RESPON MAHASISWA SEBAGAI GENERASI Z TERHADAP PENUTUPAN TIKTOK SHOP
TikTok Shop, Mahasiswa, Gen Z, Belanja Online, Respon.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis respon mahasiswa Generasi Z terhadap penutupan TikTok Shop sebagai akibat dari pemberlakuan Peraturan Menteri Perdagangan, Permendag 31 Tahun 2023. Dengan mayoritas pengguna TikTok Shop berada dalam rentang usia 18-24 tahun, terutama kalangan mahasiswa, penelitian ini menggali dampak penutupan terhadap frekuensi dan perilaku belanja online mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang akan memberikan gambaran secara menyeluruh yang berkaitan dengan penutupan TikTok Shop dan tematik dilakukan identifikasi pada tema-tema yang muncul dari data tersebut. Data primer diperoleh melalui survei menggunakan kuesioner selama 7 hari pada November 2023. Sampel terdiri dari 110 mahasiswa dari berbagai universitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penutupan TikTok Shop tidak secara signifikan mempengaruhi frekuensi belanja online mahasiswa. Analisis respons mahasiswa mengikuti kategorisasi Stuart Hall, di mana sebagian besar berada dalam posisi negosiasi, mencerminkan adaptasi terhadap perubahan.
Downloads
References
Annur, Cindy Mutia. 2023a. “Survei KIC- Kominfo: Pengguna TikTok Di Indonesia Meroket Tajam Semenjak Pandemi Covid-19.” Databoks. 2023.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish
/2023/02/01/survei-kic-kominfo- pengguna-tiktok-di-indonesia-meroket- tajam-semenjak-pandemi-covid-19.
———. 2023b. “TikTok Shop Ditutup Di Indonesia, Ini Nilai Transaksinya Di Asia Tenggara Sejak 2021.” Databoks. 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish
/2023/10/04/tiktok-shop-ditutup-di- indonesia-ini-nilai-transaksinya-di-asia- tenggara-sejak-2021.
Dinda Mutia Hidayati. 2023. “JURNAL STRATEGI MANAJEMEN KRISIS PERUSAHAAN TIKTOK (KASUS KONTROVERSI TIKTOK SHOP).”
Strategi Dan Manajemen Krisis Kehumasan.
Dwi Putri Robiatul Adawiyah. 2020. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Di Kabupaten Sampang.” Jurnal Komunikasi 14 (2): 135–48.
Erliyani, Evlis, and Aida Nur Afiaf. 2023. “KONTROVERSI PENGHAPUSAN TIKTOK SHOP: BAGAIMANAKAH
PRO DAN KONTRANYA?” Egsaugm.
Fitriana. 2023. “Nasib Para Pedagang Terjadinya Penutupan Tiktok Shop.” Kompasiana.Com. 2023. https://www.kompasiana.com/fitriana9248 2/65431f49edff7669024f94d2/nasib-para- pedagang-terjadinya-penutupan-tiktok- shop.
Hidayanti, Nurul, Silfa Futuchatul Hidayah, Iqbal Al Hakim, and Fitria KhairumNisa. 2022. “PENGARUH TIKTOKSHOP SEBAGAI MEDIA ONLINE SHOPPING TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA.” MOZAIK KOMUNIKASI 3 (2): 36–43.
Morissan. 2015. Teori Komunikasi Individu Hingga Masa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
“Pertumbuhan E-Commerce Indonesia Capai 78 Persen.” 2019. Kominfo.Go.Id. 2019. https://www.kominfo.go.id/content/detail/ 16770/kemkominfo-pertumbuhan-e- commerce-indonesiacapai-78- persen/0/sorotan_media.
Rahmawati, Wiedy, Nissa Gayuh K, Amanda Yuniarta, Zakina Eva C, Esti Dwi Rahmawati, and Saryadi. 2023. “Minat Konsumen Membeli Produk Online Melalui Tik Tok Shop Ditinjau Dari Kepercayaan, Kualitas Dan Pengiriman Barang.” Journal of Student Research 1 (3).
Sa’adah, Ai Nur, Ayu Rosma, and Dea Aulia.
2022. “PERSEPSI GENERASI Z TERHADAP FITUR TIKTOK SHOP PADA APLIKASI TIKTOK.”
TRANSEKONOMIKA: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan 2 (5).
Santika, Erlina F. 2023. “Kelompok Anak Muda Jadi Pengguna Terbesar TikTok, Usia Berapa Mereka?” Databoks. 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish
/2023/09/27/kelompok-anak-muda-jadi- pengguna-terbesar-tiktok-usia-berapa- mereka.
Sari, Chacha Andira. 2015. “Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi Universitas Airlangga.” AntroUnairdotNet 4 (2): 205–
16.
Suhartanto, Crysania. 2023. “Ini Respons TikTok Tentang Rencana Pemerintah
Pisahkan Social Commerce.” Bisnis.Com. 2023.
https://ekonomi.bisnis.com/read/20230914
/12/1695037/ini-respons-tiktok-tentang- rencana-pemerintah-pisahkan-social- commerce#:~:text=Head of Communication TikTok Indonesia Anggini Setiawan mengatakan,social commerce%252C” ujar Anggini kepada Bisnis%252C Kamis %25.
Tusanputri, Alyasinta Viela, and Amron Amron. 2021. “Pengaruh Iklan Dan Program Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ekonomi,
Manajemen Dan Akuntansi 23 (4).
Wirartha, I Made. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakarta: Gaha Ilmu.
Yusuf, Muh. Fathir Maulid, Ilham Akbar Garusu, Ahmad Hamid, Dian Mayafaty Rauf, and Ika Maya Sari. 2024. “DAMPAK PENUTUPAN TIKTOK SHOP TERHADAP PENGGUNA DAN PELAKU BISNIS DALAM E-
COMMERCE.” Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISDIK) 2 (1).