PENGARUH SERVICE QUALITY, FOOD QUALITY, PRICE DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Pada Cafe Eatbox Kitchen Wonosobo)

  • Sulis Setiawati Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sains Al-Qur’an
  • Ahmad Guspul Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sains Al-Qur’an
  • Meftahudin Meftahudin Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords:
Service Quality, Food Quality, Price, Lokasi dan Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality, food quality, price dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan cafe Eatbox Kitchen Wonosobo. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 115 responden di cafe Eatbox Kitchen Wonosobo. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda. Adapun hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh positif antara variabel service quality, food quality, price dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan. Dengan hasil dari regresi diperoleh nilai adjusted R2 sebesar 0,237, artinya variabel Kepuasan Pelanggan (Y) dijelaskan oleh variabel dependen (X) yaitu Service Quality (X1), Food Quality (X2), Price (X3) dan Lokasi (X4) sebesar 23,7 persen, sedangkan sisanya sebesar 76,3 persen dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan di dalam model. Hasil pengujian diperoleh nilai Fhitung = 9,846 > Ftabel = 2,45, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya model penelitian ini sudah memenuhi kriteria goodnes of fit dan dapat dikatakan model dalam penelitian ini sudah tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi 2. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara.
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manaemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ayodya, Wulan. (2007). Kursus singkat usaha rumah makan laris manis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Berman and Ervans. 2006. Retail Manajement. New Jersey: Prentice Hall.
Buchari Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemaaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung CV. Alfabeta.
Engel, James F, et al. 1990. Customer Behavior. Diterjemahkan oleh: F X Budiyanto. Perilaku Konsumen, Jillid II. Binarupa Aksara, Jakarta.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivarate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia, Bogor.
Husein Umar. 2005. Metode Penelitian Untuk Tesis Dan Bisnis. Jakarta: Grafindo Persada.
Indriantoro, Nur. 2002. Metode Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama, Yogyakarta : BPFE.
J. Supranto. 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikan Pangsa Pasar, Jakarta, Rineka Cipta.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Armstrong. 2008. Prinip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lovelock dan Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Alih bahasa Agus Widyantoro. Cetakan Kedua, Jakarta: PT INDEKS.
Paliliati. 2007. Pengaruh Nilai pelanggan, Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbangkan di Sulawesi Selatan, Universitas Kristen Petra.
Parasuraman et. al. 1988. Servqual a Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing. Vol 64 (1) pp 12-37
Potter, N.N. dan J.H. Hotchkiss. (1995). Food Scince. 3Th edition. CBS Publishers and Distributors. New Delhi.

Priyatno, Duwi. 2011. Buku Saku Analisis Statistik Data SPSS. Mediakom, Yogyakarta.
Sugiyono. 1999. Metode Penelitian Administrasi. Edisi Kedua. Bandung: CV Alfabeta
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 1994. Strategi Kepuasan Pelanggan. Andi Offset. Yogyakarta.
Wijaya. 2009. Analisis Rasio Keuangan dalam Merencanakan Pertumbuhan Laba : Persektif Teori Signal. Jurnal andriantopw@gmail.com
Zeithml, Valarie and A. Parauraman. 2004. Service Quality, MSI Relevant Knowledge Series, Cambridge, Massachusetts: Marketing Scince Institute.
Published
2020-04-02
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 373 times
PDF downloaded = 346 times