METODE CERTAINTY FACTOR PADA SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN JERUK LEMON BERBASIS WEB DI DESA BANYUKEMBAR WONOSOBO

  • Murti Jaimah Universitas Sains Al-Qur'an
  • Adi Suwondo Universitas Sains Al-Qur'an
  • Dimas Prasetyo Utomo Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Sistem Pakar, Certainty Factor, Penyakit Lemon

Abstract

Penyakit merupakan salah satu gangguan yang terdapat pada tanaman jeruk lemon. Penyakit yang menyerang tanaman akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan juga hasil panen. Kurangnya pengetahuan petani dalam mendiagnosa penyakit yang meyerang tanaman jeruk lemon menjadikan penanganan terhambat. Maka dari itu dibutuhkan konsultasi dengan seorang pakar ataupun ahli guna mendapatkan solusi terbaik. Sistem pakar merupakan sistem yang mengadopsi kemampuan pengambilan keputusan dari seorang ahli. Metode yang digunakan pada sistem pakar salah satunya yaitu certainty factor yang memperlihatkan besarnya tingkat kepercayaan. Dari uraian di atas, maka dibutuhkan sebuah sistem yang mampu bekerja seperti pakar atau ahli pertanian untuk mencari jawaban maupun solusi dari penyakit tanaman jeruk lemon. Hasil yang diperoleh sistem pakar ini nantinya mampu melakukan diagnosa dengan akurat terhadap penyakit tanaman jeruk lemon berdasarkan gejala yang dipilih sehingga penanganannya dapat segera dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arisah H, .(2016). Tren Berkebun Lemon. Trubus, 42-43.
Edward A, Feigenbaum BG, Buchanan D, and Meta D. (1933). Roots of Knowledge Systems and Expert System Applications, Artificial Intelligent 59 no. 1-2, 233-240.
Mohanapriya M, Ramaswamy L, Rajendran R, (2013). Health and Medicinal Properties of Lemon (Citrus Limonum ), International Journal Of Ayuverdic And Herbal Medicine, 3, pp.
Setyaputri KE.2018. Analisis Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT.Jurnal Ilmiah. Unnes. Yogyakarta.
Published
2023-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 72 times
PDF downloaded = 66 times