PENGARUH KUALITAS PELAYANAN GRABFOOD TERHADAP KEPUASAN PELAKU UMKM DI KOTA MEDAN (STUDI KASUS UMKM KECAMATAN MEDAN BARU)
GrabFood, Kualitas Pelayanan, Kepuasan, UMKM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Grabfood terhadap kepuasan pelaku UMKM di Kota Medan (Studi Kasus Kecamatan Medan Baru). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Dengan populasi berjumlah 572 pelaku UMKM dan jumlah sampel 85 pelaku UMKM, ditentukan menggunakan metode probability sampling dengan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan GrabFood berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelaku UMKM di Kecamatan Medan Baru dengan nilai thitung 15,048 > nilai ttabel 1,989 dari nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang artinya setiap nilai kualitas pelayanan GrabFood naik maka kepuasan pelaku UMKM akan naik dengan tingkat signifikansi yang ditetapkan menunjukkan hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelaku UMKM.
Downloads
References
Cahya, Agus Dwi, Mahdanito F.B, Dimas Martha, Dan Singgih Prasetianto. (2021). Analisis Layanan Go - Food Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Kuliner Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Universitas Mulawarman Samarinda, Vol. 13 Hal 264 - 272.
Chandra, Teddy, Stefani Chandrai, Dan Layla Hafni. (2020). Service Quality, Consumer Satisfaction, Dan Consumer Loyalty : Tinjauan Teoritis. Purwokerto: CV IRDH.
Fandriansyah, Muhammad Agustian. (2022). Pemanfaatan Market Place GrabFood & GoFood Dalam Peningkatan. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA) IAIN Syekhnurjati Cirebon, Volume 24 No 3.
Fatihudin, Didin, Dan Anang Firmansyah. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi,Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: Deepublish.
Ghozali, H. Imam. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Januardin. (2021). Pengembangan UMKM. Medan: UNPRI PRESS.
Ngalino. (2022). Dampak Keberadaan Go Food Dan Grab Food Terhadap Penjualan Usaha Kuliner Di Kecamatan Sukarami Palembang. Jurnal Adminika, Politeknik Anika Palembang, Volume 8. No 2 Hal 29 - 44 ISSN : 2442-3343.
Rerung, Rintho Rante. (2018). E-Commerce '' Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi ''. Yogyakarta: Deepublish.
Sahir, Syafrida Hafni. (2021). Metodologi Penelitian. Jogjakarta: KBM Indonesia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif/Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Sulistiyowati, Wiwik. (2018). Buku Ajar Kualitas Layanan: Teori Dan Aplikasinya. Sidoarjo: Umsida Press.
Sumarsid dan Atik Budi Paryanti. (2022). Pengaruh Kuaitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada GrabFood ( Studi Wilayah Kecamatan Setia Budi ). Jurnal Ilmiah M - Progress, Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarnma., Vol.12, No 1 Hal 70 - 83.
UMKM MEDAN. Dipetik Maret 20, 2023, dari https://data.pemkomedan.go.id/dataset/daftar-umkm-di-kota-medan.