Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Karyawan di PT Bosowa Propertindo Makassar

  • Muhammad Hidayat STIE Nobel Indonesia
  • Dwi Fitria Azzahra Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Sultan Alauddin Makassar
Keywords:
Intelectual Capital, Prestasi Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh intelectual capital terhadap kinerja karyawan di PT. Bosowa Propertindo Makassar, untuk mendapatkan hasil yang maksimal  penelitian ini  menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, yaitu pendekatan yang bertujuan menentukan ada atau tidaknya hubungan diantara variabel-variabel yang diteliti. Penelitian ini tergolong field research dan library research, dimana data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan penelusuran referensi dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, korelasi linear berganda, koefisien determinasi, serta uji-F dan uji-t.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Intellectual Capital terhadap Kinerja Karyawan di PT. Bosowa Propertindo Makassar. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Keberadaan Intellectual Capital dalam suatu perusahaan cukup mempengaruhi kinerja para karyawan dalam perusahaan tersebut, sehingga semakin baik perusahaan mampu mengelola Intellectual Capital yang mereka miliki, maka akan semakin besar pula produktivitas yang akan dihasilkan oleh perusahaan yang bersangkutan. 2) Manajemen perusahaan perlu meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya (human capital) dan memilih sumber daya manusia yang berkompeten agar memberikan nilai tambah yang besar bagi perusahaan, melengkapi infrastruktur pendukung (structural capital) yang dapat mendukung sumber daya manusia berfungsi, serta menjaga dan lebih meningkatkan hubungan baik antara perusahaan dengan para mitra internal maupun eksternalnya (relational capital), sehingga apabila nilai Intellectual Capital (human capital, structural capital, dan relational capital) meningkat, maka akan meningkatkan pula kinerja karyawan dan kinerja perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifah, Sarrah dan Henny Medyawati. “Analisis Pengaruh Elemen Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan pada Industri Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” (2012).

Christa, Usup Riassy. “Peran Human Capital dan Structural Capital dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi.” JSM. vol.1 no.1 (April 2013).

Darmawati, Arum. “Mengelola Suatu Perubahan dalam Organisasi.” vol.3 no.1 (2007).

Divianto.“Pengaruh Faktor-Faktor Intellectual Capital Terhadap Business Performance: Survey pada Perusahaan Swasta di Palembang.” Orasi Bisnis,(November 2010).

Gunawan, Cecilya dan Yuliawati Tan. “Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Traditional Measures Of Corporate Performance Dari Badan Usaha Manufaktur yang Go Public di BEI.” Calyptra, vol.2 no.2 (2013).

Hariyanto, Wiwit dan Sigit Hermawan. “Pengaruh Intellectual Capital terhadap Business Performance dan Competitive Advantage pada Perusahaan Farmasi di Jawa Timur.” (2015).

Hasibuan, Malayu. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. n.p: Bumi Aksara. 2012.

Helmiatin. “Optimalisasi Peran Modal Intelektual Terhadap Kinerja Karyawan.” Etikonomi, vol.14 no.1 (April 2015).

Hermanus, Giovanni Ivan dan Evelyn. “Pengaruh Intellectual Capital terhadap Profitabilitas: Produktivitas dan Penilaian Pasar Perusahaan Sektor Perbankan.” GEMA AKTUALITA, vol.2 no.2 (Desember 2013).

http://222.124.203.59/files/disk1/399/jbptunikompp-gdl-belanniawa-19908-6-microsof-..pdf

http://222.124.203.59/files/disk1/666/jbptunikompp-gdl-ekosusanto-33266-11-unikom_e-i.pdf

http://www.damandiri.or.id/file/madekarapesinunpadbab4.pdf

Istijanto. Riset Sumber Daya Manusia. Cet. II dan III; Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Jaluanto dan Kurniyawan, Leonardo Adi. “Studi Intellectual Capital Terhadap Nilai Pasar dan Kinerja Keuangan Perusahaan Makanan dan Minum: Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2010.” Serat Acitya, (2010).

