PENGARUH ELECTRONIC COMMERCE (E-COMMERCE) TERHADAP PENDAPATAN UMKM
UMKM, E-Commerce, dan pendapatan
Abstract
E-commerce merupakan bentuk dari perkembangan internet di era globalisasi saat ini. E-commerce semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Dengan adanya e-commerce pelaku UMKM mengalami perubahan pendapatan yang sangat signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-commerce terhadap pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh berdasarkan survei kuesioner yang dilakukan pada 35 UMKM yang sudah menggunakan e-commerce. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya e-commerce pendapatan UMKM meningkat. Dan pelaku UMKM merasakan bahwa dengan adanya e-commerce dapat memudahkan mereka dalam mengembangkan jualannya sehingga menghasilkan pendapatan yang lebih banyak dibandingkan berjualan secara langsung.
Downloads
References
Nandy. (n.d.). Pengertian E-Commerce: Jenis, Contoh, dan Manfaat. Gramedia. Retrieved January 8, 2024, from https://www.gramedia.com/literasi/e-commerce/
Semarang, K. (n.d.). UMKM. https://sukorejo.semarangkota.go.id/umkm
Shaid, N. J. (2023). Pengertian UMKM, Kriteria, Ciri dan contohnya. https://amp.kompas.com/money/read/2022/01/19/051518426/pengertian-umkm-kriteria-ciri-dan-contohnya
Sugiharto. (n.d.). Manfaatkan E-Commerce Dengan Benar. Djkn Kemenkue. Retrieved January 2, 2024, from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15814/Memanfaatkan-E-Commerce-Dengan-Benar.html
Sulthan Alif, A. S. (2016). 06. Bab II_Attariq Sabri Sulthan Alif_1302190484. 8–19. https://eprints.pknstan.ac.id/898/5/06. Bab II_Attariq Sabri Sulthan Alif_1302190484.pdf
UMKM Adalah: Definisi, Ciri, dan perkembangannya. (2023). Lyrid.Prima. https://lyrid.co.id/umkm-adalah-definisi-ciri-dan-perkembangannya/amp/
Yusvita Aprilyan, Elin Erlina Sasanti, & Isnawati. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 2(2), 292–306. https://doi.org/10.29303/risma.v2i2.216.