PENGARUH PROFITABILITAS, MEKANISME BONUS, TUNNELING INCENTIVE, DAN DEBT COVENANT TERHADAP TRANSFER PRICING DENGAN TAX MINIMIZATION SEBAGAI VARIABEL MODERASI

(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang memiliki Hubungan Istimewa yang terdaftar di BEI Periode 2015 sampai 2018)

  • Khaerul Amanah Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah
  • Nanang Agus Suyono Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah
Keywords:
Profitabilitas, Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive, Debt Covenant, Transfer Pricing, Tax Minimization

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan sampel 84 laporan tahunan perusahaan manufaktur multinasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan didapat melalui teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier berganda dan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, mekanisme bonus, tunneling incentive, dan debt covenant tidak berpengaruh terhadap transfer pricing. Tax minimization tidak mampu memoderasi profitabilitas, mekanisme bonus, tunneling incentive, dan debt covenant terhadap transfer pricing. Penelitian ini secara spesifik menjelaskan bagaimana pengaruh profitabilitas, mekanisme bonus, tunneling incentive, dan debt covenant terhadap transfer pricing. Berikut pengaruh tax minimization sebagai moderator variabel profitabilitas, mekanisme bonus, tunneling incentive, dan debt covenant terhadap transfer pricing, sehingga hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi sebagai bahan pertimbangan bagi investor dan umum terkait praktik transfer pricing perusahaan multinasional yang masih terjadi di Indonesia. Penelitian ini hanya terbatas pada perusahaan manufaktur multinasional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), sehingga peneliti selanjutnya disarankan untuk memperpanjang periode penelitian dan memperluas populasi penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

