ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN TOKO, EMOSI POSITIF DAN MOTIF HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN TIDAK DIRENCANAKAN PADA BANGKIT MART SAPURAN WONOSOBO

  • Ahmad Rifai Fakultas Ekonomi, Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Motif hedonis, lingkungan toko, pembelian tidak direncanakan, emosi positif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan toko terhadap pembelian tidak direncanakan, pengaruh emosi positif terhadap pembelian tidak direncanakan, pengaruh motif hedonis berpengaruh terhadap pembelian tidak direncanakan. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan Bangkit mart sapuran Wonosobo.  Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan sampel yang digunakan sebanyak 96 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan Lingkungan toko berpengaruh positif terhadap pembelian tidak direncanakan (H1 diterima)., Emosi positif berpengaruh positif terhadap pembelian tidak direncanakan (H2 diterima). Motif hedonis berpengaruh positif terhadap pembelian tidak direncanakan (H3 diterima).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Belch, George E, Michael A. Belch. 2004. Advertising and promotion: an integrated marketing communication perspective, New York: Mc Graw Hill.
Dajan, A, 1996. “Pengantar Metode Statistik “, jilid 2, LP3ES, Jakarta.
Duncan, T, 2005. Principles of advertising and IMC 2nd edition, New York:mc graw hill.
Engel, James F, Roger D. Blackwell dan Paul W. Miniard, 1995. Consumer behavior 8th edition, Orlando: the Dryden press.
Fitri 2014 “Terlena Nikmatnya Belanja Impulsif “ dari http://www.groups.google.com
Ghozali, I, 2005. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS“, BP UNDIP, Semarang.
Hamid, A, 2005. “Panduan Penulisan Skripsi”, Jakarta : FEIS UIN Press.
Husein, U, 2000. “Riset Strategi Pemasaran”, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Juwita, C, 2008. Pengaruh sikap konsumen ritel pada motif hedonis penjualan terhadap perilaku pembelian impulsif. Skripsi mahasiswa Universitas Indonesia Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik.
Kotler, P, 2003. Marketing management 11th edition, New Jersey: pearson education.
Nugroho J. Setiadi, SE., MM. , 2003 “Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi Strategi dan Penelitian Pemasaran” Penerbit PT. Kencana Bandung.
Priyatno, D. “Mandiri Belajar SPSS” Penerbit MediaKom Yogyakarta, 2008
Rani 2008 “Analisis Faktor – Faktor Stimuli Pemasaran Dan Lingkungan Sosial Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Sony Ericsson”. Skripsi mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif HIdyatullah Jakarta 2008.
Rizki B, 2008 “Perbedaan Belanja Impulsif Antara Remaja Perempuan dan Laki-laki pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif HIdyatullah Jakarta 2008.
Schiffiman, Leon G. dan Leslie Lazar Kanuk, 2007. Cunsumer behavior 9edition, New jersey: prentice hall.
Semuel, H, 2005. Respon lingkungan berbelanja sebagai stimulus pembelian tidak terencana pada toko serba ada (Toserba) (Studi kasus Carrefour Surabaya). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra Surabaya.
Semuel, H, 2006. Dampak respon emosi terhadap kecenderungan perilaku pembelian impulsif konsumen online dengan sumber daya yang dikeluarkan dan orientasi belanja sebagai variabel mediasi. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra Surabaya.
Semuel, H, 2007. Pengaruh stimulus media iklan, uang saku, usia, dan gender terhadap kecenderungan perilaku pembelian impulsif (studi kasusproduk pariwisata). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra Surabaya.
Sugiyono (1999). Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta, Bandung.
Tatik, S, 2008 “perilaku Konsumen” Penerbit Graha Ilmu. Jakarta,.
Tendai, Mariri dan Chipunza Crispen, 2009. In-store shopping environment and impulsif buying. African journal of marketing management vol.1 (4) pp.102-108.
Tjiptono, F, 1995. “Strategi Pemasaran” Penerbit ANDI OFFSET Yogyakarta,
Published
2020-04-02
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 182 times
PDF downloaded = 136 times