PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PLATFORM SHOPEE, TOKOPEDIA, LAZADA, DAN TIKTOK SHOP DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM MAKANAN RINGAN (STUDI KASUS PADA UMKM MAKANAN RINGAN DI TASIKMALAYA)

  • Hafizha Nurul Qolby Universitas Pendidikan Indonesia
  • Shiddiq Hafizhulmalik Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rejas Pratama Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dian M. Manufandu Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syti Sarah Maesaroh Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords:
E-Commerce, UMKM, Makanan Ringan, Penjualan Online

Abstract

Penelitian ini membandingkan efektivitas empat platform e-commerce, yakni Shopee, Tokopedia, Lazada, dan TikTok Shop, dalam meningkatkan penjualan produk UMKM makanan ringan di Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan memanfaatkan data sekunder dari penjualan 40 produk makanan ringan UMKM di Tasikmalaya. Analisis dilakukan menggunakan uji Kruskal-Wallis dan analisis post-hoc dengan pendekatan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan dalam efektivitas keempat platform e-commerce dalam meningkatkan penjualan produk UMKM. Analisis post-hoc mengungkapkan bahwa Shopee dan TikTok Shop lebih efektif dalam meningkatkan penjualan dibandingkan Tokopedia dan Lazada. Temuan ini dapat membantu UMKM memilih platform e-commerce yang paling sesuai untuk mengoptimalkan penjualan produk makanan ringan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggela, N. L. (2024). Kemendag Ramal Transaksi E-Commerce di RI Tembus Rp533 Triliun. Kemendag.Go.Id.
Basuki, B. P. (2023). UMKM Goes Digital. Djpb.Kemenkeu.Go.Id.
Fatimah, F., Tyas, W. M., Widyabakti, M. A., & Ma’rifah, N. (2020). Manajemen Inovasi Bernafaskan Islam Melalui Analisis SWOT . Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 57–64.
Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2019). Management Information Systems: International Edition (16th ed.). Pearson Higher Education.
Permana, S. H. (2017). Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi : Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 8(1), 93–103. http://news.detik.com/
Rahmanisa, N., Haliza, N. V. N., Maharani, E. P., Inayah, G. N., & Agustanta, N. (2023). Hubungan Layanan E-Commerce terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah Relation of E-Commerce Service to Micro Small and Medium Enterprises. Journal of Public Policy and Administration Research, 8(2).
Saputra, D. I. S., & Adnan, A. F. (2017). Analisis dan Rekomendasi Strategi E-Commerce Pada Usaha Kecil Menengah Batik Sokaraja. Jurnal Pro Bisnis, 10(1).
Similiarweb. (2024). Top Websites Ranking Most Visited Ecommerce & Shopping Websites in Indonesia. Similiarweb.
Siregar, S. (2017). Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi (1st ed.). Penerbit Kencana.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Supriyanto, A., Chikmah, I. F., Salma, K., & Tamara, A. W. (2023). Penjualan Melalui Tiktok Shop dan Shopee: Menguntungkan yang Mana? BUSINESS: Scientific Journal of Business and Entrepreneurship, 1(1). https://journal.csspublishing/index.php/business
Published
2024-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times