ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN TRANSPORTASI BENTOR ONLINE DAN BENTOR KONVENSIONAL DI KOTA GORONTALO
Pendapatan, Bentor Online, Bentor Konvensional, Independen Sample t-Test
Abstract
Peran transportasi sangatlah signifikan dalam mengembangkan perekonomian. Dalam konteks kemajuan teknilogi transportasi, telah muncul layanan bentor online yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam akses transportasi. Terdapat indikasi bahwa hal ini telah mengubah preferensi masyaralat dalam menggunakan transportasi, dengan lebih banyak orang memilih bentor online dibandingkan bentor konvensional. Hal ini berpotensi mempengaruhi pendapatan pengemudi, baik yang terlibat dalam layanan bentor online maupun konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pendapatan antara pengemudi bentor online dan pengemudi bentor konvensional, profil pendapatan dari kedua jenis pengemudi tersebut, dan faktor pendorong pengemudi bentor konvensional ikut bergabung atau tidak ikut bergabung menjadi pengemudi bentor online di Kota Gorontalo. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh melalui sumber data, kuesioner, dan wawancara langsung dengan pengemudi bentor online dan konvensional di Kota Gorontalo. Metode penelitian ini menggunakan analisis Independent Sample t-Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdepat perbedaan, dimana pendapatan rata-rata pengemudi bentor online lebih tinggi dibandingkan dengan pendapatan rata-rata pengemudi bentor konvensional di Kota Gorontalo. Profil pendapatan dari kedua jenis pengemudi ini dikontribusi oleh pengantaran penumpang. Faktor pendorong pengemudi bentor konvensional ikut bergabung menjadi pengemudi bentor online antara lain kemudahan mendapatkan penumpang, potensi pendapatan yang lebih tinggi, serta fleksibilitas dan ketersediaan penumpang yang lebih besar. Faktor pendorong pengemudi bentor konvensional tidak ikut bergabung menjadi pengemudi bentor online antara lain keberadaan pelanggan tetap, kebebasan menentukan tarif, ketidaksesuaian tarif aplikasi dengan jarak tempuh, serta kendala teknologi dan para pengemudi bentor konvensional ingin melestarikan bisnis komunitas.
Downloads
References
Buntuan, A. F. K., Rorong, I. P. F., & Tolosang, K. D. (2023). Analisis Pendapatan Becak Motor (Bentor) Di Kotamobagu. Jurnal Berkala Ilmiah Efisien, 23(3), 16–24.
Cai, Y., Woollacott, J., Beach, R. H., Rafelski, L. E., Ramig, C., & Shelby, M. (2023). Insights From Adding Transportation Sector Detail Into An Economy-Wide Model: The Case Of The ADAGE CGE Model. Energy Economics, 123, 106710. Https://Doi.Org/10.1016/J.Eneco.2023.106710
Fithra, H., Sirojuzilam, Saleh, S. M., & Erlina. (2018). Effect Of Freight Transportation For Regional Development In The North Zone Of Aceh. In Proceedings Of Micoms 2017 (Vol. 1, Pp. 35–42). Emerald Publishing Limited. Https://Doi.Org/10.1108/978-1-78756-793-1-00092
Hartadi, A. S., & Rusdiansyah, R. (2019). Pengaruh Tarif, Jam Kerja Dan Jumlah Orderan Terhadap Pendapatan Driver Go-Jek Di Kota Banjarmasin. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 2(1), 233. Https://Doi.Org/10.20527/Jiep.V2i1.1169
Kusuma, R., Praciwi, H., & Pratomo, G. (2020). Analisis Dampak Keberadaan Angkutan Daring Terhadap Perubahan Pendapatan Sopir Angkutan Kota Di Kota Surabaya ( Studi Kasus Pendapatan Sopir Angkutan Kota Di Terminal Dukuh Kupang Surabaya ). 02(1), 58–67.
Labiran, M. (2013). Analisis Penerimaan Daerah Dari Sektor Pariwisata Di Kabupaten Tana Toraja Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Universitas Hassanuddin.
Magazzino, C., & Maltese, I. (2021). Editorial: Transport Infrastructures: Investments, Evaluation And Regional Economic Growth. Research In Transportation Economics, 88, 101125. Https://Doi.Org/10.1016/J.Retrec.2021.101125
Munawar, A. (2005). Dasar-Dasar Teknik Transportasi. Beta Offset.
Purwoko, B., Chotib, C., & Yola, L. (2022). Peran Transportasi Online Dalam Menunjang Aktivitas Masyarakat Dan Menjaga Eksistensi Pasca Pandemi Covid-19 Di Kota Bekasi. Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 265–275. Https://Doi.Org/10.53866/Jimi.V2i2.73
Saputra, R. I., & Pertiwi, D. (2022). Analisis Dampak Kebijakan Taksi Online Terhadap Angkutan Konvesional (Angkutan Umum). JISRAH: Jurnal Integrasi Ilmu Syariah, 3(3), 533. Https://Doi.Org/10.31958/Jisrah.V3i3.8405
Sukirno, S. (2014). Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah, Dan Dasar Kebijakan. LPFE-UI.
Tong, T., & Yu, T. E. (2018). Transportation And Economic Growth In China: A Heterogeneous Panel Cointegration And Causality Analysis. Journal Of Transport Geography, 73, 120–130. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jtrangeo.2018.10.016
Watung, M. P., Rotinsulu, D. C., & Tumangkeng3, S. Y. L. (2020). Analisis Perbandingan Pendapatan Ojek Konvensional Dan Ojek Online Di Kota Manado. 20(03), 126–139.
Zhang, Y., & Cheng, L. (2023). The Role Of Transport Infrastructure In Economic Growth: Empirical Evidence In The UK. Transport Policy, 133, 223–233. Https://Doi.Org/10.1016/J.Tranpol.2023.01.017