PENGARUH KEY OPINION LEADER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

  • Alifya Arina Zahra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mochammad Revo Izqulby Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sulthan Dzaki Abdillah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Umair Abdullah Farouqi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syiti Sarah Maesaroh Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords:
Key Opinion Leader (KOL) Marketing, keputusan pembelian, skincare, marketplace, brand image, variabel mediasi, strategi pemasaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana para pemengaruh pendapat  (key opinion leader) mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli produk skincare. Dengan mempertimbangkan citra merek yang juga dikenal sebagai "brand image", citra merek berperan sebagai penghubung antara keduanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data dari 106 pengguna skincare melalui kuesioner online, Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software komputer SPSS 18 for Windows. Analisis data menunjukkan bahwa KOL pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen tentang produk skincare, menunjukkan betapa pentingnya bekerja sama dengan KOL dalam strategi pemasaran. Selain itu, brand image memediasi hubungan antara KOL marketing dan keputusan pembelian, menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap merek memainkan peran penting dalam mengubah pengaruh KOL pada keputusan pembelian. Hasil ini memiliki konsekuensi yang signifikan bagi pelaku bisnis dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan produk skincare di marketplace.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A., Samudra, J. P., Sherley, S., Veren, V., & Liang, W. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 15. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9272
Alviana Mawarda, & Fani Firmansyah. (2024). Pengaruh Content Marketing dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi: Studi pada Pembelian Produk Luxcrime di Kota Malang. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(5). https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i5.2525
Arikunto, S. (1983). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Asosiasi penyelenggara jasa internet indonesia. (n.d.). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Retrieved June 2, 2024, from https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang
Chen, X., Ding, Z., Dong, Y., & Liang, H. (2021). Managing consensus with minimum adjustments in group decision making with opinions evolution. IEEE Transactions on Systems, Man, and Cybernetics: Systems, 51(4), 2299–2311. https://doi.org/10.1109/tsmc.2019.2912231
Eldwin , G. J. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK KOSMETIK OBIEN SURABAYA DI JAWA TIMUR. Agora, 9(1).
Fachril, F. (2023). Peran Word of Mouth dan Inluencer dalam KOL (Key Opinion Leader) pada E-Commerce Tiktok Shop terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z (Studi Kasus Mahasiswa di Universitas Yapis Papua). Reliability: Jurnal Ilmu Manajemen, 1(2), 59–69.
Herawati, H., & Putra, A. S. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Azarine Cosmetic. Journal on Education, 5(2), 4170–4178. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1115
Kolinug, M. S., Mananeke, L., & Tampenawas, J. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK REVLON (studi kasus pada mahasiswa universitas sam ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 101. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41293
Kotler , P., & Armstrong, G. (2003). Study guide : Principles of marketing 13th edition (13th ed.). Prentice Hall.
Rahayu, N. L. P. G., & Kusumadewi, N. M. W. (2023). PERAN BRAND AWARENESS MEMEDIASI PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 318. https://doi.org/10.24843/eeb.2023.v12.i02.p17
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Xiong, L., Cho, V., Law, K. M., & Lam, L. (2021). A study of KOL effectiveness on brand image of skincare products. Enterprise Information Systems, 15(10), 1483–1500. https://doi.org/10.1080/17517575.2021.1924864
Zhao, F., & Kong, Y. (2017). Discovering Social Network Key Opinion Leaders Based on a Psychological Influence Model. Nternational Journal of Management and Applied Science (IJMAS)-IJMAS, 3(9), 43–49.
Published
2024-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times