FORMULASI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KEDAI KOPI MELALUI PENDEKATAN SWOT DAN BUSINESS MODEL CANVAS

  • Muhamad Rizki Pratama Universitas Indonesia Membangun (INAB)
  • Fanji Wijaya
  • Dadan Abdul Aziz Mubarok
Keywords:
Business Model Canvas, SWOT, Coffee Scape & Co

Abstract

Industri kopi di Indonesia semakin harum, potensi ini ditunjukkan dengan semakin meningkatnya tingkat konsumsi kopi dari berbagai kalangan masyarakat. Coffee Scape & Co merupakan salah satu contoh bisnis yang memanfaatkan peluang tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu menggambarkan kondisi Business Model Canvas dari Coffee Scape & Co, serta mengevaluasi nilai dari Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats yang dimiliki untuk menghasilkan saran dan strategi bisnis yang dapat meningkatkan daya saing dan pangsa pasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif melalui pendekatan BMC dan SWOT. Data penelitian yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui observasi partisipatif, studi dokumentasi dan wawancara dengan pemilik Coffee Scape & Co sebagai responden penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Coffee Scape & Co telah memenuhi sembilan elemen Business Model Canvas yang diperlukan untuk menjalankan usaha, akan tetapi masih perlu diadakan pengembangan dan penyesuaian ulang model bisnis yang didasarkan pada "Strategi Kompetitif", yang merupakan strategi hasil dari pemanfaatan Strengths dan  Threats. Coffee Scape & Co harus melakukan pengembangan Business Model Canvas yang difokuskan pada diferensiasi dan pengembangan nilai seperti mengusung tema baru, melakukan kolaborasi, membangun database konsumen, meningkatkan bauran teknologi, melakukan segmentasi pasar yang lebih spesifik dan membenahi manajemen operasional yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, M., & Ariyanto. (2018). Desa Penghasil Kopi Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Damarwulan Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(1), 19–31. https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i1.2247
Cucu Sumartini, L., & Fajriany Ardining Tias, D. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 3(2), 111–118. https://doi.org/10.37339/e-bis.v3i2.124
Delano, B., Tumbuan, W. J. F. A., & Mandagie, Y. (2022). Analisis Tows Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran Di Cafe Time420S Kecamatan Langowan Utara Tows Analysis of Marketing Strategy Determination At Cafe Time420S, Langowan Utara District. Mandagie 101 Jurnal EMBA, 10(1), 101–112. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37568
Hambali, A., & Andarini, S. (2021). FORMULASI STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN SWOT ANALYSIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PADA PIRING SENG COFFEE & CO TUNJUNGAN SURABAYA. September, 131–142. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JABA/article/view/2969/1492
Hutamy, E. T., Marham, A., Quin, A. N., Alisyahbana, A., Arisah, N., Hasan, M., Ekonomi, P., Ekonomi, F., Bisnis, D., Makassar, U. N., & Artikel, R. (2021). Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z (Analysis of the Canvas Model’s Application to Micro-Entrepreneurs of Generation Z). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital (JBPD), 1(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.35912/jbpd.v1i1.453
Ilham, M. I., Haniarti, & Usman. (2019). HUBUNGAN POLA KONSUMSI KOPI TERHADAP KEJADIAN GASTRISTIS PADA MAHASISWA MUHAMMADIYAH PAREPARE. 1(1), 433–446. https://doi.org/https://doi.org/10.31850/makes.v2i3.189
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075
Nurachman, M. H. (2021). Pencapaian Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan pada Kedai Kopi di Kota Bandung. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 165–177. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO
Pradana, F. A., & Pahlevi, R. . (2022). Strategi Pengembangan Usaha “Dika Ban Kalasan” dengan Pendekatan Matriks Space (Pendekatan Studi Kasus). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 1(2), 203–218. https://www.bajangjournal.com/index.php/JEMBA/article/view/1946
Pramulya, R., Agustia, D., Darmansyah, D., Lestari, R., & Dabutar, C. (2023). Pemetaan Model Bisnis Red House Coffee Dengan Pendekatan Bisnis Model Canvas Red House Coffee Business Model Mapping Using Canvas Business Model Approach. Jurnal Pertanian Agros, 25(1), 632–639. https://mail.e-journal.janabadra.ac.id/index.php/JA/article/view/2441/1617
Purnamawati, N. L. A., Mitariani, N. W. E., & Anggraini, N. P. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, Badung. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Putra, A. F. P., & Ramadhan, F. (2020). Strategi Pengembangan Model Bisnis Klaster Industri Tomat Krispi Daumato Berdasarkan Analisis SWOT dan BMC. Journal of Industrial View, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.26905/jiv.v2i1.4211
Ramadhan, R., Anandya, A., & Nurleli. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Dan Inovasi Terhadap Kinerja Umkm. CURRENT: Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis Terkini, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31258/current.3.1.1-10
Rifandi, M. I., & Prakoso, H. A. (2022). Kerjasama Bilateral Indonesia-Jerman Melalui Ekspor-Impor Kopi dan Coffee Machine. Econetica, 4(2), 11–21. https://doi.org/https://doi.org/10.0602/econetica.v4i2.296
Selano, L. A., & Nadjamuddin, S. (2021). Aplikasi Pencarian Objek Wisata Bandung Raya Berbasis Mobile (Study Kasus : Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang Dan Kota Cimahi). Jurnal Informatics, VII(1), 30–43. https://doi.org/https://doi.org/10.57103/informatics.v8i2.59
Septiningrum, L. D. (2021). Manajemen Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Food and Beverage Di Era Pandemi Covid 19. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1), 32–49. https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.32638
Suryana, A. T. (n.d.). PENGARUH KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA USAHA UMKM KOPI : SEBUAH TINJAUAN TEORITIS DAN EMPIRIS Effect of Entrepreneur Competency of Coffee MSME Business Performance : A Theoretical and Empirical Review UMKM kopi di Indonesia sedang berkembang d. 20(1), 117–128. https://doi.org/10.31186/jagrisep.20.1.117-128
Wasa Nugroho, I., Rahayu, S., & Andajani, E. (2021). Pengaruh Experiental Value Dan Place Food Image Terhadap Behavioral Intention Wisata Kuliner Bandung. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 24(2), 45–52. https://doi.org/10.24123/jeb.v24i2.4747
Wijaya, F. (2019). Formulasi Perancangan Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan Analisis SWOT dan Business Model Canvas. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 10(2), 205–212. https://doi.org/10.17509/jimb.v10i2.15308
Zaratrzhembsky, Z., & Abdullah. (2020). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) & SWOT PADA USAHA UMKM DOGDAG METALWORKS DI BANDUNG ANALYSIS. 7(1), 141–149. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/11521/11388
Published
2023-10-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 346 times
PDF downloaded = 250 times