruh Terhadap Repurchase Intention Pada E–Commerce Shopee? Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 13(2), 337. Https://Doi.Org/10.35906/Equili.V13i2.2006
Aswan, D. T. (2019). Miniso Ada 4 Outlet Di Makassar, Ini Lokasinya, Dan Sejarahnya. Tribuntimur.Com. Https://Makassar.Tribunnews.Com/2019/01/14/Tribunwiki-Miniso-Ada-4-Outlet-Di-Makassar-Ini-Lokasinya-Dan-Sejarahnya
Dea Pramesty Noor Indah Sari1, Rizky Eka Febriansyah2, S. (2024). The Influence Of E-Service Quality, Promotion And E-Wom On The Purchase Decision Of Scarlett Whitening Brand On Shopee-Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Brand Scarlett Whitening Pada Shopee. Journal Of Economic, Business And Accounting, 7, 1046–1059.
Djunaidi, D., & Subagyo, H. (2020). Pengaruh Service Scape Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Di SK Coffee Lab Kota Kediri. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(1), 1. Https://Doi.Org/10.30737/Ekonika.V5i1.830
Dwi Cahyaningrum, Y. A., Pramesti, P., & Rahayu, F. (2022). Meningkatkan Consumer Satisfaction Melalui Utilitarian Value, Technicality, Dan Perceived Risk Terhadap Penggunaan Mobile Payment. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 529–540. Https://Doi.Org/10.25105/Jet.V2i2.14316
Eka, N., & Sutedjo, B. (2023). Analisis Variasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Kopi Kenangan Di Kota Semarang). Jurnal Mirai Management, 8(2), 408–418.
Eko Wirawan, D., Manajemen, P., & Tinggi Ilmu Ekonomi Bima, S. (2020). Pengaruh Servicescape Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Uma Ilo Peta Kota Bima The Effect Ofervicescape And Product Innovation On Consumer Satisfaction On The Uma Ilo Peta Of The City Of Bima. Dimensi, 9(2), 387–396.
Fahleti, W. H. (2022). Pengaruh Servicescape Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Tepian Pandan Di Tenggarong. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 18(2), 64–72. Https://Doi.Org/10.53640/Jemi.V18i2.531
Fallefi, M. R. . Et Al. (2018). Pengaruh Nilai Utilitarian Dan Nilai Hedonis Terhadap Perpindahan Merek Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Pemoderasi (Studi Kasus Perpindahan Merek Dari Smartphone Lain Ke Iphone Pada Mahasiswa Di Lingkungan Universitas Syiah Kuala). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(3), 143–154.
Finthariasari, M., Ekowati, S., & Krisna, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Display Layout, Dan Variasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 149–159. Https://Doi.Org/10.37676/Ekombis.V8i2.1081
Gary Aditya Tanojohardjo; Yohanes Sondang Kunto, S.Si., M.Sc.; Ritzky Karina Megah Roza Brahmana, S. E., & M.A. (2014). Analisa Hedonic Value Dan Utilitarian Value Terhadap Brand Trust Dengan Brand Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Pewarnaan L`Oréal Professionnel. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–11.
Hardiana, C. D., & Khalisyah, H. (2021). Pengaruh Konsumsi Hedonik Dan Emosi Positif Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Miniso Di Bekasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 31–47. Https://Doi.Org/10.56145/Ekonomibisnis.V1i1.28
Hidayah, S. N., & Nugroho, R. H. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 7(1), 79–98. Https://Doi.Org/10.25139/Jiabi.V7i1.5811
Hidayat, R., & Resticha, D. (2019). Analisis Pengaruh Variasi Produk Dan Labelisasi Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Pada Kosmetik Wardah. Journal Of Applied Business Administration, 3(1), 40–52. Https://Doi.Org/10.30871/Jaba.V3i1.1282
Hidup, P. G., Dan, L., Terhadap, S., Konsumen, K., Kedai, D. I., & Nipah, K. (2024). Pengaruh Gaya Hidup, Lokasi Dan Servicescafe Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kedai Kopi Nipah Padang. 17(2), 2222–2234.
Isnaeni Azizah, P. B. A. (2024). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan Dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Miniso Di Trio Mall Kebumen. JURNAL ILMIAH Mahasiswa Manajemen, Bisnis, Akuntasi, 6(2), 241–255.
Kala’lembang, A. (2022). Pengaruh Hedonic Value Dan Utilitarian Value Terhadap Niat Beli Konsumen Melalui Trust Sebagai Variabel Intervening Pada Online Shop Shopee. Journal Of Business And Applied Management, 15(1), 49–60. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/
Kartika Sari, R. D. A., & Fifaldyovan, M. I. (2022). Pengaruh Servicescape, Service Quality, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Swalayan Di Kota Semarang. MUARA : Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 5(2), 56–59. Https://Doi.Org/10.62826/Muara.V5i2.64
Khusniah, M. (2022). Pengaruh Utilitarian Value Dan Hedonic Value Terhadap Impulse Buying Behavior Melalui Urge To Buy Impulsively Sebagai Variabel Intervening (Studi Konsumen Shopee). 1–19.
Kurniawan, T. A., & Sari, D. K. (2023). The Role Of Live Streaming, Viral Marketing, And Celebrity Endorsers In Buying Decisions For The Tiktok Shop In Sidoarjo [Peran Live Streaming, Viral Marketing, Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Tiktok Shop Di Sidoarjo]. 1–11.
