PENERAPAN METODE USABILITY PADA LANDING PAGE HOTSPOT PPTQ AL-ASY’ARIYYAH 3

  • Badrudin Hanif Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNSIQ
  • Nahar Mardiyantoro Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNSIQ
  • Nur Hasanah Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNSIQ
Keywords:
Landing Page, Hotspot, Usability, System Usability Scale

Abstract

Landing Page  Hotspot PPTQ Al-Asy’ariyyah merupakan suatu aplikasi yang baru saja dibangun untuk memberikan fasilitas internet yang mudah di akses oleh para santri dengan berbagai macam paket yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan santri. Namun karena ini merupakan suatu aplikasi yang baru saja dibuat maka perlu dilakukannya uji usability untuk mengetahui seberapa efisien dan mudahnya aplikasi ini digunakan oleh para santri.

Setelah dilakukannya  pengujian aplikasi landing page hotspot menggunakan metode system usability scale SUS untuk mengetahui tingkat usability dari aplikasi tersebut. Hasil pengujian yang diperoleh adalah sebesar “66” dimana dalam kategori Acceptability termasuk dalam tingkat penerimaan secara marginal, pada Grade Scale masuk dalam kategori “D” dan pada Adjective Rating  masuk pada kriteria “OK” . selain itu pada SUS skor percentile rank termasuk dalam grade “D” yang artinya adalah tingkat kepuasan dari pengguna cukup terhadap  landing page hotspot berdasarkan penentuan nilai SUS. Dan masalah yang ditemukan dari hasil kuesioner adalah fitur QR Code yang terkadang  tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya dan tampilan yang kurang menarik  maka direkomendasikannya solusi sebagai acuan pengembangan lebih lanjut seperti  memperbaiki desain tampilan dan mengecek ulang fitur QR Code yang disediakan dan fitur lainnya agar landing page tersebut dapat lebih nyaman dan efisien digunakan oleh pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, A. A., Asmarajati, D., Hasanah, N., Informatika, T., & Teknik, F. (2021). PENERAPAN METODE NIELSEN MODEL DALAM USABILITY TESTING PADA WEB PORTAL DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN WONOSOBO. 3(1).
Ariyanti, I. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Angket Kemandirian Belajar Matematik. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 53–57.
Hair, Jr et.al. (2010). Multivariate Data Analysis (7th ed). United States : Pearson
Saputra, A. (2019). Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS). JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(3), 206–212. https://doi.org/10.35746/jtim.v1i3.50
Yudianto, M Jafar Noor. (2013). Jaringan Komputer Dan Pengertiannya. http://ilmukomputer.org.
Published
2022-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 123 times
PDF downloaded = 127 times