_. 2017. Memahami Konsep Dasar Transfer Pricing. https://news.ddtc.co.id/memahami-konsep-dasar-transfer-pricing-9394. Tanggal akses 13 Juni 2020.
_. 2019. Disebut Terlibat Transfer Pricing Adaro, Siapa Coltrade? Artikel CNBC Indonesia 4 Juli 2019. Diakses Selasa 12 November 2019.
Ah Maftuchan. G-20 dan Transparansi Perpajakan Global: Memperkuat Peran Indonesia dalam Penindakan Praktik Transfer Pricing. Kertas Kerja untuk International NGO Forum on Indonesian Development (INDIF).
Alif Aditya Darma Saputra. 2018. Pengaruh Debt Covenant, Growth Opportunities, Political Cost, Bonus Plan, dan Profitabilitas Terhadap Konservatisme Akuntansi. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Anisa Sheirina Cahyadi, Naniek Noviari. 2018. Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Profitabilitas, dan Leverage Pada Keputusan Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 24 No. 2 Agustus 2018.
Antonius Leonard Tarigan. 2017. Pertanggungjawaban Pidana Korporasi Atas Praktik Transfer Pricing Bidang Perpajakan di Indonesia. USU Law Journal Vol 5 No 4 Oktober 2017.
Eling Pamungkas Sari, Abdullah Mubarak. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Pajak, dan Debt Covenant Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Universitas Pamulang.
Fidelia Yemina Jabanto. 2020. Belajar dari Kasus Kodak India. Artikel DDTC Jumat 17 April 2020. Tanggal akses 13 Juni 2020.
Fiki Ariyanti. 2016. 2.000 Perusahaan Asing Gelapkan Pajak Selama 10 Tahun. Artikel Liputan 6 28 Mar 2016. Diakses Selasa 12 November 2019.
Fitri Anisyah. 2018. Pengaruh Beban Pajak, Intangible Assets, Profitabilitas, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Fakultas Ekonomis dan Bisnis Universitas Riau.
Gusti Ayu Rai Surya Saraswati, I Ketut Sujana. 2017. Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, dan Tunneling Incentive Pada Indikasi Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 19 No. 2 Mei 2017.
Hadi Setiawan. 2014. Transfer Pricing dan Risikonya Terhadap Penerimaan Negara. Jurnal.
Hasan Effendi Jafri, Elia Mustikasari. 2018. Pengaruh Perencanaan Pajak, Tunneling Incentive, dan Aset Tidak Berwujud Terhadap Perilaku Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Memiliki hubungan Istimewa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Vol. 3 No. 2 2018
I Gede Yudi Henrayana. 2016. Analisis Kasus Transfer Pricing PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Makalah Akuntansi Manajemen Politeknik Keuangan Negara STAN.
Imam Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kharis Raharjo. Ria Rosa dan Rita Andini. 2017. Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Debt Covenant, dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Transaksi Transfer Pricing. Jurnal Universitas Pandanaran Semarang.
Kornel Sitanggang. Fahreza Utama dan Dwi Jaya Kirana. 2019. Pengaruh Penghindaran Pajak Terhadap Biaya Hutang dan Kepemilikan Institusional Sebagai Pemoderasi. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Vol. 21 No. 1 Juni 2019.
Laksmita Rachmah Deanti. 2017. Pengaruh Pajak, Intangible Assets, Leverage, Profitabilitas, dan Tunneling Incentive Terhadap Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Multinasional Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mispiyanti. 2015. Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing. Journal of Accounting and Investment. Vol. 16 No. 1 Januari 2015.
Mutamimah. 2009. Tunneling atau Value Added Dalam Strategi Merger dan Akuisisi di Indonesia. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. Tahun 2 No 2 Agustus 2009.
Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-22/PJ/2013
Radhi Abdul Halim Rachmat. 2019. Pajak, Mekanisme Bonus, dan Transfer Pricing. Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Universitas Widyatama Bandung. Vol. 7 No. 1 Januari-Juni 2019.
Rahmat Muttaqin. 2020. Urgensi Penerapan Transfer Pricing Framework. Artikel DDTC Selasa, 21 April 2020. Tanggal akses 13 Juni 2020.
Ratna Felix Nuradila, Raden Arief Wibowo. 2018. Tax Minimization sebagai Pemoderasi Hubungan antara Tunneling Incentive, Bonus Mechanism, dan Debt Covenant dengan Keputusan Transfer Pricing. Journal of Islamic Finance and Accounting. Vol. 1 No. 1 Januari-Mei 2018.
Saifudin, Luky Septiani Putri. 2018. Determinasi Pajak, Mekanisme Bonus, dan Tunneling Incentive Terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Emiten BEI. AGREGAT: Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 2 No. 1 Maret 2018.
Sri Yulianti, Sistya Rachmawati. 2019. Tax Minimization Sebagai Pemoderasi pada Pengaruh Tunneling Incentive dan Debt Covenant Terhadap Ketetapan Transfer Pricing. Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia. Vol. 2 No. 2 Mei 2019.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsini Arikunto. 2012. Manajemen Penelitian. Edisi Baru. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suhartini Karjo. Dwi Noviastika F dan Yuniadi Mayowan. 2016. Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Indikasi Melakukan Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. PS Perpajakan Jurusan Admistrasi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.
Tika Nurlita. 2018. Pengaruh Debt Covenant, Tunneling Incentive, dan Intangible Assets Terhadap Keputusan Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Tria Melani. 2016. Pengaruh Tax Minimization, Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Keputusan Melakukan Transfer Pricing. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Vinola Herawaty, Anne. 2019. Pengaruh Tarif Pajak Penghasilan, Mekanisme Bonus, dan Tuneling Incentives Terhadap Pergeseran Laba Dalam Melakukan Transfer Pricing dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Universitas Trisakti. Vol. 6 No. 1 Februari 2019.
Zerni Melmusi. 2016. Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Kepemilikan Asing, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Transfer Pricing pada Perusahaan yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Index dan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang. Vol. 5 No. 2 Oktober 2016.
www.idx.co.id
Published
2020-10-05
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 874 times
PDF downloaded = 657 times