ANALISIS PENGARUH SUDUT MASUK HALUAN TERHADAP HAMBATAN KAPAL MENGGUNAKAN SOFTWARE MAXSURF

Authors

  • Veryawan Nanda Perkasa Politeknik Negeri Batam
  • Ita Wijayanti Politeknik Negeri Batam
  • Hanifah Widiastuti Politeknik Negeri Batam
  • Meschac Timothee Silalahi Politeknik Negeri Batam

DOI:

https://doi.org/10.32699/6f2scr33

Keywords:

hambatan kapal, sudut masuk haluan, optimasi lambung, hidrodinamika kapal, maxsurf

Abstract

Optimasi geometri lambung kapal merupakan strategi krusial untuk meningkatkan efisiensi hidrodinamis dan mengurangi konsumsi bahan bakar dalam industri maritim modern. Penelitian ini menginvestigasi pengaruh variasi sudut masuk haluan (entrance angle) terhadap karakteristik hambatan kapal displacement melalui simulasi numerik sistematis menggunakan Maxsurf Resistance dengan metode slenderbody. Empat model kapal dengan sudut masuk 15°, 20°, 25°, dan 30° dianalisis secara komprehensif pada rentang kecepatan operasional 15-25 knot (bilangan Froude 0,45-0,75), mencakup 44 kondisi simulasi. Model kapal memiliki panjang keseluruhan 30 meter, lebar 8 meter, sarat 2,5 meter, displacement 319 ton, dan koefisien blok 0,52, merepresentasikan kapal patroli dan kapal penyeberangan cepat yang beroperasi di perairan Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sudut masuk haluan memiliki pengaruh sangat signifikan terhadap total hambatan, dengan magnitude pengaruh yang meningkat pada kecepatan tinggi. Model dengan sudut masuk 15° menghasilkan hambatan terendah secara konsisten di seluruh rentang kecepatan yang diuji. Pada kecepatan 20 knot, model 15° menghasilkan hambatan 193,7 kN dibandingkan 285,0 kN untuk model 30°, menunjukkan perbedaan substansial sebesar 47,1% atau 91,3 kN. Analisis mekanisme fisika mengungkapkan bahwa sudut masuk yang lebih tajam menghasilkan karakteristik pembentukan gelombang yang lebih efisien dengan amplitudo bow wave lebih rendah, sistem gelombang yang lebih terorganisir, dan interferensi gelombang yang menguntungkan. Sensitivitas hambatan terhadap sudut masuk meningkat pada kecepatan tinggi (Fn > 0,60) dimana hambatan gelombang menjadi komponen dominan. Untuk kapal cepat dengan kecepatan operasional 20-25 knot, sudut masuk 15-20° direkomendasikan untuk minimisasi hambatan dan optimisasi efisiensi bahan bakar, dengan potensi penghematan operasional jutaan dollar selama lifecycle kapal

References

Budiman, Y., Romansyah, F., Rochim, M.N., Akmal, M.S., Solikin, M. and Yudianto, A., 2022, November. Perancangan bodi kapal patroli lepas pantai: analisis numerik hidrodinamika bodi deep v-hull, bulbous hull, dan catamaran melalui simulasi software maxsurf. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Teknik Dan Aplikasi Industri Fakultas Teknik Universitas Lampung (Vol. 5, pp. 122-127).

Budiyanto, M.A. and Nugraha, A.B., Desain dan Analisis Lambung Hard Chine dengan Inverted Bow untuk Kapal Patroli Berkecepatan Tinggi. In Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XXII 2024 (pp. 405-408). Khairun University.

International Maritime Organization (2023) Fourth IMO GHG Study 2020/2021. London: IMO Publishing.

Kementerian Perhubungan RI (2023) Statistik Perhubungan Laut 2023. Jakarta: Kemenhub RI.

Patiroi, P.D.N., 2024. STUDI TAHANAN KAPAL BERLAMBUNG PLANNING HULL DEADRISE ANGLE 10 DERAJAT DAN STEPPED HULL 2V MENGGUNAKAN APLIKASI ANSYS FLUENT= Study of Ship Resistance with 10-Degree Planning Hull Deadrise Angle and 2V Stepped Hull Using Ansys fluent Application (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Ramdhani, Y.I., 2022. ANALISIS POLA ALIRAN DISEPANJANG LAMBUNG KAPAL CEPAT AKIBAT VARIASI DEADRISE ANGLE, PERUBAHAN TRIM DAN BENTUK LAMBUNG BERTANGGA= THE ANALYSIS OF FLOW PATTERNS AROUND A HIGH-SPEED SHIP HULL DUE TO DEADRISE ANGLE VARIATIONS, CHANGES IN TRIM AND SHAPE OF THE BUTTON (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Akbar, M., 2024. Studi Tahanan Kapal Katamaran Dengan Variasi Jarak Lambung Inverted Bow Menggunakan Maxsurf= Study of Catamaran Ship Resistance with Variations in Hull Distance Inverted Bow Using Maxsurf (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

ANALISIS PENGARUH SUDUT MASUK HALUAN TERHADAP HAMBATAN KAPAL MENGGUNAKAN SOFTWARE MAXSURF. (2025). Device, 15(2), 241-249. https://doi.org/10.32699/6f2scr33