Faktor Determinan Audit Delay Perusahaan Dagang, Jasa, dan Investasi di Bursa Efek Indonesia

  • Fani Fitrianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia
  • M Elfan Kaukab Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia
  • Wildan Yudhanto Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia
Keywords:
opini audit, auditor switching, ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas, audit delay

Abstract

Tujuan- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh opini audit, auditor switching,ukuran perusahaan, profitabilitas, dan solvabilitas terhadap audit delay.

Metode- Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesiapada tahun 2017-2019. Total sampel penelitian ini adalah 44 perusahaan dengan periodepengamatan 3 tahun sehingga 132 objek pengamatan telah dipilih. Metode pengumpulan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan analisis linier berganda. Dengan alat bantu SPSS versi 23.

Hasil- Hasil menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif terhadap audit delay. Sementara itu, opini audit, auditor switching, ukuran perusahaan, dan solvabilitas tidak berpengaruh terhadapaudit delay.

Keterbatasan- Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini yang mempengaruhi variabel audit delay sangat kecil 8,9% masih ada 91,1% variabel lain yang mempengaruhi audit delay yang perlu diteliti.

Implikasi- Bagi Manajemen Perusahaan, hasil penelitian ini mampu memberikan pedoman dalam membuat kebijakan dan keputusan bisnis. Bagi Auditor, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan oleh auditor dalam melaksanakan auditnya agar dapat menyelesaikan laporan auditnya tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan oleh BAPEPAM. Bagi Calon Investor, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan investor dalam mengambil keputusan di perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-27
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 182 times
PDF downloaded = 111 times