Peran Orientasi Kewirausahaan Dalam Memediasi Pemanfaatan Media Digital dan Kompetensi Kewirausahaan Dalam Peningkatan Kinerja Usaha

  • Muhammad Hidayat STIE Nobel Indonesia
  • Maryadi Maryadi Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Nur Haeda Zaeni Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
Keywords:
Media Digital, Kompetensi Kewirausahaan, Orientasi Kewirausahaan, Kinerja Usaha

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui peran orientasi kewirausahaan dalam memediasi pemanfaatan media digital dan kompetensi kewirausahaan dalam peningkatan kinerja usaha, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat analisis SEM-PLS  yang digunakan untuk menganalisa  data primer hasil peneltian yang didapatkan dari 98 respondet penelitian yang ditentukan melalui pendekatan Hair.

Hasil penelitian ini mengindikasikan (1) Tidak terdapat pengaruh antara pemanfaatan media digital dengan kinerja usaha Mikro (2) Kompetensi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha (3) Pemanfaatan media digital berpengaruh terhadap orientasi usaha (4) Kompetensi kewirausahaan berpengaruh terhadap orientasi kewirausahaan (5) Orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja usaha (6) Pemanfaatan media digital  berpengaruh terhadap kinerja usaha melalui orientasi kewirausahaan,   (7) Kompetens kewirausahaan  berpengaruh terhadap kinerja usaha  melalui orientasi kewirausahaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, R. (2018). Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berbasis Aspek Modal Sosial (Studi pada BUMDes Surya Sejahtera, Desa Kedungturi, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo). Universitas Airlangga
Aminartha, D. S. A., Lantara, N. F., & Arifuddin, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Digital Terhadap Tingkat Penjualan Produk Kuliner Kemasan. Economics and Digital Business Review, 4(2), 369-378.
Anggita Tresliyana Suryana & Burhanuddin (2021) Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Tehadap Kinerja Usaha UMKM Kopi : Sebuah Tinjauan Teoritis dan Empiris. Jurnal AGRISEP DOI: 10.31186/jagrisep.20.1.117-128.
Ariawan Aryapranata & Husen Hutagalung (2022) Digital Marketing untuk Pengembangan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal esensi sistem informasi dan sistem komputer Vol 6 No 2 . DOI: https://doi.org/10.55886/infokom.v6i2.502
Bambang Setiyo Pambudi, Suyono, (2019) DIGITAL MARKETING AS AN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION STRATEGY IN BADAN USAHA MILIK DESA(BUMDesa) IN EAST JAVA. Kompetensi, Vol 13, No 2, Oktober 2019,
Bisma Galih Nugraha , Trustorini Handayani (2022). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Pada Sentra Tahu Dan Tempe Cibuntu Kota Bandung. Journal of Economics, Management, Business and Accounting. Vol 2 No 1 (2022): DOI 10.34010/jemba.v2i1.6789
Darman Saputra, Hamsan, Ari Agung Nugroh, Dony Yanuar, Ary Fakturrachman Aryansyah¹\, Ryand Daddy Setyawan. (2022) Pemberdayaan BUMDes dan UMKM Desa Kace Timur Melalui Promosi Produk Berbasis Digital. Jrespro.Vol 3, No 1, Juli 2022, Page 6-10 ISSN 2723-1674 (Media Online) DOI 10.47065/jrespro.v3i1.2682,
Dessler, Gary. (2017). Human Resource Management. England: Pearson Education Limited, Inc.
Eka Ludiya (2020). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Pada UMKM Bidang Fashion di Kota Cimahi. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. Vol 11 No 2
Feriyansyah, A., Febriansyah. (2023). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (Studi Kasus Usaha Makanan Ringan di Kota Pagar Alam). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1) . doi: https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1
Flew, Terry.(2008). New Media: An Introduction (3rd Edition). South Mellbroune: Oxford University Press
Galib, M., Haerani, S., Maming, J., & Munir, A. R. (2022, November). The Effect of Using Social Media Marketing and Market Orientation on the Performance of Culinary MSMEs in Makassar. In Proceeding of The International Conference on Economics and Business (Vol. 1, No. 2, pp. 615-625).
GALIB, M., HAERANI, S., MAMIMG, J., & RAZAK MUNIR, A. (2022). The Role of SMT and Business Network Accentuation on Value Distribution and Performance Consequences. Journal of Distribution Science, 20(5), 97-104.
