PENGARUH KOMITMEN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • Zulfikar Muhammad Hasan Prodi Manajemen, FEB, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
Keywords:
Commitment, Performance, Tourism Service, Motivation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komitmen dan kompetensi terhadap kinerja yang dimediasi oleh motivasi kerja. Subyek penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil Dinas Pariwisata Yogyakarta. Dalam penelitian ini motivasi dan kinerja karyawan ditentukan oleh komitmen. Komitmen merupakan hal yang harus dimiliki oleh karyawan karena dapat menimbulkan perilaku yang mengarah pada tujuan perusahaan. Karyawan yang memiliki komitmen dan didukung oleh kompetensi yang baik dapat meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi. Temuan dalam penelitian ini adalah komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dengan motivasi sebagai variabel intervening. Implikasi dari temuan ini adalah bahwa komitmen dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Saran dari penelitian ini adalah peran pimpinan untuk terus mendorong karyawan bekerja lebih giat dan membuat kebijakan organisasi yang baik untuk meningkatkan komitmen karyawan. Selain itu, pimpinan juga memberikan fasilitas dan kesempatan kepada karyawan untuk menyampaikan pemikirannya yang berguna bagi organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boe, I. (2014). Dampak Program Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(10), 559-580.
Hadari, N. (2006). Performance Evaluation and Management in Corporate and Industrial Environments. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Hutapea, P., & Thoha, N. (2008). Kompetensi Plus: Teori, Desain, Kasus, dan Penerapan untuk HR dan Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ivancevich, J. M. (2007). Leadership Style and Organizational Commitment: Mediating Effect of Role Stress. Journal of Managerial Issues, 109-130.
Mulyasa. (2009). Madrasah Based Management, Concept, Strategy and Implementation. Jakarta: Youth Rosdakarya.
Rivai, & Basri. (2006). Human Resource Management for Companies. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Rizal, P., & Asokan, R. (2014). Emerging Environmental Issues with the Development of Tourism Industry in India: A Study. International Journal of Development Research, 4(5), 995-999.
Robbins, S., & Judge, T. (2008). Organizational Behavior, 10th Edition. Jakarta: Gramedia.
Sekaran, U. (2007). Research Methodology for Business. Jakarta: Salemba Empat.
Simamora, B. (2003). Performance Research in Corporate Management. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Steers, R. M., & Braunstein, D. N. (1976). A Behaviorally Based Measure of Manifest Needs in Work Setting. Journal of Vocational Behavior, 9: 251-266.
Sugiyono. (2009). Business Research Methods, Administrative Research Methods, Revised Edition. Bandung: CV. Alfabeta.
Supiyanto, Y. (2015). The Effect of Compensation and Organizational Commitement on Job Satisfaction and Employee Performance of KSP Tuban. Proceedings. Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe.
Umar, H. (2003). Business and Introduction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Yeh, H., & Hong, D. (2012). The Mediating Effect of Organizational Commitment on Leadership Type and Job Performance. The journal of human resource and adult learning, 8(2), 50.
Published
2023-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 176 times
PDF downloaded = 277 times