AKSESIBILITAS TRANSPORTASI MASYARAKAT PINGGIRAN KOTA YOGYAKARTA

  • sri wahyuni Universitas Sains Al-Quran
Keywords:
Aksesibilitas, Pemilihan Moda Pribadi, Regresi Linier Berganda

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi berdampak pada kebutuhan akan sarana dan prasarana penunjang dalam transportasi yang semakin meningkat, pertumbuhan penduduk yang berlangsung secara terus menerus mengakibatkan kepadatan penduduk pada suatu daerah. Faktor lain yang mempengaruhi adalah kepemilikan kendaraan pribadi yang cenderung dapat mempermudah aksesibilitas ke daerah tengah kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aksesibilitas transportasi masyarakat pinggiran kota Yogyakarta dan bagaimana pengaruh aksesibilitas terhadap penggunaan moda pribadi. Aksesibilitas adalah konsep yang menggabungkan sistem pengaturan tata guna lahan secara geografis dengan sistem jaringan transportasi yang menghubungkannya, aksesibilitas juga dapat disebut sebagai ukuran kemudahan atau kenyamanan menuju daerah lokasi dengan jaringan transportasi. Suatu tempat dikatakan aksesibel jika sangat dekat dengan tempat lannya dan tidak aksesibel jika berjauhan. Penelitian ini dilakukan dengan teknik penyebaran kuisioner kepada masyarakat perumahan untuk mengetahui karakteristik responden yang berkaitan dengan aksesibilitas transportasi. Metode analisa yang digunakan adalah analisa regresi linier berganda, dengan menggunakan enam variabel independen, kepemilikan kendaraan roda dua (X1),kepemilikan kendaraan roda empat (X2), jarak tempuh perjalanan (X3), waktu tempuh perjalanan (X4), ketersediaan angkutan umumu (X5), dan biaya perjalanan (X6) dan dua variabel dependen maksud perjalanan (Y1), dan jenis moda pribadi yang digunakan (Y2) yang masing-masing digunakan untuk membahas butir permasalahan, hasil pembahasan menunjukan bahwa pada permasalahan pertama menunjukan nilai R square 0,055 dimana dapat disimpulkan variabel X1,X2, X3, X4, X5, X6, terhadap Y1 bekerja secara bersama-sama, Pada hasil kedua menunjukan nilai R square 0,022 yang artinya pada permasalahan kedua variabel X3,X5, X6, juga bekerja bersama-sama terhadap variabel Y2. Semakin tinggi penggunaan moda pribadi maka tingkat aksesibilitasnya akan semakin tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, S. (2017). Pertimbangan Isu Transportasi Dalam Perencanaan Ruang Kota Makassar. Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar.
Oktavian Rendy. (2020). Analisis Nilai Investasi Proyek Perumahan. Device, 10(1), 38-44
Nursamsi. 2020. Model Distribusi Perjalanan Masyarakat Pinggiran Kota Yogyakarta. Device, 10(1), 28-32.
Published
2020-11-30
How to Cite
wahyuni sri. (2020, November 30). AKSESIBILITAS TRANSPORTASI MASYARAKAT PINGGIRAN KOTA YOGYAKARTA. Device, 10(2), 32-36. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/device.v10i2.1558

STATISTICS

Abstract viewed = 402 times
PDF downloaded = 331 times