DETERMINAN TAX HAVEN, BONUS SCHEME, TUNNELING INCENTIVE DAN DEBT COVENANT TERHADAP KEPUTUSAN PERUSAHAAN UNTUK MELAKUKAN TRANSFER PRICING

  • Fitria Ningtyas Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al Qur'an (UNSIQ)
  • Kurniawati Mutmainah Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al Qur'an (UNSIQ)
Keywords:
Tax Haven, Bonus Scheme, Tunneling Incentive, Debt Covenant dan Transfer Pricing.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh tax haven, bonus scheme, tunneling incentive dan debt covenant terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan praktik transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 sampai 2020. Sampel penelitian ini berjumlah 147 laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018 sampai 2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini  yaitu analisis regresi logistik dengan bantuan perangkat lunak SPSS Statistics v.24. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tax haven berpengaruh positif terhadap keputusan transfer pricing, bonus scheme berpengaruh negatif terhadap keputusan transfer pricing, tunneling incentive berpengaruh positif terhadap transfer pricing dan debt covenant berpengaruh positif terhadap transfer pricing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Azis, S. (2015). Pengaruh Transfer Pricing, Capital Intensity Dan Political Connection Terhadap Tax Avodance dengan Corporate Governance sebagai Pemoderasi.
Ailin Fidia Asri, S. (2018). Analisis Pengaruh Multinasionalitas, Pemanfaatan Tax Haven, Thin Capitalization, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Praktik Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Multinasional Yang Terdaftar Di BEI.
Aulia, M. F. (2020). Pengaruh Pajak, Bonus Plan Dan Debt Covenant Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.
Aulia, S. (2021). (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Sub Sektor Batu Bara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2017-2019). 33.
Chalimatussa’diyah, N. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive Dan Mekanisme Bonus Pada Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2018. 09(06), 16.
Darma, S. S. (2020). Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Tunneling Incentive Dan Bonus Plan Terhadap Transaksi Transfer Pricing Pada Perusahaan Multinasional Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2014-2017. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(3). Https://Doi.Org/10.32493/Jee.V2i3.6811
Desai. (2007). Taxation And Corporate Governance: An Economic Approach.
Ekonomi.Bisnis. (2019). Https://Ekonomi.Bisnis.Com. Https://Ekonomi.Bisnis.Com/Read/20190918/259/1149724/Oecd-Kasus-Transfer-Pricing-Meningkat
Hajjar Damayanti, H., & Prastiwi, D. (2017). Peran OECD Dalam Meminimalisasi Upaya Tax Agresiveness Pada Perusahaan Multinationality.
Herman, R. Y., & Rahardjo, S. N. (2013). Manajemen Laba Melalui Transaksi Pihak Istimewa Di Sekitar Penawaran Saham Perdana. 8.
Kiswanto, N., & Purwaningsih, A. (2014). Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI Tahun 2010-2013.
Mangoting, Y., Christopher, C., Kriwangko, N., Universitas Kristen Petra, Adriyani, W., Universitas Kristen Petra, & Mangoting. (2020). Interaksi Komitmen Dalam Dinamika Kepatuhan Pajak. Jurnal Akuntansi Multparadigma, 11(2). Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jamal.2020.11.2.16
Martasari, Z. (2015). Pengaruh Karakteristik Keuangan Dan Nonkeuangan Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Di Indonesia.
Mulyani, H. S., Prihartini, E., & Sudirno, D. (2020). Analisis Keputusan Transfer Pricing Berdasarkan Pajak, Tunneling Dan Exchange Rate. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 20(2). Https://Doi.Org/10.29040/Jap.V20i2.756
Mutmainah, K. (2019). Analisis Determinan Kreativitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP)(Studi Kasus Di Inspektorat Kabupaten Wonosobo).
Nugraha, R., & Kristanto, A. B. (2019a). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Tax. 9(2), 12.
Nugraha, R., & Kristanto, A. B. (2019b). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Tax. 9(2), 12.
Pramana. (2014). Pengaruh Pajak, Bonus Plan, Tunneling Incentive, Dan Debt Covenant Terhadap Keputusan Perusahaan Untuk Melakukan Transfer Pricing.
Purnomo, D. R. (2020a). Pengaruh Good Corporate Governance, Exchange Rate, Tax Haven Dan Multinationality Terhadap Indikasi Melakukan Transfer Pricing. Transfer Pricing, 18.
Purnomo, D. R. (2020b). Pengaruh Good Corporate Governance, Exchange Rate, Tax Haven Dan Multinationality Terhadap Indikasi Melakukan Transfer Pricing. Transfer Pricing, 18.
Putri, V. R. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dayasaing, 21(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.23917/Dayasaing.V21i1.8464
Refgia, T. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing, Dan Tunneling Incentive Terhadap Transfer Pricing.
Rosa, R., Andini, R., & Raharjo, K. (2017). Pengaruh Pajak, Tunneling Insentive, Mekanisme Bonus, Debt Covenant Dan Good Corperate Gorvernance (Gcg) Terhadap Transaksi Transfer Pricing ( Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 – 2015 ). 19.
Salsalina Lingga, I. (2012). Aspek Perpajakan Dalam Transfer Pricing Dan Problematika Praktik Penghindaran Pajak (Tax Avodance).
Setyaningrum, A. T. (2020). Jurusan Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. 150.
Taylor, G. (2015). Multinationality, Tax Havens, Intangible Assets, And Transfer Pricing Aggressiveness: An Empirical Analysis.
Wibowo, S. (2016). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus Dan Debt Covenant Terhadap Keputusan Perusahaan Untuk M
Published
2022-04-30
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 397 times
PDF downloaded = 382 times