Peningkatan Kesadaran Merek Coffee Shop Pemkop Melalui Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu

  • Alyka Audri Ramadina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ismail Yusuf Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nizza Nadya Rachmani Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords:
Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu, Kesadaran Merek, Kedai Kopi Pemkop

Abstract

Coffee Shop Pemkop memiliki tantangan besar untuk mampu meningkatkan kesadaran merek di benak konsumennya dalam menghadapi kondisi maraknya merek kedai-kedai kopi lain yang berdekatan di lingkungan lokasi Pemkop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi komunikasi pemasaran terpadu dalam meningkatkan kesadaran merek Coffee Shop Pemkop. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan kunci yaitu pemilik Pemkop merangkap tim pemasaran dan informan tambahan karyawan dan konsumen Pemkop. Pengumpulan data ini melalui wawancara langsung, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi komunikasi pemasaran terpadu Coffee Shop Pemkop dalam delapan elemen utama yaitu periklanan, promosi penjualan, acara dan pengalaman, hubungan masyarakat dan publisitas, pemasaran online dan media sosial, pemasaran mobile, pemasaran langsung dan basis data serta penjualan personal, berhasil saling terintegrasi dan aktif dijalankan untuk meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen. Tingkat kategori kesadaran merek Pemkop saat ini masih berada pada tahap pengenalan (brand recognition) dimana pelanggan sudah mampu mengenali simbol dan tagline merek Pemkop. Memanfaatkan penggunaan elemen pemasaran media online dan media sosial yang diterapkan Coffee Shop Pemkop efektif dapat meningkatkan kesadaran merek pada aktivitas komunikasi pemasaran Pemkop. Urgensi penelitian ini dapat berkontribusi berupa wawasan dan pemahaman serta masukan terhadap Coffee Shop Pemkop dalam memaksimalkan  pemasaran offline maupun pemasaran layanan online secara terintegrasi terhadap strategi komunikasi pemasaran terpadu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alberta, H., & Wijaya, L. S. (2021). Analisis strategi komunikasi pemasaran terpadu dalam meningkatkan penjualan dan brand awareness. Jurnal Ilmiah Media, 2(1), 1-14.
Amanah, D., & Harahap, D. A. (2018). Pengaruh komunikasi pemasaran perusahaan terhadap kesadaran merek pelanggan. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 11(3), 207-216.
Belinda, A., & Loisa, R. (2019). Komunikasi pemasaran dalam membangun brand awareness (Studi kasus Partipost). Prologia, 3(1), 9-16.
Buana, A. W., Azizah, N., Pratami, R., & Margaretha, L. (2020). Strategi komunikasi pemasaran waroeng ss dalam meningkatkan brand awareness konsumen melalui instagram. Jurnal Riset Komunikasi, 11(1), 58-68.
Camsennius, V., & Loisa, R. (2022). IMC pada pusat perbelanjaan dalam membangun brand awareness (Studi kasus Trans Studio Mall Cibubur di masa pandemi). Prologia, 6(2), 384-393.
Clow, K. E., & Baack, D. E. (2018). Integrated advertising, promotion, and marketing communications (3rd ed.). Pearson.
Digdowiseiso, K., & Ria, R. (2023). Pengenalan digital marketing bagi pelaku umkm di kelurahan jatisampurna kota Bekasi. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 608-620.
Endri, E. P., & Prasetyo, K. (2021). Strategi komunikasi pemasaran produk kopi kawa daun tanah datar dalam membangun brand awareness. Jurnal Audiens, 2(1), 134-142.
Keke, Y. (2015). Komunikasi pemasaran terpadu terhadap brand awareness. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik, 2(1), 172-186.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Person.
Kurniawanti, D., & Hendrawan, B. (2017). Analisis strategi komunikasi pemasaran PT. Indonesia villajaya dalam upaya membangun loyalitas pelanggan. Journal of Applied Business Administration, 1(1), 61-73.
Latifa, N. H., & Rochdiani, D. (2019). Kajian strategi pemasaran usaha kedai kopi kadaka cafetaria di kota Bandung. Agribisnis dan Social Ekonomi Pertanian, 4(1), 642-651.
Naftali, J., Kusumaningrum, H., & Romadhan, M. I. (2024). Strategi komunikasi pemasaran terpadu pada UMKM Pottapots dalam meningkatkan brand image melalui Instagram. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Komunikasi (SEMAKOM) 2,(1), 186-194.
Noti, F. B., Widodo, H. P., & Setiamandani, E. D. (2021). Strategi komunikasi pemasaran kae thai tea dalam meningkatkan brand awareness. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(1), 33-43.
Novrian, A., Aldrich, & Rizki, M. F. (2021). Integrated marketing communication kedai sodare kopi dalam meningkatkan brand awareness. Medium, 9(1), 81-91.
Nur, A., & Firdaus, M. (2018). Strategi komunikasi pemasaran batik gonggong “lawana” tanjungpinang dalam membangun brand awareness. Jom Fisip, 5(1), 1-11.
Putri, A. V., & Ali, D. S. F. (2020). Strategi komunikasi pemasaran terpadu coffee shop kopi tuli. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 95-108.
Salamah, N., & Isyanto, P. (2024). Strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan produk Telkom Witel Karawang. PENG: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 1(2), 706-714.
Sari, J. I., & Susilo, J. (2021). Strategi bertahan cafe melalui pendekatan integrated marketing communication di mesa pandemi covid-19. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 117-130.
Soetristiyono, Y. E., & Vanel, Z. (2022). Integrated marketing communication naruna keramik dalam membangun brand awareness pada masa pendemi. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(2), 248-263.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (Ke-2). Alfabeta.
Swimbawa, M. K., & Lemy, D. M. (2023). Pengaruh social media marketing terhadap brand awareness, brand image dan brand loyalty pesona indonesia. Bulletin of Community Engagement, 3(2), 239-249.
Taryana, A., & Retnowardhani, D. (2023). Peran integrated marketing communication pada perusahaan media (di menara62. com–media dakwah muhammadiyah). Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 277-282.
Usman, R. P., & Kurniasari, N. G. A. K. (2021). Upaya publikasi kopi cat cafe melalui Instagram @kopicat.groovy by groovy dalam membangun brand awareness. Pantarei, 5(3), 1-6.
Utama, A. M., & Sanusi, N. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Martabak Mertua Dalam Meningkatkan Omset Penjualan. Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi), 2(2), 69-80.
Wattimena, G. H. J. A. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk “Kopi Kenangan”. SKETSA BISNIS (e-jurnal), 11(1), 24-41.
Widiyanti, S. D. (2020). Analisis strategi bisnis dengan menciptakan brand awareness. Semarak, 3(3), 120-130.
Wongko, P., & Purnamasari, O. (2023). Implikasi komunikasi pemasaran kopi lima detik dalam membangun brand image. Jurnal Bincang Komunikasi, 1(2), 42-48.
Published
2024-08-23
How to Cite
RamadinaA., YusufI., & RachmaniN. N. (2024, August 23). Peningkatan Kesadaran Merek Coffee Shop Pemkop Melalui Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 7(2), 517-526. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v7i2.7916
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times