E-MARKETPLACE PADA KELOMPOK TERNAK KAMBING

  • Intan Oktaviani Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Bangun Prajadi Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Triana Triana Universitas Duta Bangsa Surakarta
Keywords:
E-Marketplace, RAD, UML

Abstract

E-marketplace pada kelompok ternak kambing merupakan sebuah solusi digital yang memfasilitasi pertukaran barang dan jasa terkait dengan industri ternak kambing. Industri ternak kambing merupakan salah satu sektor ekonomi yang memiliki potensi besar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun, sektor ini sering menghadapi tantangan dalam hal konektivitas, informasi, dan akses pasar, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-marketplace khusus untuk kelompok ternak kambing. E-marketplace ini akan menyediakan platform online yang memungkinkan peternak kambing untuk menjual dan membeli kambing, pakan ternak, obat-obatan, peralatan ternak, dan layanan terkait lainnya. Platform ini juga akan memfasilitasi pertukaran informasi dan pengetahuan antara anggota kelompok ternak kambing, seperti panduan praktik ternak terbaru, informasi tentang penyakit kambing, dan sumber daya pelatihan. Proses yang terjadi penjualan antara peternak dengan tengkulak adalah para tengkulang yang datang langsung ke daerah desa yang rata-rata para peternak belum menggunakan fasilitas media teknologi informasi dalam mematok harga ternak. Hal tersebut yang membuat harga jual hasil ternak dibawah pasaran. Rancang bangun E-Marketplace bertujuan untuk memudahkan para peternak sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat secara umum dan memudahkan dalam sistem bagi hasil ternak, lelang ternak dan jual beli ternak. RAD dan UML digunakan dalam pengembangan E-Marketplace.Hasil pengujian Sistem E-Marketplace menggunakaan Black Box Testing yang di ujikan di dalam Website, dari mulai Halaman Home, Halaman Sistem Bagi Hasil, Halaman Beli Ternak, Halaman Info Harga dan Halaman Blog/Tips dengan hasil Pengujian Sistem 100% berhasil dan bisa digunakan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allenbrand, C. (2023). Clicking Through the Clickstream : A Novel Statistical Modeling Approach to Improve Information Usage of Clickstream Data by Ecommerce Entities Clicking Through the Clickstream : A Novel Statistical Modeling Approach to Improve Information Usage of Clickstream Data by Ecommerce Entities.
Kegunaan, P. P., & Dan, P. K. (2023). Pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan sikap karyawan terhadap minat menggunakan sistem informasi akuntansi berbasis ecommerce. 1(3), 220–230.
Mardiani, E., Rahmansyah, N., Ningsih, S., Handayani, E. T. E., & Hidayatullah, D. (2023). Pkm Meningkatkan Penjualan Umkm Bagi Pelaku Bisnis Usia Lanjut Melalui Inovasi Ecommerce Disaat Pandemi Covid 19. Swadimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 50–55. https://doi.org/10.56486/swadimas.vol1no01.286
Peluang, P., Aneka, B., Tangan, K., Ecommerce, B., Panti, P., Hutagalung, J. E., Hutahaean, J., & Informasi, S. (2023). Jurnal Pengabdian Masyarakat Mitra Kreasi Cendekia Jurnal Pengabdian Masyarakat Mitra Kreasi Cendekia. 1(1), 15–19.
Putra Wathan, F. (2023). Legal Effectiveness In Providing Consumer Protection For Online Sales And Purchase At Ecommerce. Journal Research of Social Science, Economics, and Management, 2(11), 2707–2718. https://doi.org/10.59141/jrssem.v2i11.462
Xue, Y., Liu, B., Du, W., Korlimarla, J., Wen, M., Ave, C., & Bruno, S. (n.d.). Practical Lessons on Optimizing Sponsored Products in eCommerce.
Zafar, M. (2023). Developing Smart Conversation Agent ECOM- BOT for Ecommerce Applications using Deep Learning and Pattern Matching. 15(2), 1–10. https://doi.org/10.5815/ijieeb.2023.02.01
Published
2023-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 152 times
PDF downloaded = 86 times