PERILAKU DAN RESPON KONSUMEN KOPI TERHADAP INOVASI PRODUK KOPI BIJI SALAK

  • Muhamad Ridwan UPN "Veteran" Yogyakarta
  • Rolan Mart Sasongko
  • Ahmad Zaki
Keywords:
perilaku, respon, konsumen, kopi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan gambaran secara deskriptif mengenai perilaku dan respon konsumen kopi terhadap inovasi produk kopi dari biji salak. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif melalui survei dan blind test. Survei dilakukan secara online terhadap 231 responden terkait dengan kebiasaan mengonsumsi kopi dan ketertarikan terhadap kopi biji salak. Blind test dilakukan terhadap 103 responden terkait atribut kopi biji salak yaitu rasa, aroma, porsi, dan harga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling kategori convenience sampling. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk memperoleh nilai sentral berupa mean, frekuensi, dan persentase. Hasil survei menunjukkan bahwa 87% responden belum mengetahui adanya produk kopi biji salak dan 69% responden tertarik untuk membelinya. Hasil blind test menunjukkan bahwa responden cukup menyukai rasa (5,25/7,00) dan aroma (5,11/7,00) kopi biji salak; setuju dengan porsi pas (5,57/7,00); serta harga rata-rata yang mau dibayarkan sebesar Rp 27.105,03.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuni, N. W. D., Adiaksa, I. M. A., & Sari, I. G. A. M. K. K. (2017). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk Kopi Biji Salak. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 13(2), 120-126. http://dx.doi.org/10.31940/jbk.v13i2.702

Chidamber, S., & Kon, H. (1994). A Research Retrospective of Innovation Inception and Success: The Technology-Push Demand-Pull Question. International Journal of Technology Management, 9(1), 94-112. Retrieved from https://dspace.mit.edu/bitstream/handle/1721.1/48952/researchretrospe00chid.pdf
Hakim, L., & Cahyani, D. A. (2017). Peningkatan Penerimaan Konsumen Melalui Fermentasi Menggunakan Ragi Tape Pada Produksi Kopi Biji Salak. Media Agrosains, 3(1), 7-13. Retrieved from https://jurnal.polibara.ac.id/index.php/agrosains/article/view/19
Hardina, Martadjaya, I. G. M. I. D., & Sudiarta, N. P. (2021) Inovasi Pengolahan Buah Salak Sebagai Produk Kuliner dan Oleh-Oleh Khas di Desa Wisata Sibetan. Jurnal Gastronomi Indonesia, 9(2), 29-39. https://doi.org/10.52352/jgi.v9i2.681
Hayes, R. H., & Wheelwright, S. C. (1984). Restoring our Competitive Edge: Competing Through Manufacturing. New York: John Wiley & Sons.
Karta, I. W., Susila, L. A. N. K. E., Mastra , I. N., & Dikta, P. G. A. (2015). Kandungan Gizi pada Kopi Biji Salak (Salacca zalacca) Produksi Kelompok Tani Abian Salak Desa Sibetan yang Berpotensi sebagai Produk Pangan Lokal Berantioksidan dan Berdaya Saing. VIRGIN: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Sains 1(2), 123-133. Retrieved from https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/virgin/article/view/60
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing Management (16th ed.). Edinburgh: Person Education.
Lestari, S. (2018). Persepsi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Terhadap Produk-Produk Olahan Salak (Studi Kasus UD. Salacca). At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam, 4(1), 112-123. https://doi.org/10.24952/tijaroh.v4i1.1088
Lokaria, E., & Susanti, I. (2018). Uji Organoleptik Kopi Biji Salak dengan Varian Waktu Penyangraian. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 1(1), 34-42. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i1.262
Lubik, S., Lim, S., Platts, K. & Minshall, T. (2013). Market‐pull and Technology‐Push in Manufacturing Start‐ups in Emerging Industries. Journal of Manufacturing Technology Management, 24(1), 10-27. https://doi.org/10.1108/17410381311287463
Novalianti, S. P., Purwantini, P. H., & Widyarini, I. (2022). Penentuan Harga Pokok Penjualan dan Perencanaan Laba Jangka Pendek Olahan Salak di UD. Cristal, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 6(1), 108-121. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.01.10
Ompi, G. F., Pakasi, C. B. D., & Benu, N. M. (2016). Strategi Pemasaran Kopi Biji Salak “Kobisa” di Desa Pangu Kecamatan Ra-Tahan Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Cocos, 7(1), 1-6. https://doi.org/10.35791/cocos.v7i1.11378
Putri, A. A. C., & Kuntadi, E. B. (2019). Pemasaran Agroindustri Kopi Biji Salak Di Kabupaten Jember. UNEJ e-Proceeding, 221-231. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/9022
Schiffman, L. & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior 12th Edition. London: Pearson Education Limited
Solomon, M. R. (2020). Consumer Behavior: Buying, Having and Being – 13th Global Edition. London: Pearson Education Limited
Published
2023-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 389 times
PDF downloaded = 422 times