STRATEGI GUERILLA MARKETING AMAZONE LAUNDRY DALAM MENGAKUISISI PELANGGAN
Guerilla marketing, akuisisi pelanggan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi guerilla marketing pada amazone laundry dalam mengakuisisi pelanggan. Jenis penelitian yang dipilihnya adalah penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah dengan mengikuti teknik analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan Amazon laundry telah menerapkan strategi guerilla marketing dengan menerapkan viral marketing dan brand awareness baik secara online maupun offline. Guerilla marketing yang diterapkan adalah dengan memanfaatkan media online yaitu instagram serta menggandeng komunitas-komunitas tertentu dalam bentuk promosi. Sementara untuk belum dilakukan oleh amazon laundry.saran yang diberikan adalah Amazon laundry perlu melakukan promosi dengan membuat keranjang pakaian kotor yang menyerupai mesin cuci dengan tulisan amazone laundry. Amazon laundry harus berusahan menghindari biaya untuk menjadi sponsor, namun di waktu yang bersamaan mampu mengelabuhi konsumen untuk membuat konsumen tersebut percaya bahwa Amazon laundry benar merupakan sponsor suatu acara terkait.
Downloads
References
Bungin, Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana. Cаеmmеrеr, B. 2009. Thе Plаnning аnd Implеmеntаtion of Intеgrаtеd Mаrkеting Communicаtions. Mаrkеting Intеlligеncе & Plаnning , Vol. 27 No. 4, pp. 524- 538.
Bаltеs G. аnd Lеibing I. 2008. Guеrrillа Mаrkеting for Informаtion Sеrvicеs. Nеw Librаry World. 109 Vol. 1 No.2, 45-58.
Dhаrmmеstа, Bаsu Swаsthа dаn Hаni T. Hаndoko, 2012. Mаnаjеmеn Pеmаsаrаn: Аnаlisis Pеrilаku Konsumеn. Еdisi Pеrtаmа Cеtаkаn Kеlimа. Yogyаkаrtа: BPFЕ-Yogyаkаrtа.
Dyе, R. 2012. Thе Buzz on Buzz. Hаrvаrd Businеss School Еisеnd, M. 2011. How Humour in Аdvеrtising Works: А Mеtа-аnаlitic Tеst of Аltеrnаtivе Modеls. Mаrkеting Lеttеrs Vol. 22 No.2, pp. 115-132.
Faisal, S. 2011. Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Gummesson, E . 2008. “Total Relationship Marketing : Rethinking Marketing Management: From 4Ps to 30Rs”. England. Butterworth-Heinemann.
Hutter, K., and Hoffmann, S. 2011. “Guerrilla Marketing: The Nature of the Concept and Propositions for Further Research”. Asian Journal of Marketing, 5: pp. 3954.
Kaplan, Andreas, M., Haenlein, M. 2011.Two hearts in three-quarter time.How to waltz thesocial media/ viral marketing dance, Business Horizons, 54(3), 253–263.
Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian, Prentice Hall, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P., dan Keller, Kevin, L. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid 2. Terjemahan oleh Adi Maulana dan Wibi Hardani. Jakarta: Erlangga.
Levinson, E.M., Ohler, D.L., Caswell, S., & Kiewra, K. 2001. “Six Approaches to the Assessment of Career Maturity”.Journal of Counseling & Development volume 76.
Levy, S., dan Gendel-Guterman, H. 2012.”Does advertising matter to store brandpurchase intention? Aconceptual framework.” Journal of Product & Brand Management , 21, 2, 89–97.
Lеvinson, Jаy Conrаd. 2016. Guеrrillа Mаrkеting: Strаtеgi Mudаh dаn Murаh untuk Mеningkаtkаn Kеuntungаn Bisnis Аndа. Tеrjеmаh olеh Bintаriningtyаs. Jаkаrtа: PT Pеngеmbаng Lintаs Pеngеtаhuаn.
Marsden, P. 2006. “Introduction and Summary,” in Connected Marketing: The Viral, Buzz, and Word of Mouth Revolution, Justin Kirby and Paul Marsden. eds. Oxford: Elsevier, xv-xxxxv.
Mazodier, M., & Quester, P. 2014. “The role of sponsorship fit for changing brand affect: a latent growth modeling approach”. International Journal of Research in Marketing, 31(1).
Nufеr, G. 2013. Guеrrillа Mаrkеting-Innnovаtivе or Pаrаsitic Mаrkеting?. Modеrn Еconomy. Vol. 4 No.9А, pp.1-6.
Silalahi, Ulber. 2010. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Refika Aditama.
Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Universitas Bakrie 76 Suryabrata.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Zarella, Dan.2011. The Social Media Marketing Book. Jakara: PT Serambi Ilmu Semesta.