Hair, J. F, Black, W. C, Babin, B.J, Anderson, R. E., & Tatham, R. L., (2006). “Multivariate dataAnalysis”, Sixth Edition, New Jersey: Prentice Hall.
Hendra Suwardana, (2018). Revolusi Industri 4.0 Berbasis Revolusi Mental
Hidayat, M., & Citra, C. (2020). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Kinerja Bisnis Warung Kopi di Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 5(1), 244-256.
Hsu, Y.-L. (2012), “Facebook as international emarketing strategy of Taiwan hotels”, International Journal of Hospitality Management, Vol. 31 No. 1, pp. 972-980.
H.Y. Hartanto, (2022 Analisi pengaruh penggunaan media digital terhadap kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)
Indra Permana, (2020) KINERJA USAHA BUMDES DI KABUPATEN BEKASI DIPENGARUHI OLEH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, TEKNOLOGI DIGITAL KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI USAHA.Vol 1, No. 2 (2020), Desember 2020 E-ISSN: 2746-2471,
Kaplan, Andreas and Michael Haenlein. (2010). Users of the world, unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Kelley School of Business. Business Horizons, Vol. 53, No. 1, pp.59-68
Kevin dan Ida Puspitowati, (2020) Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja UMKM..Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Volume II No. 3/2020 Hal: 612-620,
Liekyhung & Lydiawati Soelaiman (2022) Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha UMKM DKI Jakarta yang Dimediasi oleh Kompetensi Kewirausahaan. Jurnal Manajerian dan Kewirausahaan Vol. 4 No. 3 Vol. 4 No. 3 (2022):
Muhammad Fakhri Rasyidi (2016) Pengaruh Orientasi kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada UMKM Keripik Buah Di Wilaya Malang Raya) Jurnal Iliah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. Vol 4 No 2
Muhammad Ridwansyah, Dwi Hastuti, Heriberta, Syaparuddin, Emilia, (2019). Penguatan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dengan Memaksimalkan Pemanfaatan Berbagai Fasilitas Digital. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat p-ISSN 2807- 3398 DOI: 10.53867/JPM.v1i2.30 e-ISSN 2807-3401.
Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi, Ni Made Suci & Komang Krisna Heryanda (2022). Strategi Transformasi Digital UMKM Kerajinan Tangan Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Kabupaten Gianyar Bali. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora. Doi: https://doi.org/10.23887/jish.v11i2.39734
Nurjannatul Hasanah, Mohammad Nur Utomo & Hariyadi Hamid (2018). Hubungan Kompetensi Kewirausahaan Dan Kinerja Usaha: Studi Empiris UMKM Di Kota Tarakan. Management Insight : Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol 13 No 2 . https://doi.org/10.33369/insight.13.2.27-38
Prasetyo, B., & Trisyanti, D. (2018). Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series. No. 5.
Prasetyo, (2018) Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan pancasila dan kewarganegaraan pada SMK Negeri 1 Selo
Sedarmayati. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.
Setia Tjahyanti ,Nurafni Chaerunisa, (2020) Kompetensi,Kepemimpinan. Media Bisnis P-ISSN: 2085 – 3106 Vol. 12, No. 2, September 2020, Hlm. 127-132 http://jurnaltsm.id/index.php/MB.
Sugiyono. (201)1 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Warsiyah (2023). Analisis Kebutuhan UMKM di Era Digital terhadap Peningkatan Kinerja UMKM di Bandar Lampung Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer Volume 7, Nomor 3, Agustus 2023. http://doi.org/10.33395/remik.v7i3.12917
Wijaya, Suhaji. 2012. Pengaruh kemampuan dan motivasi terhadap kinerja karyawan
Zulkifli, Irwan Sugiarto, Fithriah Napu, Arief Yanto Rukmana & Puji Hastuti. (2023) Kesuksesan Wirausaha di Era Digital dari Perspektif Orientasi Kewirausahaan (Study Literature) Sanskara Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol. 1 No. 02. DOI: 10.58812/sek.v1i02.87
Published
2024-08-21
How to Cite
HidayatM., MaryadiM., & ZaeniN. (2024, August 21). Peran Orientasi Kewirausahaan Dalam Memediasi Pemanfaatan Media Digital dan Kompetensi Kewirausahaan Dalam Peningkatan Kinerja Usaha. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 7(2), 403-419. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v7i2.6848
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times