Analisis Keterkaitan Teori Crowe’s Fraud Pentagon Terhadap Tindakan Kecurangan Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019

  • Wildan Yudhanto Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia
  • Mumpuni Wahyudiarti Sitoresmi Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia
Keywords:
Crowe’s Fraud Pentagon, Financial Statement Fraud, Bursa Efek Indonesia

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Financial Stability, External Pressure, Financial Targets, Ineffective Monitoring, Nature of Industry, Change in Auditor, Change in Director, Politisi CEO dan Frequent Number of CEO’s Picture terhadap Financial Statement Fraud pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017- 2019. Variabel dependen adalah Financial Statement Fraud, variabel independen yaitu Financial Stability, External Pressure, Financial Targets, Ineffective Monitoring, Nature of Industry, Change in Auditor, Change in Director, Politisi CEO dan Frequent Number of CEO’s Picture.

Metode – Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini diperoleh sebanyak 270 data perusahaan manufaktur. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan uji asumsi klasik, uji T, uji F dan koefisien determinasi.

Hasil - Hasil penelitian menunjukkan bahwa Financial Stability, Ineffective Monitoring, dan Politisi CEO memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Financial Statement Fraud. Hasil lainnya menunjukkan External Pressure, Financial Targets, Nature of Industry, Change in Auditor, Change in Director dan Frequent number of CEO’s picture tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Financial Statement Fraud.

Implikasi - Penelitian ini menggunakan data seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2019.

Orisinalitas - Makalah ini melihat keterkaitan teori crowe’s fraud pentagon dengan beberapa faktor yang mempengaruhi Tindakan kecurangan pelaporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar pada bursa efek Indonesia..

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-27
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 146 times
PDF downloaded = 129 times