BANGUNAN TINGGI DAN BENCANA GEMPA BUMI

  • Nur Firdaus Musthafa Universitas Sains Al-Qur'an
  • Agus Hindaryanto Praktisi PT Praptama Mulia Abadi
Keywords:
bangunan tinggi, struktur, gempa bumi, material struktur, sistem struktur

Abstract

Bangunan Tinggi terutama dipusat kota-kota besar di Indonesia, telah mengalami penurunan kekuatan struktur bangunan akibat dari guncangan gempa bumi, Gempa bumi ditimbulkan oleh pergeseran patahan, kerusakan pondasi tak hanya disebabkan oleh besarnya energi, tetapi juga bagaimana peningkatan kecepatan gelombang gempa yang dibisa di daerah tersebut. Kerangka waktu dan pengulangan batuan kepada tingkat permukaan dan struktur juga menentukan tingkat kerusakan.

Sehingga pemtekanan gempa kepada struktur yang ditentukan sedang dan headingnya tak mengejutkan, dan penyebaran tekanan gempa bisa dilakukan secara mendasar, pengaturan yang harus diamati dalam penataan struktur bangunan kepada daerah yang sering terjadi gempa adalah: desain konstruksi, kuantifikasi ruang lingkup atas ide segmen kepadat - poros lemah, serta perincian besar komponen utama. Atas terpenuhinya syarat-syarat di atas, sangat wajar jika penataan dasar di daerah rawan gempa bisa dilakukan secara mendasar, terlindung dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif Salim, Agus Bambang Siswanto, REKAYASA GEMPA, K Media, Yogyakarta
Agus Bambang Siswanto, Bambang Wuritno, Maria Elizabeth, 2017. Structure Design of Parking Building Sunter Park View Apartement with the Equivalent Static Analysis Method, International Journal of Civil Engineering and Technology, 8(12), pp. 703-717.
ArrizqiA., & HermawanH. (2021, June 30). KEBENCANAAN DITINJAU DARI KAJIAN TEKNIK SIPIL DAN ARSITEKTUR. Jurnal Ilmiah Arsitektur, 11(1), 17-22. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jiars/article/view/1873
ArrizqiA., JamilM. F. and HermawanH. (2021) “KEARIFAN LOKAL RUMAH KAYU DI WONOSOBO (KAJIAN TERMAL DAN KEBENCANAAN)”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), pp. 220-226. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i3.1899.
Delfebriyadi, 2010, Rekayasa Gempa Teknik Sipil, CV. Ferila., Kepadang
Departemen Pekerjaan Umum, (2004), “Pemeriksaan Awal Kerusakan Bangunan Beton Bertulang Akibat Gempa”, Departemen Pekerjaan Umum, Bandung.
Hartuti, E.R., 2009, Buku Pintar Gempa, DIVA Press, Yogyakarta
Nawy, E. G., 1990, Beton Bertulang, PT. Eresco, Bandung.
Pawirodikromo, W., 2012, Seismologi Teknik dan Rekayasa Kegempaan, Pustaka Pelajar., Yogyakarta
Siswanto, Agus Bambang, 2016, Modul Kuliah Rekayasa Gempa, Untag Semarang
SNI 03-1726-2002, (2002), “Standar Perencanaan Ketahanan Gempa Guna Struktur Bangunan Gedung”.
Published
2021-10-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 258 times
PDF downloaded = 281 times