SISTEM CHATBOT PADA WEBSITE E-COMMERCE TOKO DIENG AGRIPINA MENGGUNAKAN ALGORITMA BOYER MOORE
Chatbot, Telegram, Algoritma Boyer Moore
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan metode Algoritma Boye Moore pada chatbot di aplikasi e-Commerce Toko Dieng Agripina. Algoritma Boye Moore adalah salah satu pencarian string yang tepat dan terkenal sebagai algoritma pencocokan pola tunggal dan menganggap sangat cepat dalam kinerjanya. Algoritma boyer moore memiliki keunggulan dalam waktu menemukan pattern yang akan dicari, seperti pada loncatan pencarian karakter yang besar, sehingga dapat mempercerpat pencarian string yaitu semakin panjang kata yang dicari, maka semakin hemat waktu yang ditempuh, Menggunakan metode Boyer Moore ini diharapkan dapat memberikan respon jawaban yang cepat dan lebih cepat dalam waktu akses pencocokan string yang digunakan oleh chatbot telegram. Hasil dari penelitian ini adalah Aplikasi E-Commerce berteknologi Chatbot menggunakan Algoritma Boyer Moore pada Toko Dieng Agripina berhasil diimplementasikan dan berjalan sesuai perancangan. Chatbot sudah berhasil dibangun dengan menggunakan Algoritma Boyer Moore dengan media telegram.
Downloads
References
Cui, L., Huang, S., Wei, F., Tan, C., Duan, C., & Zhou, M. (2017, July). Superagent: A customer service chatbot for e-commerce websites. In Proceedings of ACL 2017, system demonstrations (pp. 97-102).
Fahrudin, T. M., & Taufiqi, A. M. (2021). Chatbot: Membangun Mesin Percakapan Pintar Dengan Python Dan Telegram Bot (Studi Kasus: Informasi Prakiraan Cuaca). Deepublish.
Parenrengi, A. M., Saputra, R. A., & Tajidun, L. M. (2017). Analisis Perbandingan Algoritma Boyer Moore Dan Algoritma Knuth Morris Pratt Pada Aplikasi Tripelka Foodshop Kendari Berbasis Android.
Rahmanita, E. (2016). Pencarian String Menggunakan Algoritma Boyer Moore Pada Dokumen. Network Engineering Research Operation, 1(1), 14-26.
Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43-48.