PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PRAKTIK MATA KULIAH SIMULASI BISNIS SECARA VIRTUAL PADA PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS POLITEKNIK NEGERI MEDAN

  • Jumjuma Jumjuma Politeknik Negeri Medan
  • Agus Mariani Saragih Politeknik Negeri Medan
  • Nursiah Fitri Politeknik Negeri Medan
  • Fivi Rahmatus Sofiah Politeknik Negeri Medan
Keywords:
pembelajaran praktik, simulasi, bisnis virtual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran simulasi bisnis virtual dan selanjutnya untuk mengetahui model desain proses pembelajaran simulasi bisnis virtual yang digunakan mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi langsung pada prodi Administrasi Bisnis khususnya di kelas dengan praktik mata kuliah Simulasi Bisnis. Analisis data dilakukan dengan mentabulasi data, dan mengolah data dengan mentranskripkan hasil wawancara, mengkode dan mengintepretasikannya sehingga selanjutnya menyimpulkan dengan model pembelajaran simulasi bisnis.
Hasil penelitian adalah pengembangan praktik mata kuliah simulasi bisnis secara virtual dengan mengembangkan yang telah dibuat www.moonsonsim.com, kemudian dilakukan dengan tiga (3) tahapan: analisis kebutuhan, pengumpulan data, desain produk/pembelajaran virtual dan Desain proses pembelajaran simulasi bisnis secara virtual dilakukan dengan cara memilih edmodo, penyiapan foto foto bahan pembelajaran, menyiapkan pointer pointer kalimat pengajaran virtual, menyiapkan peralatan pembuatan pengajaran virtual

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyani, Pipin. (2020). Simulasi Bisnis Virtual Pada SMK Budi Mulia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 3, Nomor 2. Jakarta: LPPM Universitas Bina Sarana Informatika.
Batubara, Hamdan Husein. (2021). Media Pembelajaran Digital. Edisi 1. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Edmonson et al. (2012). Self-Directed Learning: A meta-analytic review of adult learning constructs. Volume 1. New York: Oxford University Press, Inc.
Ichijo. Nonaka. (2007). Knowledge Creation and Management: New Challenges For Managers. Volume 7, Nomor 3. New York: Oxford University Press, Inc.
Kundang Karsono dkk, (2016), Pengembangan Pembelajaran Manajemen Proyek Berbasis Multimedia Pada Perguruan Tinggi.Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Volume 5, Nomor 1, Maret 2016
Maggie, (2016). Simulation As Scaffolds In Science Education. London: SpringerBriefs in Educational Communications and Technology. Volume 7, Nomor 3. DOI: 10.1007/978-3-319-24615-4
Mulyadi, Alfine Putra. (2019). Pembangunan Media Informasi Simulasi Bencana Tsunami. Volume 1, Nomor 3. BMKG Bandung
Monsoon Academy.(2011). What is MonsoonSIM. Edisi 2. Avalaible on: http://www.monsoonsim.com [diakses tanggal 5 Agustus 2022]
Muhammad, (2010). Perancangan Permainan Simulasi Bisnis Pada Perusahaan SHUTTLECOCK Sebagai Alat Bantu Praktikum Perancangan Teknik Industri. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Putra, Yananto Mihadi. (2021). Analisis Siklus Manajemen Proses Bisnis Pada PT Indofood Sukses Makmur. Volume 1, Nomor 3. Jakarta: PT Indofood.
Sugiyono,(2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Volume 2, Nomor 12. Bandung: Alfabeta.
Umi Rusilowati, (2013). Analisis Organisasi Pembelajaran (Learning Organization) (Studi Kasus Pada Lembaga Penelitian Dan Pengembangan Pemerintah), Semnas Fekon: Optimisme Ekonomi Indonesia 2013, Antara Peluang dan Tantangan. Edisi 1. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, Adie E., (2008). Learning Organization and Human Resource Development. Avalaible on: https://teknologikinerja.wordpress.com/2008/05/07/learning-organization. Volume 2, Nomor 1. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Published
2024-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 12 times
PDF downloaded = 9 times