Expectation-Confirmation Model dengan Extended variable Adaptation dan Trust pada Penggunaan Go Send

  • Calvin Chandra Hidajat Universitas Ciputra Surabaya
  • Rinabi Tanamal Universitas Ciputra Surabaya
Keywords:
Go Send, Expectation-Confirmation Model (ECM), Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM)

Abstract

Gojek merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa layanan di Indonesia. Menurut Lembaga Demografi FEB UI konsumen percaya bahwa penggunaan aplikasi Gojek dapat meningkatkan produktivitas sehari-hari. Gojek memiliki mitra dibidang layanan jasa antar barang dalam jarak dekat (dalam kota) yang bernama Go Send. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu variabel yang memiliki pengaruh signifikan menggunakan model Expectation-Confirmation Model (ECM) dengan extended variable yaitu Adaptation dan Trust . Penelitian ini menganalisis pengaruh Confirmation, Satisfaction dan Perceived Usefulness terhadap keberlanjutan untuk terus menggunakan Go Send dengan tambahan variabel Trust dan Adoption. Hal pertama yang dilakukan untuk membantu menyelesaikan problem dari data analisis ini adalah pengumpulan data kuantitatif dalam bentuk data primer menggunakan Google Form yang akan disebarkan kepada pengguna layanan Go Send di Surabaya. Setelah terkumpul 164 data responden selanjutnya akan dilakukan data preprocessing (exploratory data analysis dan pengecekan missing value) dan data analisis dengan bantuan Google Colab. Partial Least Squares Structural Equation Modeling akan digunakan untuk mengukur pengaruh signifikan pada variabel yang sudah ditetapkan. Hasil dari penelitian ini menetapkan dari 11 hipotesis yang sudah dibuat terdapat 2 hipotesis yang tidak memiliki pengaruh signifikan. Dapat disimpulkan bahwa persepsi pengguna mengenai kegunaan dan kepuasan sangat penting dalam menentukan pengguna untuk memutuskan terus menggunakan Go Send.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Amin, M., Arefin, M. S., Sultana, N., Islam, M. R., Jahan, I., & Akhtar, A. (2020). Evaluating the customers’ dining attitudes, e-Satisfaction and Continuance Intention toward mobile food ordering apps (MFOAs): evidence from Bangladesh. European Journal of Management and Business Economics, 30(2), 211–229. https://doi.org/10.1108/EJMBE-04-2020-0066
de Cicco, R., e Silva, S. C., & Alparone, F. R. (2020). Millennials’ attitude toward chatbots: an experimental study in a social relationship perspective. International Journal of Retail and Distribution Management, 48(11), 1213– 1233. https://doi.org/10.1108/IJRDM-12-2019-0406
Gamil, Y., & Abd Rahman, I. (2023). Studying the relationship between causes and effects of poor communication in construction projects using PLS-SEM approach. Journal of Facilities Management, 21(1), 102–148. https://doi.org/10.1108/JFM-04-2021-0039
Jahan, N., & Shahria, G. (2022). Factors effecting customer Satisfaction of mobile banking in Bangladesh: a study on young users’ perspective. South Asian Journal of Marketing, 3(1), 60–76. https://doi.org/10.1108/sajm-02-2021- 0018
Kurniabudi, K., & Assegaff, S. (2018). Model Persepsi Penggunaan Media Sosial pada Perkuliahan dengan Modifikasi Task Technology Fit dan Expectation Confirmation Theory. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(3), 107–114. https://doi.org/10.25077/teknosi.v4i3.2018.107-114
Lembaga Demografi FEB UI. (2021, October 19). Riset LD FEB UI: Kontribusi Ekosistem Gojek kepada PDB Indonesia Diperkirakan Meningkat 60% di Akhir 2021. https://feb.ui.ac.id/2021/10/22/riset-ld-feb-ui-kontribusi- ekosistem-gojek-kepada-pdb-indonesia-diperkirakan-meningkat-60-di-akhir- 2021/
Nguyen, G.-D., & Ha, M.-T. (2021). The role of user Adaption and Trust in understanding Continuance Intention toward mobile shopping: An extended expectation-Confirmation model. Cogent Business & Management , 8. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1980248
Oloveze, A. O., Okonkwo, R. V. O., Nwachukwu, C. P., Ogbonna, C., & Chukwuoyims, K. (2022). User behaviour on Continuance Intention to Use M- commerce in African context: mediating effect of perceived value. LBS Journal of Management & Research, 20(2), 2022–2043. https://doi.org/10.1108/LBSJMR-05-2022-0018
Pereira, R., & Tam, C. (2021). Impact of enjoyment on the usage Continuance Intention of video-on-demand services. Information and Management, 58(7). https://doi.org/10.1016/j.im.2021.103501
Rasool, F., Greco, M., Morales-Alonso, G., & Carrasco-Gallego, R. (2023). What is next? The effect of reverse logistics adoption on digitalization and inter- organizational collaboration. International Journal of Physical Distribution & Logistics Management. https://doi.org/10.1108/IJPDLM-06-2022-0173
Shaker, A. K., Mostafa, R. H. A., & Elseidi, R. I. (2021). Predicting intention to follow online restaurant community advice: a trust-integrated technology acceptance model. European Journal of Management and Business Economics. https://doi.org/10.1108/EJMBE-01-2021-0036
Yulianto, S., & Tanamal, R. (2019). The Influence of Brand Equity, Trust, Price, PEOU, and PU on Online Based Crowdfunding Investment. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi Vol. 2, No. 2, April 2019. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI
Khan, A., Zubair, S., & Khan, S. (2022). A systematic analysis of assorted machine learning classifiers to assess their potential in accurate prediction of dementia. Arab Gulf Journal of Scientific Research, 40(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/agjsr-04-2022-0029
Gastaldello, G., Streletskaya, N., & Rossetto, L. (2023, February 2). Glass half-full? A comprehensive PLS-SEM approach to explore the pandemic’s effect on wine tourism intentions. International Journal of Wine Business Research, 35(2), 322–345. https://doi.org/10.1108/ijwbr-03-2022-0011
Aghimien, D., Ikuabe, M., Aghimien, L. M., Aigbavboa, C., Ngcobo, N., & Yankah, J. (2022, August 31). PLS-SEM assessment of the impediments of robotics and automation deployment for effective construction health and safety. Journal of Facilities Management. https://doi.org/10.1108/jfm-04-2022-0037
Published
2024-08-21
How to Cite
HidajatC., & TanamalR. (2024, August 21). Expectation-Confirmation Model dengan Extended variable Adaptation dan Trust pada Penggunaan Go Send. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 7(2), 203-212. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v7i2.4672
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times