MEMBANGUN PARTISIPASI DALAM SUSTAINABLE EVENT MICE BERBASIS IDENTITAS SOSIAL DI KOTA MEDAN

  • Nursiah Fitri Politeknik Negeri Medan
  • Harris Pinagaran Nasution Politeknik Negeri Medan
  • Desri Wiana Politeknik Negeri Medan
Keywords:
Sustainable Event, Identitas Sosial, Partisipasi

Abstract

Menyelenggarakan Event MICE di suatu destinasi memberikan dampak positip seperti adanya multiflier effect tidak hanya di bidang ekomomi tetapi juga dibidang sosial dan lingkungan.  Disisi lain industri MICE juga memiliki dampak  negatif  bagi  tempat berlangsungnya kegiatan MICE seperti Produksi   sampah   berlebih, penggunaan energi dalam jumlah besar, terjadinya pergeseran budaya.  Untuk itu perlu diteliti bagaimana identitas social dari Komunitas penyelenggara event MICE dan keinginan berpartisipasi untuk mengimplementasikan sustainable event MICE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Identitas sosial terhadap keinginan berpartisipasi melalui cara mengimplementasikan sustainable event MICE.  Metode Penelitian yang digunakan adalah Survey, melalui pendekatan kuantitatif.   Populasi dan sampel diambil dari komunitas dalam asosiasi IVENDO (Indonesia Event Industry Council) yang merupakan asosiasi penyelenggara event MICE serta partisipan yang pernah menjadi penyelenggara event di kota Medan sebanyak 94 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan Non Probability sample dengan teknik sampel jenuh.  Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan PLS Smart 3.0.  Hasil penleitian menunjukkan bahwa Identitas Sosial berpengaruh positip tetapi tidak signifikan terhadap keinginan berpartisipasi, Identitas Sosial berpengaruh positip dan signifjkan terhadap implementasi sustainable event, Identitas sosial melalui implementasi sustainable event berpengaruh positip dan signifikan terhadap  keinginan berpartisipasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Fajri1* and U. M. S. Fakultas Ekonomi, “Peran Identitas Sosial Dalam Keanggotaan Online Brand Communities (Obc) Melalui Tipe Partisipasi Anggota,” Among Makarti Vol. 16 No. 1, vol. 16, no. 1, pp. 94–104, 2023.

T. Indrajaya, “Potensi Industri MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition) di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten,” J. Ilm. Widya, vol. 4, no. 3, 2018, Accessed: Jul. 13, 2020. [Online]. Available: http://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/jurnal-ilmiah/article/view/232.
V. Seebaluck, P. Naidoo, and P. R. Munhurun, “Prospects and challenges of business tourism: a case of mauritius,” Rev. Bus. &Finance Stud., vol. 6, no. 3, pp. 45–55, 2015.
N. Fitri, “Model Strategi Pengembangan Destinasi MICE di Kota Medan untuk Meningkatkan Daya Saing dengan Metode Cooper,” Researchgate, 2020, doi: 10.13140/RG.2.2.29550.97603.
N. H. Zamzuri, K. W. Awang, Y. A. Aziz, and Z. Samdin, “Event sustainability practices among professonal company organizers: An exploratory study,” J. Teknol. (Sciences Eng., vol. 64, no. 2, pp. 165–168, 2013, doi: 10.11113/jt.v64.2255.
N. Fitri, “Effects of Novelty Seeking, Destination Image, and Perceived Value Through Satisfaction on Revisit Intention to MICE Destinations,” Proc. 2nd Int. Conf. Sci. Technol. Mod. Soc. (ICSTMS 2020), vol. 576, no. Icstms 2020, pp. 48–51, 2021, doi: 10.2991/assehr.k.210909.012.
K. Kim and D. Ko, “How to build a sustainable MICE environment based on social identity theory,” Sustain., vol. 12, no. 17, 2020, doi: 10.3390/su12177166.
K. T. Pratiwi Arcana, “Implementasi Konsep ‘Sustainable Event Management’ Dalam Pengelolaan Kegiatan Mice Di Kawasan Wisata Nusa Dua, Bali,” J. Master Pariwisata, vol. 01, no. i, pp. 95–118, 2014, doi: 10.24843/jumpa.2014.v01.i01.p05.
L. K. Ardijanto, “Pengembangan Sustainable Tourism Management di Karesidenan Bojonegoro,” J. Ilm. Mhs. Univ. Surabaya, vol. 7, no. 1, pp. 3132–3150, 2018.
M. T. Husna and M. Mustam, “Partisipasi Masyarakat Dalam Melaksanakan Program Keluarga Berencana Di Kecamatan Margoyoso KabHusna, M. T., & Mustam, M. (2013). Partisipasi Masyarakat Dalam Melaksanakan Program Keluarga Berencana Di Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Journal of Public,” J. Public Policy Manag. Rev., vol. 6, no. 3, pp. 1–9, 2013, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/16739. Diakses tanggal 19 November 2019.
F. Utami and B. Silalahi, “Hubungan Antara Identitas Sosial Dan Konformitas Pada Anggota Komunitas Virtual Kaskus Regional Depok,” Proceeding PESAT (Psikologi, Ekon. Sastra, Arsit. Tek. Sipil), vol. 5, pp. 93–98, 2013.
B. M. Sukoco, “Pengaruh Identitas Sosial Dan Co-creation Terhadap Niat Berperilaku Anggota Komunitas Online VW : Efek Moderasi Nostalgia Badri Munir Sukoco Untung Teko TP,” J. Manaj. Teor. dan Terap., vol. 6, no. 2, pp. 126–139, 2013.
I. P. Astawa, N. N. Triyuni, and I. D. M. C. Santosa, “Sustainable tourism and harmonious culture: A case study of cultic model at village tourism,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 953, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1742-6596/953/1/012057.
B. M. Sukoco, “Individual Differences in Participations of a Brand Community: A Validation of the Goal-Directed Behavior Model,” South East Asian J. Manag., vol. 5, no. 2, 2012, doi: 10.21002/seam.v5i2.1001.
S. R. Nurbaiti and A. N. Bambang, “Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility ( CSR ) Factors Affecting Community Participation in the Implementation of Corporate Social Responsibility Program,” Proceeding Biol. Educ. Conf., vol. 14, no. 1, pp. 224–228, 2017.
Published
2023-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 161 times
PDF downloaded = 150 times