Keputusan Pembelian Merchandise K-Pop Ditinjau dari Promosi Pada Online Shop Sunfloca di Media Sosial Twitter

  • Annisa Nur Fadhilah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nandang Nandang Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nizza Nadya Rachmani Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords:
Merchandise K-Pop, Promosi, Twitter, Keputusan Pembelian

Abstract

K-Pop sukses menyita perhatian global. Agensi K-Pop memanfaatkan momentum ini dengan merilis merchandise resmi. Penelitian ini berfokus untuk menguji pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian merchandise K-Pop di media sosial Twitter (studi kasus Sunfloca). Data untuk penelitian ini dikumpulkan menggunakan survei yang diselesaikan oleh 120 responden. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dan didukung oleh pendekatan deskriptif dan verifikatif untuk menganalisis dan mengkonfirmasi temuan. Pengikut twitter Sunfloca menjadi populasi dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner dalam format google form yang disebar secara online. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa promosi di media sosial mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian merchandise K-Pop. Urgensi dari penelitian ini adalah memberikan wawasan yang dapat membantu Sunfloca dan bisnis sejenisnya dalam merancang, mengoptimalkan, dan meningkatkan strategi promosi yang dilakukan sehingga meningkatkan penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, A. N., Husna, A. W., Asih, A. S., Kharisma, A., & Hastuti, I. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Hubisintek, 2(1), 57–62.
Amirullah. (2022). Perilaku konsumen dan pengambilan keputusan pembelian. Jurnal Akademika, 20(2), 169–175.
Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Pustaka Pelajar.
Basith, A., & Fadhilah, F. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk pada McDonald’s di Jatiasih Bekasi. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 9(3), 192–202.
Bui, T. Q., Nguyen, N. T., Nguyen, K. K., & Tran, T. T. (2021). Antecedents affecting purchase intention of green skincare products: a case study in Vietnam. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 1295–1302.
Fadhila, S., Lie, D., Wijaya, A., & Halim, F. (2020). Pengaruh sikap konsumen dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian pada mini market Mawar Balimbingan. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(1), 53–60.
Haikal, I. H., Ohorella, N. R., & Prihantoro, E. (2022). Strategi komunikasi pemasaran angkringan Khulo melalui media sosial Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 111–122.
Haryoko, U. B. (2017). Analisis pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil di UJM Motor Tanggerang Selatan. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 2(2), 1–20.
Hidayat, R. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi consumer decision making process (studi kasus rumah makan bebek Sinjai Madura). Journal of Industrial Engineering and Management Systems, 9(2), 77–95.
Jang, W.-J., & Chang, M.-H. (2023). The effect of Korean wave (hallyu) on the music industry. Journal of Industrial Distribution & Business, 14(11), 11–18.
Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian followers online shop instagram @kpopconnection. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 39–50.
Maulana, I., & Aprianti, K. (2021). Pengaruh promosi melalui media sosial instagram terhadap keputusan pembelian di Cafe Fix La Luna kota Bima. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 21(3), 249–255.
Mona, N., & Pramulia, R. R. F. (2023). Peran copywriter dalam membangun brand awareness Sarimi Puass di Instagram. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 5(1), 109–120.
Noor, N. M. (2022). Rise of east asian media connection: Japanese and Korean cultural globalisation through media. Journal of Contemporary Islamic Communication and Media, 2(1), 76–91.
Nurimani, G. S., & Rachmawati, I. (2022). Strategi promosi di media sosial dalam menarik minat beli produk pakaian. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 2(1), 59–62.
Parc, J., & Kim, Y. Y. (2020). Analyzing the reasons for the global popularity of BTS: a new approach from a business perspective. Journal of International Business and Economy, 21(1), 15–36.
Pranindyastuti, T., & Ni’mah, F. S. (2023). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian aksesoris hp (studi kasus: gajah mungkur cell pangkalan bun). Magenta, 11(2), 103–117.
Putra, E. Y., & Tasya. (2023). Analysis of the influence of social media marketing activities on purchase intention with brand equity mediation on Korean merchandise. International Journal of Social Science and Religion, 4(1), 95–108.
Rahmalia, D., Sari, I. R. M., Kasymir, E., & Tantriadisti, S. (2022). Keputusan pembelian bahan pangan online oleh konsumen rumah tangga di kota Bandar Lampung, Indonesia. Agricultural Journal, 5(2), 384–391.
Ramadiansyah, S., & Chaerowati, D. L. (2021). Pemasaran interaktif melalui media sosial sebagai sarana promosi Applecoast Clothing. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 8–16.
Rukmayanti, & Fitriana. (2022). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(2), 206–217.
Sari, D. N., & Basit, A. (2020). Media sosial Instagram sebagai media informasi edukasi. Communication Journal, 3(1), 23–36.
Setiyorini, A., Farida, U., & Kristiyana, N. (2018). Pengaruh promosi melalui media sosial, word of mouth, dan daya tarik wista terhadap keputusan berkunjung wisatawan obyek wisata gunung beruk karangpatihan balong. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 12–17.
Shadrina, R. N., & Sulistyanto, Y. (2022). Analisis pengaruh content marketing, influencer, dan media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada pengguna Instagram dan Tiktok di kota Magelang). Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1–11.
Soekarman, A., Roswaty, & Veronica, M. (2021). Pengaruh strategi promosi melalui social media terhadap keputusan pembelian. Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Ekonomi, 2(3), 73–83.
Syahbani, M. F., & Widodo, A. (2017). Food blogger Instagram: promotion through social media. Jurnal Ecodemica, 1(1), 46–58.
Turmono, & Fairuz, A. (2019). Pengaruh promosi, harga dan pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Tiki Tegal Parang a258p Jakarta. Jurnal Manajemen Oikonomia, 15(2), 63–79.
Ulya, N. A., Noviekayati, I., & Ananta, A. (2022). Perilaku pembelian impulsif merchandise k-pop pada remaja wanita komunitas stay ditinjau dari gaya hidup. Biopsikososial, 6(2), 661–672.
Wardhana, A., Budiastuti, E., Gultom, N. B., Sudirman, A., Julyanthry, Saputra, G. G., Rizkia, N. D., Sari, R., Fardiansyah, H., Savitri, C., & Amruddin. (2022). Teori perilaku konsumen (teori dan implementasi). Media Sains Indonesia.
Published
2024-08-22
How to Cite
FadhilahA., NandangN., & RachmaniN. N. (2024, August 22). Keputusan Pembelian Merchandise K-Pop Ditinjau dari Promosi Pada Online Shop Sunfloca di Media Sosial Twitter. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 7(2), 499-507. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v7i2.7910
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times