Muafi. “Pengaruh Strategic Human Capital Terhadap Kinerja Entrepreneurial.” JAMBSP, vol.6 no.2 (Februari 2010).

Mulyono,Fransisca. “Firm Capability dalam Teori Resource-Based View.” Center for Business Studies, vol.9 no.2 (2013).

Mumpuni, Karlina Hayu dan Raharja. “Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Business Performance.” Diponegoro Journal Of Accounting, vol.2 no.2 (2013).

Ongkorahardjo, Martina Dwi Puji Astri dkk. “Pengaruh Human Capital terhadap Kinerja Perusahaan.” Jurnal Akuntansi dan Keuangan, vol.10 no.1 (Mei 2008).

Purba, Sukarman. “Pengaruh Budaya Organisasi, Modal Intelektual, dan Perilaku Inovatif terhadap Kinerja Pemimpin Jurusan di Universitas Negeri Medan.” Kinerja, vol.13 no.2 (2009).

Puspita, Karina Endhy. “The Effect Of Intellectual Capital to The Performance Of Employees On Islamic Microfinance Institutions.” (2013).

Rachmawati, Damar Asih Dwi. “Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Return On Asset (ROA) Perbankan.” Erlangga, vol.1 no.1 (2012).

Ramanda, Yuli dan Bustari Muchtar. “Pengaruh Human Capital, Relational Capital, dan Organizational Capital terhadap Kinerja Pegawai.” (2014).

Saptaraharja, R.Surya. “Pengaruh Komunikasi dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Tim Teknis Perizinan terhadap Kualitas Pelayanan Penerbitan Izin Lokasi.” BPT, (2012).

Sari, Galuh Dwinta. “Perbedaan Keterampilan Interpersonal pada Wanita Pekerja Formal dan Wanita Pekerja Informal di Kota Malang.”

Soedarsa,Herry Goenawan dkk. “Pengaruh Audit Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan.” Jurnal Akuntansi dan Keuangan, vol.5 no.1 (Maret 2014).

Soetedjo,Soegeng dan Safrina Mursida. “Pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Perbankan.” (September 2014).

Sofia, Myrna. “Intellectual Capital Pada Sektor Perbankan di Indonesia.” JEMI, vol.1 no.1 (Desember 2010).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet. XX; Bandung: Alfabeta, 2014.

Suhendah, Rousilita. “Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Profitabilitas: Produktivitas dan Penilaian Pasar Pada Perusahaan yang Go Public di Indonesia pada tahun 2005-2007.” (2012).

Sunar. “Pengaruh Faktor Biografis (Usia, Masa Kerja, dan Gender) terhadap Produktivitas Karyawan (Studi Kasus PT. Bank X).” Forum Ilmiah, vol.9 no.1 (Mei 2012).

Wahyuni,Luh Mei. “Aplikasi Praktik-Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Kinerja Karyawan dan Kinerja Pemasaran.” Bisnis dan Kewirausahaan, vol.5 no.1 (Maret 2009).

Wibowo. Manajemen Kinerja. Edisi Revisi ke Empat. n.p.:Rajawali Pers, 2014.

Wicaksana, Adityas. “Pengaruh Intellectual Capital terhadap Pertumbuhan dan Nilai Pasar Perusahaan pada Perusahaan Perbankan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia.” (2011).

Wijaya, Shearly Putri. “Pengaruh Intellectual Capital terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Farmasi di BEI.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, vol.1 no.3 (Mei 2012).

Zuliyati dan Arya, Ngurah.. “Intellectual Capital dan Kinerja Keuangan Perusahaan: Intellectual Capital and Company’s Financial Performance.” Dinamika Keuangan dan Perbankan, vol.3 no.1 (November 2011).
Published
2019-02-01
How to Cite
HidayatM., & AzzahraD. (2019, February 1). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Karyawan di PT Bosowa Propertindo Makassar. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 2(1), 12-21. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v2i1.393
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 321 times
PDF downloaded = 302 times