FORMULASI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA GALERI ALAMBANA PASCAPANDEMI COVID-19

  • Hafidh Rifky Adiyatna UPN "Veteran" Yogyakarta
Keywords:
UMKM, Analisis Matriks Internal Eksternal, Analisis SWOT, Analisis QSPM

Abstract

Kondisi pandemi berdampak luas pada sektor perekonomian. Galeri Alambana yang merupakan toko bersama 26 pelaku UMKM di Kota Yogyakarta turut terdampak pandemi dengan penurunan omzet hingga 80% dan belum pulih hingga awal tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan strategi pengembangan Galeri Alambana pascapandemi. Analisis faktor internal dan eksternal dilakukan untuk mengetahui kondisi terkini. Analisis matriks internal eksternal dan SWOT dilakukan untuk mendapatkan alternatif strategi yang dapat diimplementasikan. Satu strategi diprioritaskan dengan analisis QSPM agar dapat segera diimplementasikan. Data primer didapatkan dari wawancara, FGD, dan kuesioner yang dilakukan kepada pengelola Galeri Alambana serta praktisi bisnis ritel pakaian dan aksesoris. Strategi yang dapat diprioritaskan untuk diimplementasikan oleh Galeri Alambana adalah dengan melakukan penetrasi pasar baru secara daring. Hal ini didasarkan pada perolehan skor 4,428 pada analisis QSPM dibandingkan dengan strategi ekspansi melalui toko fisik di tempat lain dengan skor 3,577. Galeri Alambana perlu mempersiapkan tim, SOP karyawan, dan penawaran khusus untuk mengimplementasikan strategi ini agar dapat berhasil meningkatkan omzetnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management A Competitive Advantage Approach Concepts. (16th ed.). Pearson Education: Boston.
Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UMKM Yogyakarta (2022). Data Statistik UMKM Kota Yogyakarta.
Fikri, E. K. (2022). Analisis SWOT Bauran Pemasaran pada Butik Dara Kabupaten Brebes. Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI), 3(2), 55–62. https://doi.org/10.55122/junsibi.v3i2.436
Gurel, E., & Tat, M. (2017). SWOT Analysis: A Theoretical Review. The Journal of International Social Research, 10(51), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17719/jisr.2017.1832 SWOT
Naufal, A. F., & Achmadi, F. (2017). Formulasi Strategi untuk Pengembangan Pasar Industri Semen di Jawa Timur (Studi Kasus Perusahaan “A”). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 11(2), 124–138.
Nurzanah, D. A., Rimawan, E., & Kholil, M. (2015). Formulasi Strategi Pemasaran Marcks’ Venus dalam Menghadapi Persaingan Produk Kosmetik dengan Menggunakan Metode SWOT, IE, dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Jurnal Integrasi Sistem Industri, 2(2), 29–38. https://doi.org/https;//dx.doi.org/10.24853/jisi.4.1.pp-pp
Pari, J. T., & Munir, N. S. (2021). Formulasi Strategi Bisnis. Jurnal Manajemen, 13(3), 457–470. https://doi.org/eISSN: 2528-1518
Pekerti, L. G. P. K. (2022). Menelisik Strategi Daya Saing Dan Ketahanan Usaha di Tengah Maraknya Toko Modern. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(2), 157–166. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i2.3836
Reza, F., Budi, S., & Eka, D. (2020). Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT pada Mini Market di Mutiara Mart Rowotengah Jember. International Journal of Social Science and Business, 4(2), 301–307. https://doi.org/E-ISSN : 2549-6409
Rusdiono, A. S., Asmara, A., & Kirbrandoko. (2019). Analysis Strategi Pengembangan Bisnis PT. TAF (Toyota Astra Financial Services). Jurnal Manajemen Dan Organisasi (JMO), 10(1), 24–35.
Situmorang, E., Letsoin, B., Briyan, A., Suryani, L., Ekasari, A., & Kurniawati, K. (2021). Perilaku Pembelian Merek Fast Fashion pada Generasi Milenial Di Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 7(3), 778–786. https://doi.org/10.17358/jabm.7.3.778
Suhartina, Utami, R. G., & Soewito. (2021). Analisis Strategi Peluang Usaha Fashion Wanita pada Toko Aii Colection di Kota Bandar Lampung. Business Perspective Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.37090/bpj.v1i1.417
Triolita, N. (2020). Analisis SWOT Bisnis Fashion Saat Pandemi COVID 19 pada Toko Alzanaya di ITC Surabaya. JBT (JURNAL BISNIS Dan TEKNOLOGI), 40–43. https://doi.org/E - ISSN : 2356 – 2544
Published
2023-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 195 times
PDF downloaded = 163 times