ANALISIS USABILITY UI/UX PADA APLIKASI E-PERFORMANCE BIRO PERENCANAAN DAN ANGGARAN KEMENTERIAN KESEHATAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE NIELSEN MODEL

  • Eka Sefia Lestari Universitas Sains Al-Qur'an
  • Dian Asmarajati Universitas Sains Al-Qur'an
  • Hidayatus Sibyan Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Usability, UI/UX, Nielsen Model, Learnability, Errors, Memorability, Efficiency, Satisfaction

Abstract

E-Performance merupakan aplikasi sistem akuntabilitas kinerja berbasis web yang dibangun oleh Biro Perencanaan dan Anggaran di bawah koordinasi pusat data dan informasi yang digunakan untuk menampilkan proses perencanaan kinerja, penganggaran kinerja, keterkaitan kegiatan atau sub kegiatan dalam pencapaian target kinerja dan monitoring serta evaluasi pencapaian kinerja di lingkungan kementrian kesehatan. Penelitian ini digunakan di lingkungan kementrian kesehatan yang mana belum pernah dilakukan penelitian mengenai analisis usability UI/UX pada aplikasi E-Performance Biro Perencanaan dan Anggaran Kementerian Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil analisis usability UI/UX pada aplikasi E-Performance Biro Perencanaan dan Anggaran Kementerian Kesehatan menggunakan metode Nielsen Model dan hanya berfokus pada UI (user interface) dan UX (user experience). Adapun usability  pada penelitian ini menggunakan metode Nielsen Model yang mengacu pada Learnability, Efficiency, Memorability, Errors, Satisfiction. Penelitian ini juga menggunakan kuesioner yang berguna untuk mendapatkan data atau informasi  yang diberikan oleh responden atau pengguna aplikasi yang kemudian dilakukan proses analisis untuk mendapatkan suatu hasil, sehingga dapat mengetahui kebutuhan pengguna (user experience). Responden pada penelitian ini berjumlah 81 responden. Hasil penelitian ini pada karakteristik Learnability nilai presentasenya sebesar 57,41% (Cukup), Efficiency nilai presentasenya sebesar 61,81% (Setuju), Memorability nilai presentasenya sebesar 47,41% (Cukup), Errors nilai presentasenya sebesar 61,32% (Setuju), dan Satisfiction mendapatkan nilai presentase sebesar 66% (Setuju). Dari total presentase akhir diperoleh nilai sebesar 58,56% (Cukup). Oleh karena itu, untuk kedepannya diharapkan dapat menjadi masukan dan sebagai bahan pertimbangan dalam mengembangkan user interface agar lebih user friendly dan menghasilkan user experience yang tepat sehingga unit kerja merasa dimudahkan dalam menggunakan aplikasi E-performance Biro Perencanaan dan Anggaran Kementerian Kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jeff , R., & Dana , C. (2008). Handbook of Usibility Testing, How to Plan, Design, and Conduct Effective Test. Wiley Publishing, Inc., Indianapolis, Indiana.
Nielsen, J. (1994). Usability Engineering. USA: Academic Press. https://books.google. co.id/books?id=95As2OF67f0C&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Salma. (2021, Mei 19). Teknik Analisis Data: Pengertian, Macam, dan Langkah-langkahnya. https://penerbitdeepublish .com/teknik-analisis-data/ (Diakses 24 Mei 2022 pukul 13.00)
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi dengan perbandingan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS (1 ed.). Jakarta: Kencana.https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Pemilihan_Kuantitatif/IjTMDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=perhitungan+skala+likert&printsec=frontcover
Struktur Organisasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia . https://kemkes.go.id /article/view/13010100002/kemkes-struktur-organisasi-2014.html (Diakses 17 April 2022 Pukul 08.00)
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, N. (2014). Uji Validitas dan Reabilitas. (QMC Binus University) https://qmc.binus.ac.id/2014/11/01/u-j-i-v-a-l-i-d-i-t-a-s-d-a-n-u-j-i-r-e-l-i-a-b-i-l-i-t-a-s/ (Diakses 27 Mei 2022 pukul 08.00)
Wahyuningrum, T. (2021). Buku Referensi Mengukur Usability Perangkat Lunak. Sleman: Deepublish.
Published
2023-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 94 times
PDF downloaded = 74 times