PENGARUH KUALITAS PELAYANAN GRABFOOD TERHADAP KEPUASAN PELAKU UMKM DI KOTA MEDAN (STUDI KASUS UMKM KECAMATAN MEDAN BARU)

  • Gebby Rosmauli Intan Jessica Politeknik Negeri Medan
  • Nursiah Nursiah Politeknik Negeri Medan
  • Lily Maryam Nasution Politeknik Negeri Medan
Keywords:
GrabFood, Kualitas Pelayanan, Kepuasan, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Grabfood terhadap kepuasan pelaku UMKM di Kota Medan (Studi Kasus  Kecamatan Medan Baru). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif.  Dengan populasi berjumlah 572 pelaku UMKM dan jumlah sampel 85 pelaku UMKM, ditentukan  menggunakan metode probability sampling dengan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Hasil penelitian  ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan GrabFood berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelaku UMKM di Kecamatan  Medan Baru dengan  nilai thitung 15,048 > nilai ttabel 1,989 dari nilai signifikan 0,000 < 0,05  yang artinya setiap nilai kualitas pelayanan GrabFood naik maka kepuasan pelaku UMKM akan naik dengan tingkat signifikansi yang ditetapkan menunjukkan hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan dan  kepuasan pelaku UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahayani, Mimi. (2021). Analisis Keberadaan Go Food dan Grab Food Terhadap Peningkatan Penjualan Usaha Kuliner Di Kelurahan Kekalik Jaya Kota Mataram. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), Universitas Islam Al-Azhar, Vol.5, No 1, Hal. 90 - 103, E-ISSN: 2549-0893.
Cahya, Agus Dwi, Mahdanito F.B, Dimas Martha, Dan Singgih Prasetianto. (2021). Analisis Layanan Go - Food Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Kuliner Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Universitas Mulawarman Samarinda, Vol. 13 Hal 264 - 272.
Chandra, Teddy, Stefani Chandrai, Dan Layla Hafni. (2020). Service Quality, Consumer Satisfaction, Dan Consumer Loyalty : Tinjauan Teoritis. Purwokerto: CV IRDH.
Fandriansyah, Muhammad Agustian. (2022). Pemanfaatan Market Place GrabFood & GoFood Dalam Peningkatan. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA) IAIN Syekhnurjati Cirebon, Volume 24 No 3.
Fatihudin, Didin, Dan Anang Firmansyah. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi,Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: Deepublish.
Ghozali, H. Imam. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Januardin. (2021). Pengembangan UMKM. Medan: UNPRI PRESS.
Ngalino. (2022). Dampak Keberadaan Go Food Dan Grab Food Terhadap Penjualan Usaha Kuliner Di Kecamatan Sukarami Palembang. Jurnal Adminika, Politeknik Anika Palembang, Volume 8. No 2 Hal 29 - 44 ISSN : 2442-3343.
Rerung, Rintho Rante. (2018). E-Commerce '' Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi ''. Yogyakarta: Deepublish.
Sahir, Syafrida Hafni. (2021). Metodologi Penelitian. Jogjakarta: KBM Indonesia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif/Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Sulistiyowati, Wiwik. (2018). Buku Ajar Kualitas Layanan: Teori Dan Aplikasinya. Sidoarjo: Umsida Press.
Sumarsid dan Atik Budi Paryanti. (2022). Pengaruh Kuaitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada GrabFood ( Studi Wilayah Kecamatan Setia Budi ). Jurnal Ilmiah M - Progress, Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarnma., Vol.12, No 1 Hal 70 - 83.
UMKM MEDAN. Dipetik Maret 20, 2023, dari https://data.pemkomedan.go.id/dataset/daftar-umkm-di-kota-medan.
Published
2023-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 184 times
PDF downloaded = 185 times