Aktivitas Pemasaran Media Sosial untuk Keberlanjutan Usaha Melalui Co-creation pada Merek Fashion Ecinos

  • Agustina Tri Astuti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nandang Nandang Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nizza Nadya Rahmani Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords:
Aktivitas Pemasaran Media Sosial Media, Keberlanjutan Usaha, Co-Creation

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak yang ditimbulkan pada aktivitas pemasaran media sosial terhadap keberlanjutan usaha melalui variabel co-creation. Co-creation yang melibatkan kolaborasi antara perusahaan dan konsumen dalam menciptakan nilai bersama, merupakan aspek krusial dalam pemasaran modern. Co-creation dapat membantu perusahaan dalam membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka secara lebih tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik purposive sampling untuk memilih sampel yang terdiri dari para followers potensial dan pelanggan yang telah mengikuti Instagram Ecinos. Sebanyak 100 responden telah terlibat dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan dengan menerapkan Skala Likert dan dianalisis dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan SmartPLS 4.0 sebagai alat bantu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap variabel dalam penelitian ini signifikan dan memediasi pengaruh antar variabel. Secara khusus, aktivitas pemasaran media sosial yang dilakukan pada akun instagram Ecinos telah terbukti efektif dalam meningkatkan jangkauan dan memperkuat keterlibatan konsumen dengan menggabungkan prinsip-prinsip Co-creation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdelaziz, K. M. E. (2022). Customers co-creation intention: the mediating role of customer brand engagement on social media in fashion. Universiti Sains Malaysia.
Agag, G., Durrani, B. A., Shehawy, Y. M., Alharthi, M., Alamoudi, H., El-halaby, S., Hassanein, A., & Abdelmoety, Z. H. (2023). Understanding the link between customer feedback metrics and firm performance. Journal of Retailing and Consumer Services, 73(103301), 1–16.
Agrawal, A. K., & Rahman, Z. (2015). Roles and Resource Contributions of Customers in Value Co-creation. International Strategic Management Review, 3(1–2), 144–160.
Agustinus, A., & Junaidi, A. (2020). Pengaruh Sosial Media (Instagram) dalam Meningkatkan Brand Awareness Kopi Kenangan. Prologia, 4(2), 339–346.
Alfiansyah, L. (2021). Pengaruh viral marketing dan kepercayaan pelanggan terhadap keputusan pembelian online shop pada mahasiswa Universitas Jember. Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama.
Alves, H., Ferreira, J. J., & Fernandes, C. I. (2016). Customer’s operant resources effects on co-creation activities. Journal of Innovation and Knowledge, 1(2), 69–80.
Ardyan, E., & Putri, O. T. (2016). Dampak positif seorang wirausaha yang memiliki kompetensi kewirausahaan pada kesuksesan inovasi produk dan kinerja bisnis. Jurnal Kewirausahaan Dan Usaha Kecil Menegah, 1(1), 11–19.
Chairy, J. M., & Setyawati, C. Y. (2022). Pengaruh e-wom terhadap purchase intention melalui value co-creation pada CV. Kuraku Indonesia. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 6 (5), 445-454.
Cheung, M. L., Pires, G., Rosenberger, P. J., Leung, W. K. S., & Chang, M. K. (2021). The role of social media elements in driving co-creation and engagement. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 33(10), 1994–2018.
Hadiwijaya, H., & Prasetya, D. (2023). Meningkatkan kualitas produk dan daya saing melalui inovasi dan pemasaran digital pada pengrajin sangkar burung di Palembang. 1(5), 289–295.
Laksmidewi, D. (2014). Partisipasi pelanggan, anteseden dan pengaruhnya terhadap kualitas jasa: perspektif service-dominant logic. Jurnal Manajemen, 11(2), 120-135.
Pradisty, A. A., Anggraini, F., & Setiaji, M. R. (2024). Pengaruh keterlibatan konsumen dan penghargaan terhadap kepercayaan dan loyalitas merek dalam komunitas merek Uniqlo. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(8), 381–392.
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas media sosial sebagai media promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212–231.
Quita, A. G. (2018). Pengaruh kualitas layanan daring dan motivasi konsumen terhadap kesediaan partisipasi konsumen pada aktivitas kreasi bersama. Tesis. Yogyakarta: Magister Sains Manajemen Universitas Gajah Mada.
Ramadhani, H. S., Jumsur, H. M., & Dharmoputra, S. (2019). The influence of social media marketing activities Lazada. co. id towards brand awarness brand image and brand loyalty (study case: followers of Lazada. co. id on instagram).
Sarasvuo, S., Rindell, A., & Kovalchuk, M. (2022). Toward a conceptual understanding of co-creation in mereking. Journal of Business Research, 139(4), 543-563.
Siregar, A. M., Marakali Siregar, O., Rochendy, F., Simanjuntak, M., Naibaho, R. V., Dasuha, T. W. S., Hutajulu, J. C., & Breslyn Panggabean, D. (2024). Literature review analisis dampak co-creation dalam meningkatkan kinerja pemasaran pada Chey Salon Ring Road Medan. Jurnal Keuangan Dan Manajemen Akuntansi, 6(3), 140-154.
Sudarti, K., & Wardhiani, O. (n.d.). Peran kapabilitas interaksi dan kreasi nilai bersama untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan (JEBIK) 2021, 10(3), 227–245.
Suharsono, R. S., & Sari, R. P. (2019). Pengaruh promosi media online terhadap keputusan pembelian produk hijab. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(2), 41-54.
Wijayanti, T., Savitri, C., Pramudita Faddila, S., Ekonomi dan Bisnis, F., Buana Perjuangan Karawang, U., & Author, C. (2024). The influence of content marketing instagram and celebrity endorsement on consumer purchase intention Bittersweet By Najla (study on instagram followers Bittersweet By Najla Karawang) pengaruh content marketing instagram dan celebrity endorsement terhadap. In Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 103-114.
Published
2024-08-22
How to Cite
AstutiA., NandangN., & RahmaniN. N. (2024, August 22). Aktivitas Pemasaran Media Sosial untuk Keberlanjutan Usaha Melalui Co-creation pada Merek Fashion Ecinos. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 7(2), 508-516. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v7i2.7896
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times