Langsung, P. P., Produk, K., Kualitas, D. A. N., Manajemen, P. S., Bisnis, F., Komunikasi, I., & Sidoarjo, M. (2024). The Influence Of Direct Marketing, Produk Quality, And E-Service Quality On Repurcgase Interes In Shopee Live Streaming Marketing. Journal Of Economic, Management, Accounting And Technology, 7.
Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Variasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3), 150–159. Https://Doi.Org/10.47747/Jnmpsdm.V2i3.374
M. Riszhaldi Dwi Cahya N., Acep Samsudin, K. K. (2020). Kekuatan Servicescape Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Journal Of Management And Bussines (JOMB), 2(2), 215–225.
Maichael, M. (2018). Pengaruh Variasi Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dapur Pandhawa. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(6), 799–806. File:///C:/Users/User/Downloads/621-Article Text-1157-1-10-20180716 (2).Pdf
Majid, I. A., Pebrianggara, A., Indayani, L., Manajemen, P. S., & Sidoarjo, U. M. (2024). The Effect Of Social Media Marketing , Price And Lifestyle On Purchasing Decision At Wizzmie Pengaruh Social Media Marketing , Harga , Dan Gaya Hidup. 7.
Maruli, E., Romelus Anigomang, F., Maro, Y., Ekonomi, F., & Kalabahi, T. (2022). Pengaruh Variasi Produk, Harga, Dan Suasana Tempat Terhadapkepuasan Konsumen (Study Kasus Pada Celyn Kafe Kabupaten Alor). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Desember, 8(23), 742–754. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.7639059
Mathori, M., & Chasanah, U. (2021). Pengaruh Nilai Hedonis Dan Utilitarian Pada Word Of Mouth Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Pemediasi. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 28(1), 55–71. Https://Doi.Org/10.35315/Jbe.V28i1.8548
Miniso Brand Profile. (2023). Https://Www.Miniso.Com/EN/Brand/Intro
Miranti, R., & Amirulmukminin, A. (2020). Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Pegadaian (Persero) Cabang Bima. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 639–642. Https://Doi.Org/10.58258/Jisip.V4i3.1235
Muqimuddin. (2017). Pengaruh Servicescape Dan Service Quality Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Minat Beli Konsumen Di Restoran Kota Pontianak. Management And Marketing Of Services, 89–116.
Muzakqi, M. R., & Zaki, A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Servicescape Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Burger Bangor Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 1799–1811. Https://Doi.Org/10.31955/Mea.V8i1.3909
Nabila Gita Fitriana Zein, N. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Miniso Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung. 6(1), 1672–1679.
Nuzulah, F., Sukmono, R. A., & Mt, M. (2023). Analisis Keragaman Produk, Persepsi Harga, Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Eiger Analysis Of Product Diversity, Price Perceptions, And Sales Promotion On Customer Loyalty Of Eiger Product.
Rikia, R., & Riptiono, S. (2021). Pengaruh Utilitarian Value Dan Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Untuk Meningkatkan Repurchase Intention (Studi Kasus Pada Konsumen Bumdes Mapan Mart Karangsari Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 3(5), 2021. Http://Journal.Stieputrabangsa.Ac.Id/Index.Php/Jimmba/Index
Saputri, F. S., & Rahardjo, S. T. (2020). Analisis Pengaruh Lingkungan Toko, Variasi Produk, Promosi Penjualan, Dan Layanan Tenaga Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Alfamart H825 Semarang, Jawa Tengah). Diponegoro Journal Of Management, 9(1), 1–12. Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/Djom
Shaleha, W. M., Hamid, N., & Hakim, A. A. A. A. (2020). Pengaruh Hedonic Shopping Value, Utilitarian Value, Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Minnisou Lippo Plaza Kendari. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Perbankan), 6(2), 91–99. Https://Doi.Org/10.21070/Jbmp.V6i2.678
Sisca, S., Wijaya, A., Chandra, E., & Mailoli, J. (2022). Pengaruh Variasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Family: Harga Sebagai Pemoderasi. Maker: Jurnal Manajemen, 8(1), 101–108. Https://Doi.Org/10.37403/Mjm.V8i1.466
Subakti, A. G., Adriyanto, H., & Chaterin, C. (2022). Pengaruh Nilai Utilitarian Dan Hedonik Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Chan Wei Jakarta. Jurnal Industri Pariwisata, 5(1), 90–98. Https://Doi.Org/10.36441/Pariwisata.V5i1.989
Suriana, S., Rahmawati, R., & Ekawati, D. (2022). Partial Least Square-Structural Equation Modeling Pada Tingkat Kepuasan Dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Online. Saintifik, 8(1), 10–19. Https://Doi.Org/10.31605/Saintifik.V8i1.362
United Nations. (2018). Review Of Sdgs Implementation: SDG 12. High Level Political Forum On Sustainable Development, Dmc, 1–7. Https://Sustainabledevelopment.Un.Org/Hlpf/2018
Utami, S. A., & Handrito, R. P. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 02(1), 97–105.
Vonika, T., & Rahmidani, R. (2020). Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Uda Fes Kuliner’s Cabang Juanda Di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 3(1), 108. Https://Doi.Org/10.24036/Jmpe.V3i1.8530
Wibawana, W. A., & Mahfudz. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Pembelian Ulang (Studi Pada Konsumen E-Commerce Shopee Di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 9(3), 1–10. Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/Dbr